istri pelaut

beberapa minggu yang lalu, sepupu saya curhat. nelongsooo…. sekali saya dengernya. jarang2 lho, saya terlibat secara emosi sebegitu dalam sama penderitaan orang lain. apalagi kalau saya pikir penderitaan yang mereka alamin itu adalah karena kesalahan atau kebodohannya sendiri. jahat ya? hehehe…., paling tidak saya jujur ;-)

sebulan lebih, sepupu saya itu kehilangan kontak sama suaminya yang sedang dines di negri tetangganya sinbad the great sailor itu. gara2nya, mereka berantem di telpon. biasa lah, perempuan emang kadang2 suka pedes mulutnya. terus, sang suami mungkin tersinggung dan ngambek.

bukan bagian ngambeknya yang bikin dengkul saya ndredeg dan perut seperti ada kupu2nya. tapi bagian di mana sang istri ga bisa menghubungi suaminya selama berminggu2. sms ga dibales. telpon ke hpnya kadang ga aktif kadang ga diangkat. mau nyusul ke sana juga ga bisa. seingat saya udah puluhan tahun mereka menikah. dan hampir sepanjang masa perkawinan mereka, sang suami memang mengikuti jejaknya sinbad the sailor tadi. jadi, ga ketemu selama berbulan bulan bahkan mungkin beberapa tahun bukan makanan baru buat mereka. tapi kalau sampe sebulan lebih ga saling in touch? bukan cuman ga in touch, tapi ga tau sama sekali suaminya ada dimana, sehat apa enggak, lagi ngapain, sama siapa… pasti cuman perempuan tangguh yang bisa!

saya? untuk urusan yang satu ini saya ngaku keok! mental saya ga lebih kuat dari tempe bacem:(

update:
tadi siang saya telpon sepupu saya. katanya dua hari yang lalu suaminya udah nelpon. aaahhhh…., senangnyaaa…. plong banget rasanya. seperti berhasil b-a-b setelah beberapa hari sembelit :D semoga semua belajar sesuatu. dan yang seperti itu tidak berulang lagi…. ;-)

About these ads

167 thoughts on “istri pelaut

  1. Jadi inget masa lalu, jaman masih muda (udah mulai berasa tua soalnya skrg LOL). Agak curhat dikit nih jadinya… Waktu kuliah pernah pacaran ama Navy & bisa ngerasain banget gimana rasanya deg2an kalo gak denger kabar dr dia berminggu-minggu. Thank God gak keterusan, bisa2 deg2an terus sampe skrg nih :)

      • nisa says:

        sekarang aku pacaran sama taruna pelayaran yang tahun ini mau berangkat prola (magang di laut) huaaaaaaaa gatau apa nnti bisa kuat atau nggak,yang jelas pasti bakalan ngiri bgt sama perempuan yang punya pacr didarat :(
        tapi aku selalu yakin kalo cinta pasti kuat :)

  2. miz-bounty says:

    wah ikutan seneng les , bayanginnya ajah dah sakit tenggorokannku nahan nangis ..

    aku juga tempe bacem , gak punya mental soal satu ini , suami telat 1 jam saja dah kuatir dan pikiranku dah yg nggak2 ..

  3. duh, sukur deh… kebayang betapa sedih dan paniknya si istri yang ga tau kabar berita dari sang suami tercintanya. semoga mereka bisa belajar dari peristiwa ini.

  4. Wida says:

    Ak 2thn pcran ma pelaut,skrg dah menikah slma 2,5thn ma org yg sama. Kdg sih nelongso,tp klo inget tu tuntutan profesi ya cma bsa sabar aj. Lagian suamiku dinesny cm di kalimantan koq,max 2bln dah ktmu lg,tp komunikasi kyk dia da d dkt ak aj,kpn pengen ngomong ya telp.

    • anizah says:

      to mbak wida : saya baru menikah juga dg seorang pelaut asal kaltim. sebenarnya dinesnya cm d kalimantan aja tapi kenapa ya sudah seminggu lebih tidak bisa dihubungi. hp bb semua gak ada yang aktif. saya sangat sedih mbak posisi saya ada d surabaya. apa memang iyakalau melaut pasti tidak dapat signal tapi kenapa antar kalimantan saja kok begitu lama kehilangan signalnya. please help me sedih banget.

  5. aku, wanita 25 th. dan menikah dg seorang pelaut…..
    awalnya g kebayang bakal pny jodoh pelaut, tapi kupikir inilah takdir kehidupan,
    di usiaku yg ckup u/k menikah cowok yg deket dg ku adl pelaut. jadi mau gmn lg. jalani hidup ini seperti air mengalir, butuh kesabaran tuk bermuara.
    sebelumnya aku sudah berfikir panjang akan resiko profesinya…
    walau bnyk yg mngingatkanq, tp aku g pduli krn hny dia yg terbaik dan yg kucintai.
    biasanya suami istri itu ada bosennya, tp aku yakin pny suami pelaut g ada bosennya
    yg ada malah kangen2nan trus, bahkan berasa pengantin baru trus…..

  6. Retno says:

    …Duh mba aq punya pacar selalu pelaut ya mungkin krn kuliah qu dpelayaran dn ktmu org2 laut terus tp qt b2 dh krja…Kdang2 suka iri kl mlm mggu ga kya ank ttngga sblah yg diapelin..Aq sich boro2…Paling ditlp/sms it jg kalo dia ada signal he5.Tp insyaallah aq dh siap lhr batin..Yg pnting niat lurus mNcri ridho tuhan.Hidup istri pelaut.!!

  7. wida: untung kita idup di jaman yang udah modern kayak sekarang ya… kmunikasi jadi gampang. biar jauh, bisa selalu berasa deket :D
    sukses yaaa… semoga langgeng dan bahagia terus. amiiinnn…

    nofa: bener juga yaaa… karna jarang ketemu, jadi bawaannya kangen terus :D
    semua profesi dan pilihan hidup emang ada konsekwensinya. selama kita bisa bersyukur, semua pasti jadi indah dan menyenangkan. sukses yaaa…. :D

    retno: kalau soal jarang diapelin malem minggu mah, bukan cuman pacar pelaut aja kok. hehehehe… aku juga dulu jarang diapelin, walaupun pacarku bukan pelaut :D yang pasti, tuhan itu kalau ngejodohin org ga pernah salah. pasti pas.. pas.. dan pas… :D
    good luck yaaa…!!!

  8. retno says:

    ooh githu yaaa..

    yaa mudah2an kalo aq mnikah nanti bisa awet seperti mba2 diatas..amien
    iya mba aq kangeeNNNx setengah mati tapi mau gmn lg paling cm bs ngebayangin n liat fotonya,baca2 smsx yg dah basi ha55.

    jgn pikirin apa kata org tntang pelaut yg lebih mengerti dia kan Qt2 ini org terdekatnya..

    Bulan 4 katanya mau turun asik2….ha ha ha

    awalnya pacaran agak canggung c bis dia senior qu dkampus ha55 kami jaraknya 8 th mba doi 28 aq 20 th yaa aq baru lulus kmren..

    tapi kalo doi turun n ngajak kawin Tancap aza aahhh..

    oh yaa kalo istri pelaut ada ikatanya ga/Gruopx ?
    tau ga mba?

    Thanks & Regards
    Retno alumnus AMI Jakarta 2008

  9. Sari says:

    mba2 istri pelaut,aku mau tanya istilah ‘anchor diluar’ itu artinya apa ya,aku ga ngerti,maklum wanita. Bestfriend-ku yg pelaut sms aku begini:aku lg mabok laut,ombak sedang tidak bersahabat,lagi anchor diluar.tanya lg mba:kalo dia telpon,jarang aku angkat,maksudku kasian mahal pulsa (dia pelaut wni di luar negri),jd aku sms balik aja,kecuali kalo kangen-nya parah.tp dia selalu jawab smsnya begini:’aku pingin denger suaramu.’ mba2 istri pelaut,memangnya pelaut kt di luar negri bener2 kesepian ya? Trims.

    • dedy says:

      jadi anchor diluar itu kapalnya belum masuk untuk merapat atau sandar di pelabuhan maka kpl tsb berlabuh di luar pelabuhan.

  10. retno says:

    mba sari saya akan coba jawab prtanyaan mba yaa

    kebetulan saya hanya seorang pacar pelaut blum jd istrix & kebtulan jg background Education saya dari akademi maritim yaa sedikit banyak taulah istilah2 pelayaran walaupun dikampus dulu ga pinter2 bgt Sechhh

    anchor = berlabuh(menurunkan Jangkar kapal ke laut)
    awamnya = berhenti dulu tuh kapal biar ga kmana2 dibawa ombak.

    anchor diluar’ dimaksud adalahlah BERLABUHNYA KAPAL SEBELUM MEMASUKI DEARAH DLKP(DAERAH LING KERJA PELABUHAN )

    Jadi awamnya gini lhoo mba :kapal kalo mau masuk ke pelabuhan untuk melakukan kegiatan BongkaR muat, kapal doi harus ngantri dulu dengan kapal2 yg ada didalam DLKP yg sedang melakukan B/M yaa bergantian githu menunggu perintah Ready in dari Istansi terkait seperti ADPEL (administrator Pelabuhan) N pada saat anchor diluar’ kapal diperiksa oleh instansi2 terkait mengenai dokumen kapal apakah masih aktiv or harus diperpanjang(yaaa ky Surat2 Motor) tapi kapal lebih Banyak lagi Mba…nah pada saat anchor itu Crew2x disibukin ma org Darat ditanya itulah inilah..(pusing Dech)

    Jelas ga mba wah kalo lebih detail lg berapa SKS yaaa ha555
    Yowizzzzz….Semono wae Engko Mabok yen diceritai akeh2
    Salam kenal yaa…

    Oh ya kalo masalah kangeen Ya sudah pasti ga usah ditanya lagi wong Kita az yang banyak hiburan didarat(shopping,nonton,karoke,Etc ditambah kesibukan kerja yg ga ada habisnya) masih keingetan n kangen Doi,
    apalagi doi yg nangkring ma org yg itu2 az..DIPASTIKAN MEREKA KANGEN KITA HA555…

    yA Sabar az…Gud luck..yaaa

    • whuland says:

      hy…

      punya teman, kenalan, ato keluarga. yang sekarang bekerja di perusahaan armada maritim nusantara batam nama kapalnya Terus daya 23..
      kalo punya teman ato keluarga, saya sangat berharap bisa minta nomor hapenya, tolong dikirim ke emailku saja..
      aku mohon dengan sangatt

      trima kasih sebelumnya
      salam kenal
      whuland

  11. sari says:

    Mba Retno,salam kenal jg,makasih banyak infonya.saya yg awam jd ngerti,kebayang suasana kerja mereka,ya.kerja berat di laut dg resikonya yg besar,didarat direpotin birokrasi,jauh pula dr kel&tmn dekat,hanya do’a kita yg bs menemani mereka ya.salam kenal jg utk mba2 yg ada di forum ini,trims ya semuanya,obrolan2nya sdh menambah wawasan saya.

  12. agnez says:

    hmm..jadi merasa ga sendiri lagi.. banyak temen ya ternyata? sdh 3th aku menikah dgn seorang pelaut stlh melalui 3th pacaran. frankly, sblmnya ga pernah da pikiran untuk punya suami seaman, tapi God has brought him to me.. well, kupikir inilah panggilan hidup.. So far, seru2 aja pernikahan kami..kalo jauh kangen trs, kalo deket mesra lagi..,saat dah mulai bosan, dia musti udah on duty lagi berangkat berlayar..jadi kangen lagi deh..,hehe.. asik kan? Apalagi stlh baby kami lair..more colorful.. Nice to be “a few goodwomen”..(weks..!)

  13. azza says:

    aduhhhhh dengar yang curhat2 kaya gini bikin sedih,,,,,,,,saya baru menikah bln maret kmrn ama pelaut, I love him so much…sebilan 6 hari nikah lansung di tinggal dinas ke north america….sedih banget cuma bisa dengar suaranya seminggu sekali, smsan 3hari sekali…sedih banget…tapi subhanallah dengan jarak yang jauhhhh banget saya semakin mencintainya lebih dari sebelummnya

  14. uli says:

    aku istri pelaut jg. kenapa ya aku sering banget ngerasa sedih yg amat sangat. ditinggal suami cukup lama. apalagi melihat 2 anakku,aku takut mereka jadi kehilangan figur seorang ayah. salah kah aku dengan perasaan ini?

  15. aq syg dia says:

    saya masih baru banget pacaran sama pelaut(hampir 6bulan lah). saya jadian sama dia karna disaat hati saya terluka.. dia datang dengan segenap cinta’a,, yg sekarang telah mengobati luka saya.

    saya serba salah,,deket salah..jauh salah..menikah jg gag mungkin..karna blm siap mental boo..

    kami sudah tinggal 1 rumah atas ijin orangtua saya,, tapi saya menyembunyikan keadaan ini sama teman2 kuliah saya bahkan sama sahabat saya.. (karna saya gag mungkin jujur,malu bgt x).. dy gag pernah deket ma keluarganya itu sebabnya dia lebih senang tinggal drumah saya,, gmn yah saya takud terjadi hal yg tidak diinginkan,,(amith2 jgn sempe kejadian.. saya takud kehilangan kevirginan).
    sekarang cwo saya lg berlayar kliling dunia(baru 2bulan berpisah,,sisa 5 bln lg)..
    sekarang siyh masih jauh n jarang dapet signal pula…dan saya masih bisa setia. kalo ditanya kangen… uhhh kangen bgt pengen dia cepet2 pulang,, tapi gmn pasti dia akan tinggal dirumah saya selama beberapa bulan,sampai nanti berlayar lagi.
    apa yah solusi yg tepat kalo dia udah pulang berlayar..??

  16. agnez says:

    just a little share for “aq syg dia”..
    however,memangg ga mudah jd istri pelaut. Emmm..apa ya?bs dibilang kayak obat, “cocokan” mungkin.. Ada yg fun n enjoy melakoninya..ada pula yg setengah mati menjalaninnya.
    As I said b4, ak dulu pacaran 3th sblm akhirnya kami menikah. To be honest, ga mudah u/ myakinkan diri saat itu u/ ttp menjadi teman hidupnya, apalagi menikah dengannya. Saat itu dia mo sailing selama 10bln n dia ingin bertunangan dulu u/ mengikat hubungan kami. well, I said no.. not bcoz I don’t love him.. But I want to give a test for myself..bisakah aku menjalani hub jarak jauh..apakah dia the right one for me..n bisakah aku setia padanya tanpa ikatan? Coz ak ga mau ak bisa setia n menunggunya just becoz simbol ikatan cincin.. Soalnya kehidupan masa depan menjadi istri seorang pelaut akan seprti itu terus..banyak ditinggal..alone..kangen..n banyak godaan. N ga terasa 10bln berlalu..n I still being faithfull..belong to him..till now n forever..

  17. memantapkan hati itu emg penting tuk mlangkah lebih jauh. tapi coba disatu sisi yakinkan dalam hati bahwa semua itu sudah ada yang ngatur termasuk pertemuan kita dg pasangan kita (Tuhan ), yang penting cowok itu serius n gak main2 ama qt so what!! untuk selanjutnya pasrah aja ama Allah,
    ni aku sudah menikah wkt valentine kemarin 14 – februari – 2009. sekarang hamil 6 bulan, wkt hamil 3 bulan aku ditinggal suamiku berlayar di jepang n baru pulang saat usia kandunganku 9 bulan. sebenarnya nelangsa banget saat hamil justru butuh perhatian ekstra dari suami tapi kenyataannya malah ditinggal. tapi gmn lagi, klo gak ditinggal ntar istri makan apa? mau makan cinta?/ itu mustahil. justru demi cinta kita harus rela berkorban termasuk ngorbanin kebersamaan demi masa depan keluarga.. good luck, n jangan menyerah ama takdir Tuhan…(bersuamikan pelaut) pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian.

  18. tyas says:

    Hai semua..
    salam kenal buat semua. q merit sm popeye sdh 10thn ini.perkenalan kami dimulai dari sama2 sekolah di Akpar.setelah lulus, dia dpt kerja di kapal pesiar.mulanya q ndak setuju tp gmna lg, km berdua butuh banyak dana utk menikah (maklum, ortu ndak mampu..he..he..). q ijinkan dia pergi. 12 bln tdk bertemu. waktu itu (th.1999) telp rumah ndak punya, blm ada hp, so alat komunikasi satu-satunya hanya surat, yg nongol dirumah 2 bln sekali (krn kapalnya muter eropa, so kantornya jg pindah2.kinda confusing buat pak posnya).
    btw, 12bln q lewati dg “tdk mudah”, but I passed.dia plg, kami menikah. 3 bln di rumah, q hamil, dia pergi lagi.tahun kedua, di kapal yg sama (Flamenco), rute yg sama.
    hamil pertama, dg segala keluhan & keanehan fisik yg blm pernah kualami, kujalani sendiri, bahkan saat melahirkan..hanya ortu yg ada di samping q..holding my hand, hear my screaming..dia bahkan tdk tau kalo pd hari itu anaknya lahir :)
    2bln kemudian, mas plg. see his baby…weird look on his eye..happy, confuse, sad..kasihan..q yakin dia pun merasakan hal yg sama yg kurasakan..
    tahun ini sdh 10thn usia pernikahan kami. mas sdh melanglang ke eropa, jepang, selandia baru bahkan amerika.q hanya bisa menikmati indahnya negeri2 itu dari foto2 yg dia kirim…
    hal paling berat utk menjadi istri pelaut adalah kecemburuan (that’s what i think). di awal, q msh “tdk terima” kalo dia bercerita ttg teman-2 sesama crew, ada yg cewek juga, dari negara2 eksotik (like spanyol, perancis).kok ya waktu q tanya “what r u doing with them in a spare time?” lha menjawab dg jujur kacang ijo ….sakit? pasti!! bahkan waktu itu q berniat menggugurkan kandungan q.
    butuh waktu sekitar 1 thn utk “membunuh” rasa cemburu ini. I said to myself “he’s being far away from you not to having fun, but to earn some money. for you, for your babies. he didnt enjoy it either, but he has no choice”. q katakan itu pd diriku, over & over again..capek banget rasanya!
    di satu sisi, di usiaku (waktu itu 23thn), dg “kebutuhan batin” yg demikian besar, dg teman2 pria yg keep on coming & teasing..
    Oh my God…rasanya kok ya ndak kuat !
    but my fellow friends, itulah bedanya kita dg istri2 “normal” lainnya. kita bisa menjadi apapun…kita bisa take care of the house dg segala permasalahnnya, sendirian….melahirkan, sendirian…urusan mertua, sendirian…anak2 sakit, sendirian..
    but believe me, at the end, we are the winner. everybody will look up to you. see you as a role model…
    q bersyukur bisa menemukan forum ini. kdng2 kekuatan hati ini juga ada batasnya, tp q percaya saat kita lemah tapi berada di tengah2 teman yg senasib, ombak sebesar apapun kan teratasi…
    I love you all

    • Lia Ikmaliah says:

      I love u too.. Saya baru 2 th menjadi istri pelaut, membaca crita mba’ aq salut dan angkat jempol atas kesabaran menanti suami dg setia meski suami membuat perasaan perih dalam penantian. S E M A N G A T…Tuhan bersama umat-Nya.

      • astri azzaky says:

        i love u too…saya sudah 3th menjadi istri pelaut…sabar dan iklas itu yang jadi pegangan kita…aku kagum sama cerita mbak…karna aku juga mengalami hal yang sama…memang berat menjadi istri pelaut…kangen, sedih dan perasaan2 lain yang kadang bikin perih hati..tapi adanya begini…nikmatin aja…semua pasti ada hikmahnya…

    • Anya says:

      ngebaca pengalaman mba rasanya aku jdi takut dan salut dg mba,,,pacarku juga seorang pelaut, tpi skrng lg skloah dulu…jarak kita jauh,,seharusnya,diwaktu dia lagi sekolah ini lah kita bisa sering ketemu sebelum dia berlayar lagi,,tapi y itu tadi,,lagi2 jarak…
      kita udah ngerencanain buat nikah, tpi q mesti nguin dia dulu slsai sklh trus berlayar buat cari modal merit,,hehehe,,,(maklum,,g mo nyusahin oarang tua)..
      dari dulu q g pernah kepikiran dan g ingin punya suami seorang plaut,,rasanya g siap dan g bakal punya mental yang kuat untuk ditinggal2 dalam waktu yg g sbntr..ngebayanginnya aja males banget..tapi,,ternyata q punya pcr seorang plaut n kami punya rencana buat merit…dan q sayang banget ma dia…
      Q sendiri g tau yakin bisa kuat p ngga,,ngebayangin kedepannya,,mesti jauhan dari suami, ngelakuin hal2 sndri, sakit sendiri, ntar klo hamil jg sendiri,,,jagain anak sendiri,,trus blom lgi klo kangennya,,,rasanya luar biasa banget…mgkn skrng q bisa hub dia kapan aja klo lg kangen,, coz diakan lg sklh,,,tpi klo dia dah berlayar?????mungkin g tiap ari q bisa hub dia, ato pun dia hub q…
      am fell sad now… :(

    • Anita Dicka says:

      Makasih ya Tyas… kalimatmu…“he’s being far away from you not to having fun, but to earn some money. for you, for your babies. he didnt enjoy it either, but he has no choice”… membuatku menitikkan airmata[betapa besar perjuangannya]… oh My Dear God Take Care of Him For Us….

  19. Inda says:

    Hmm…asam manisnya menjadi istri seorang pelaut…apapun itu,itulah pilihan kita.sya jg istri pelaut…blm genap 1 thn menikah n skg sdang hmil muda,ga enak bgt dtinggal dlm keadaan gini…tp itulah pilihan

  20. inda says:

    begitulah asam manisnya menjadi menjadi istri seorang pelaut….my hubby ku juga pelaut, aku bar menikah belum genap 1 thn n sekarang lagi hamil muda..hhh..apapun keadaanya inilah pilihan kita

  21. Denita Chairunnisa says:

    Sudah 7 tahun saya merit ma pelaut..pacaran selama kurang lebih 10 tahu dari awal SMA..skrg dh punya 2 orng anak laki2..harusnya sih dah 4 * yg 2 keguguran*..banyak suka duka yg sudah kami lalui b’rsama..sukanya ya disaat dan masa2 dia ada di rumah dan dukanya saat detik2 keberangkatan untuk berlayar lagi..menjadi istri pelaut pelajaran yg bgt kuat adalah bagaimana kt bisa mengendalikan diri..dari segala sisi cobaan dan godaan..begitu jg dengan pelautnya sendiri..Alhamdulillah sampai skrg rumah tangga kami baik2 saja krn dengan modal kepercayaan dan kasih sayang yg kuat kami berjuang demi masa depan anak2 kami kelak..

  22. oning says:

    tenang aja ibu2…. saya juga pelaut…. kita juga dilaut selalu berffikir hal yang sama dengan ibu2. selalu mikirin keluargga nan jauh disana. kapn kita bisa pulang, ketemu, berbincang dll dgn keluarga. toh juga ini bkn main2 m,elainkan tanggung jawab kami sbg seorang suami, anak, bapak dll…. semata2 untuk memenuhi kewajiban terhadap keluarhga sekalian. kami hanya bisa mohon do”a restu dari kalian semua keluaraga besar para pelaut.

  23. aku juga istri pelaut sudah 8 tahun kami menjalani rumah tangga. dari awal tahun perkawinan kiriman gajinya aman-aman saja tapi sekarang malah turun dari tahun tahun lalu katanya ada penurunan gajilah ada masalah taulah banyak alasan jadi harus gimana ? apa suami sudah ada yg lain dikirimin ?

    • leticia says:

      aq jga istri pelaut sdh 7 thn, punya anak balita, yach mesrax tahun pertama-kedua perkawinan. Selanjutx klo sdh sign off berbulan bulan di rumah dah kyak tom and jerry. Banyak kebutuhan n tiap ke kantor ada aja biaya macam2. Suami sukax spending money lg, klo dah hbs suka ngamuk2 lg, childish banget dech puyeng..egois lg…stress dah, mendingan dia di laut trs dech

  24. aq syg dia says:

    hebat!!!semangat terus para istri pelaut!!!
    kayaknya kalo deket romantisan teyus… kalo jauh kangen2an teyus nih. ya kan ya donk…………

    masku blm pulang jg nih. dan kayaknya tetep stay at my home. ga tega ngusirnya. bodo amat deh apa kata tetangga n teman2ku…. aku kn syg dia. >.<

    @eko wahyudianto (21:16:41) :
    "merried cuma itu caranya"

    belum mau saya ……. lagian nikah itu harus benar2 siap mental,ma pelaut gtu lohh boo….

  25. ayu says:

    wah senangnya saya membaca cerita teman2 disini :) jadi merasa gak sendirian lagi… saya sdh 2 thn ini jd istri pelaut, dan saat ini sdg ditinggal suami keluar negri selama 6 bln. alhamdulillah tinggal 1 bln lagi sblm dia pulang ke rumah. selama ini saya hny bs mendoakan smg kerjanya lancar, selalu sehat walafiat, dan bisa kembali ke keluarga dlm keadaan baik, selamat, tdk kurang suatu apapun. walaupun kmrn2 sempat merasa ‘down’ dan bosan jg, sempat merasa iri dgn kehidupan ‘normal’ spt keluarga2 lain yg tdk dipisahkan jarak sekian jauh & waktu yg sekian lama. sbnrnya krn saya sendiri bekerja, jd di waktu kerja hal tsb tdk terlalu menjadi beban. tapi tetap sj waktu sendiri di rumah rasanya kangeeen banget. kl sdh begitu biasanya saya gak tahan utk paling tdk dengar suara suami. jadilah tagihan telepon saya biasanya menggunung krn smsan sj buat saya gak cukup. hiks. makanya begitu saya ketemu thread ini, duuuhh… rasanya bahagia bgt, tnyta banyak jg teman ‘seperjuangan’ saya, dan rasa kesendirian ini sedikit terobati :) …. smg kita semua bs tetap sabar & tegar ya menjalani kehdpn sbg istri pelaut.

  26. Shinta says:

    Aqw BAru aja Balikan sama pacar qw..
    hampir 3 taun qta ga contact..
    mulai dr FB lah qta ktmu agy..
    awal pacaran sama dya 3 taun yang lalu,,temen2 banyak banget yang nakut2in..
    Kl cwo pelaut gampang banget selingkuh,kalo pas sandar juga sering jajan2 d luar…
    aarrrggghhhhh,,,,
    mw nangis pz mw mutusin dya..
    itu jga pas dia d malaysia..
    pas qta balikan agy,,
    aqw berusaha tuk ngertiin dya..
    and banyak kawan2 semua..
    and aqw g sendiri lgy..
    (^_^)
    kadang ngerasa iri kl lyat temen2 mlm minggu sama pacar na,sedangkan aqw cuma d apelin lewat telp…

  27. Aq dh 2 pacaran sm pelaut, kontrak pacarku 9 bulan, tinggal 5 bulan lgi dia pulang, yng rencananya qta mau langsung nikah.
    Di perjalanan hubunganku awalnya jarang ada pertengkaran, palagi sampai ada kata putus.
    Namun setelah makin jarang kita komunikasi, kadang selang 5-8 hari kita komunikasi, itupun terkadang aku selalu membendung sendiri rasa kesedihan yang ku alami selama dia ga ada, karna memang faktor biaya pulsa luar negri yang memang kurang bersahabat.
    Sekarang justru aku menyimpan keraguan, apakah aku sanggup menerima jika nanti kelak punya suami yang tak tau istrinya pergi kemana, apakah saat dia sakit dia pergi ke dokter sendiri, saat istrinya tidur hanya air mata kesedihan sebagai pengantar lelap tidurnya…
    Oh…. Apakah yang jadi penguatku nanti?

  28. Mya says:

    ak dulu pernah ikut suamiku wkt suamiku berlayar diindo,ak kos dsn.didekat pelabuhan.setiap sandar pasti pada kedugem.. skrng ak dirmh rawat anak.. Jd cemburu dech skrng kl denger suamiku didarat,,kl pergi dugem gmn? Kan g sm ak??

  29. retno says:

    Alhamdullilah Pacarku baru selesai ambil ANT II Walaupun Mobil yang baru di beli harus di Jual untuk Kuliah and biaya hidupnya di darat semasa Ambil class II kemarin. Sekarang Udah Lega….and Doi dah On board Lgdi kapal Supply Di Dubai mudah2an kebeli lagi apa yg udah di Jual hehehehhe..Amiin
    Sendiri Lg deh Aku..

    2 JeMPoL untuk Kawan2 seperjuangan

    Tetap semangat

    • ledy says:

      dears,

      salam kenal,
      nama saya Ledy, 25 tahun. saya pacaran ma pelaut udah hampir setahun. kami punya rencana menikah.

      saya deg-degan.
      selain mental,
      secara fisik hal apa sj yang perlu disiapkan untuk pernikahan?

      terima kasih,

  30. yanti says:

    sy dah 12thn nikah ma pelaut,awlny fun2 aza nmun smjk anak 1 ku lahir,ketauan deh kl ternyt suamiku doyan iseng ma cwek2,saat it jg hancr htku yg slm ini ku jg klg ini dgn kepercyaan nmn yg ku dpt penghiantn,sp akhrny dia blng g akn ulngi kbli dan ternyt sp anaku lahir yg ke 3 dia msh suka spt itu,,,gak cm itu dia sering jg pukuli aku sp 2 aku hrs msk rmh skit,,saat ini akupun tdk tau hrs bgmn dgn nasb spti ini,sy hy seor ibu rmh tg,

    • lucy says:

      sama donk, cma saya bru 7 thn menikah, awalx fine2 saja. Punya anak balita umur 4 thn. Sampe sy ga mau punya anak lg, takut coz dia ga pernah berubah. Klo sdh di rumah lama, n ga terima gaji bawaanx ngamuk2 aja, tapi klo msh punya duit spending aja, walau pun sy sdh nabung, selama dia berlayar, di habisin semua dech. cape sy…childish banget ga pernah mikirin apa maux istri. sy jga hanya ibu rmh tangga biasa. Sdh mati tuch rasa cinta sy, terlalu banyak di sakiti. Yg penting dia nafkahi anakx, itu saja. pernikahan kami hanya formalitas, coz dia ga pernah mau memperbaiki.

  31. umi says:

    Sebenarnya pelaut itu kasihan loh dia dipenjara di laut tp justru istrinya bisa jalan2 meski cm kepasar, memang sih urusan rumah tangga jg gak ada ujungnya bahkan qt jg bukan cm jadi ibu tp jg jd bapak yg jadi tauladan utk anak, yg penting jadi istri yg bisa dipercaya aja lah

  32. umi says:

    oh ya kapan nih kita punya komunitas sendiri untuk istri2 pelaut, siapa tau ada kegiatan yang bisa diandalkan dan berguna untuk masyarakat umum, spt bakti sosial dan berguna jg untuk qt spt mengadakan seminar2 psikolog sebagai ajang curhat dan solusi bagi istri2 pelaut

  33. ade says:

    hallu mba2 istri pelaut..
    Dr crta2 d atas,,, ad crta yg bkn mrinding, ad jg yg bkn lemesss..
    Hiiksss..
    Pcr q jg pelaut, tiap naek smp 10bln,
    Dy serius ma q n udh ngajak merid..
    Q mw..!
    Wl ragu..??
    Dan parahny, org tua q g stju q nkh ma pelaut..
    Duhhhh pusing..
    Tp smp saat ne, q msh setia..
    ttp kmnkasi via tlp seminggu sekali, dan smsan tiap 2hr ~ klu dpt sinyal

  34. rere says:

    Abis baca cerita2 di atas,,jd dpt bnyk referensi. Aq skrg lg bingung,,coz lg dkt sama pelaut jg…tp kita baru kenal 6 bulan,skrg dah ngajak married…pdhl terus terang aq blm yakin,blm siap pastinya buat ditinggal2.
    Hmmm..aq msh ragu niy,,,apalagi banyak yg blg klo tiap kali sandar pst disitu pelaut punya istri simpenan…
    Emg sih ga smua…tp musti gmn ya???

    • ade says:

      iya ya…. q jg bingung plus ragu..
      barusan webcaman ma dy, seneng bgt… tp pas dy blg hrs balik krj lg, rasany jd sediiih bgt, brsa dy mw pergi jauuuh lg, hiikkssss
      ga enak bgt ngersain ini trs..
      btw ortu km stju, km nkh ma pelaut? ortu q ga stjuuu, tp q msh syg ma pelaut itu,,, dilemmaaaa berat, help;;
      jgn smp qt slh ambil kptsannn, amiiin

      • rere says:

        Betul bgt,,jgn sampe qta salah ambil kptsn.
        Klo ortu sih setuju2 aja…cm terus terang mpe skrg aq yg msh ragu sm dia..
        Kadang pengen kasih kepercayaan sm dia,,tp bayangin klo dia lg jauhhh disana…sm siapa..ngapain aja.. Wah jd mikirnya yg aneh2. Huft..bingung jadinya.
        Tp aq salut sm mba2 diatas yg bisa kasih kepercayaan sama suami ato pacarnya pelaut.

  35. call me lalilu says:

    nimbrung yaa…

    intinya semua pilihan ada konsekuensinya, hal paling nyata yang harus siap dihadapi sebagai kekasih/ calon istri/ istri pelaut adalah : tidak mungkin setiap hari bersama…. pertanyaan itu dulu yang harus dijawab.. kalo jawabannya : ok aku siap… yah perlu belajar dan jangan terlalu banyak menyesal… tapi jika jawabannya : tidak… yaa gak usah bingung2.. tinggalkan niat untuk jadi kekasih/calon istri/ istri pelaut…

    umumunya semua pelaut posesive.. pasti itu dan harus bisa dimengerti.. kenapa harus…??? iyyaaa. karena dia jarang bertemu dengan kekasih/calon istri/istrinya..

    gak gampang lho… tapi gak jauh2 amat bedanya sama kamu2 yang punya kekasih/calon suami/suami yang bekerja didarat..
    intinya.. setiap pernikahan itu komitmen utamanya adalah kita siap untuk memberi.. bukan berharap diber…

    alhamdulillah aku dapat bertahan hingga 10 tahun ini sebagai isteri pelaut.. semoga terus di tahun2 berikutnya.. amien..

    good luck all

    • rere says:

      Mungkin karena ini pertama kalinya aku punya pacar seorang pelaut,,jadi merasa blm siap untuk ambil resiko sering ditinggal2. Tapi aku seneng comment dari mba di atas… apalagi rumah tangga udah bertahan ampe 10 tahun. Wahh saluut…pastinya ga mudah.. Tapi benar memang, harus banyak belajar menerima keadaan, bersyukur dan selalu berpikir positif pada pasangan kita.
      Thanks ^^

  36. lovely says:

    slam buat smuanya,,,
    mungkin buat q sndri aq blom mnjlani rumah tangga sbgai seorang pelaut tp aq msih dlam thap pcran n dia dah mnta aq buat married am dia…ntah knpa kraguan itu sllu mnghntui q.hruskh q akhri hbgan ne….

    • lyndaaa says:

      iya ni mbak,,,, q juga masih ragu,,,
      q masih pcran 4 bulan dah di tinggal tuk ngelanjut sekolah nya,,,
      masih di tinggal tuk sekolah ajj,,,pikiran udah yg aneh2………….

  37. adek says:

    3th berjalan… walaupun yg 1 th aQ di tinggal… tapi alhamdulillah… aQ masih diberi kesabaran untuk selalu menantinya..
    aQ percaya, semua akn indah pada waktunya..
    walau sering tak ada kabar.. sulit dihubungi…
    apalagi saat mendengar berita2 yg kurang bagus tentang perairan internasional… bingung dan was-was menanti kabar pastinya…
    alhamdillah punya mertua dan keluarga yg selalu mendukung dan memberi semangat…

    • alika says:

      lastari : amin…turut mendoakan ya mbk….aku dulu pacar turun dari kapal juga nglamar aku. semoga juga terjadi sma mbk.
      adek : aku setuju….semangat yah….

  38. james bodat says:

    aq pernah jd pelaut,nasib cwku di buntingin orang..skrng banting setir jd pns gaji paspasan penting kumpul..skrg dah nikah n punya baby kembar..pelaut tinggal kenangan..menjanjikan kesuksesan tp dng resiko menyakitkan..

  39. Yulia says:

    Nimbrung ya, aku jga istri plaut,suamiku udh 2bln naek lg kontrak 6bln. Allhmdllh kmunikasi lancar tiap hari wlwpun di tengah laut ataupun samudra skalipun aku bsa sms dy. Aku percaya suamiku begitupun dy prcya aku. Kalo dy masuk indo kadang aku nyusul ke kapal melepas kerinduan. Intinya saling percaya krna aku tau pkerjaan suamiku sangat berat apa lagi kalo kapal sandar waktu istirahat cuma sedikit. Hidup istri pelaut semangat.

  40. Miko says:

    Aq pnya tmn pelaut.katanya gk enak brada d tngah laut.yg ada cm krja.n lupa sm istri.apa lg klu uda brsandar gt.yg di cari cm perempuan untk memenuhi kbthan sex nya.

    • maaf yh maz miko sblmnya,, tpi sya sngt tdak setuju dg pndpat anda,, tdak ush lah mnjelek2an pelaut demi kpentingn pribadi..

      untuk istri dn pcar plaut,, trus smngat yaaahhh,,, percyalah mreka dsna bkerja bnting tulng buat kluarganya,,,

  41. ade says:

    untuk mba2 yg udh merid sm pelaut dan sdh diberi momongan..
    tlg d share dung pengalamannya…

    bgmn membesarkan baby dgn figur ayah yg g bs setiap hari saling berinteraksi?

    akankah hal ini mempengaruhi kepribadiannya nanti..?

    terimaksih sebelumnya u responnya..
    ^z^

  42. Tita yulianti says:

    Aku jg dah 4 th jd istri pelaut, dah dikasi mo2ngan usia 2 thn, kadang suka sedih kalo dh kangen buanget, tp kalo dh liat baby kami jd terobati. Yg penting doa trus bwt kesehatan n keselamatan swami kita.

  43. gabriella says:

    Aqu punya cawo pelaut … tahun depan jika tak ada hlangan kita menikah tapi yang belum bisa saya terima adalah keberadaan wanita2 yang selalu keganjenan dengan abang saya.. sedih dan sakit sekali rasanya, kami sudah berpacaran 4 tahun , memang tidak mudah menghadapi situasi seperti itu sering ditinggal dan komunikasi juga kadang sulit …

    intinya memang harus membunuh perasaan egois, curiga pada dy.. intinya harus sabar, percaya dan setia..

  44. olive says:

    muph ikud nimbrung…
    cwo kuuh jg seorang pelaut…
    au ma dy bru sbulan pcran tp uwd d tnggal lyar, rcana tuh pngend nangis ,tp mu gmna agy tuh kn uwd pr0fesi dy n resiko cwe seorang pelaut d tnggal” tyz..
    bca coment mb” d atas au jd tmbh cbar n smngat nunngu dy,hehehehe…
    tlp pun jrang pling low da sgnal bru tlp…:(
    au thaiiank bgd ma dy… mga d cna dy ica jg kpcyaan yg au kch…

  45. lastrie suryanto says:

    Saat ini saya sedang menjalin hubungan dengan seorang pelaut yg bekerja di perusahaan asing dg rute kamboja-vietnam-Thailand…dia pulang setahun sekali, so pacaran kami cuma by phone.. Tp sebulan terakhir ini ga bs lg telpon2an.. Karena sejak dia pindah kapal (perusahaan yg sama).. Alat komunikasi tdk berfungsi secara maksimal… Pertama2 sedih bgt,bahkan tiap hr menangis karena kangen & khawatir klu terjd sesuatu hal n ga bisa kontek… Sebulan berlalu, kemudian dia kembali ke singapore n akhir nya bisa telpon2an kembali.. Seneng banget rasaany…. Tp sejak 10 hari lalu dia kembali ke kamboja… Dan Alhamdullilah, melepas kepergian yg ke dua ini, aq bisa lbh tenang…. ku alih kan rasa takut,tidak percaya,cemas dan kangen ku ke hal positif… Jika aq merasa kangen,cemas,takut.. Maka segera ku ambil air Wudhu & ku bersimpuh di hadapan ALLAH berdoa utk keselamatan dia… Dan aq menjalani semua ini jauh lbh tenang, karena ku percaya tak ada yg mampu menjaga dia, sebaik ALLAH menjaga nya… Amieeen…
    Oh ya… Bulan februari 2010 dia akan balik ke indonesia n merayakan valentine bersama… Doa kan ya, supraise kado nya adalah “dia melamar ku”…..
    Makasih ya… Sdh mau dengerin curhat ku….

  46. avrila tauvan says:

    Dear all,
    luar biasa cerita2 istri pelaut.. aplg yg sudah rumah tangga bertahun-tahun, ternyata memang butuh sabar & ketahanan mental yg extra.

    saya berencana menikah September 2011 dgn calon yang akan brgkt berlayar ke amerika 21 Jan 2011, menghitung hari kbrangkatan nya buat saya menggila setiap malam, pasti meneteskan air mata mengingat “nanti saya sama siapa??” krn saya slalu keeping touch setiap hari ketemu atau hanya dgn sms atau tlp.

    sebelumnya saya pernah ditinggal 6 bulan berlayar ke eropa, pacaran by phone 10 hari/sekali, rasanya waktu berjalan sangat lama.. aplg saat kondisi down atau butuh teman cerita cuma bs menahan rasa kangen & sangat butuh kehadirannya.

    1 hal yang membuat saya berusaha utk kuat.. saya yakin dgn komitmen setia yg sudah disepakati & saya berfikir positif kalau disana dia juga butuh saya, bekerja sbg pelaut bukan utk bersenang-senang semata tp bagaimana ia ingin membahagiakan org2 terdekat dgn jerih payahnya.

    Salut utk utk para istri pelaut..!!!

  47. uli :
    aku istri pelaut jg. kenapa ya aku sering banget ngerasa sedih yg amat sangat. ditinggal suami cukup lama. apalagi melihat 2 anakku,aku takut mereka jadi kehilangan figur seorang ayah. salah kah aku dengan perasaan ini?

    masalah sama yg sedang kualami bun…. miris kalo iyat si kecil tumbuh tanpa bapak.. hiks…

  48. rere says:

    Ternyata jadi pacar ato jadi istri pelaut emang harus super sabar yaa… apalagi klo denger pengalaman ada yg ditinggal ampe setaon br bs ketemu… Wahhhh…bener2 hebat… aq aja yg sebln sekali br bs ketemu rasanya sedih bgt..kdg bayangin klo ntar aq udh married kdg bisa bikin nagis sendiri..kmn2 sendiri, & dituntut mandiri. Semoga aq bisa bertahan menjalin hubungan ini sampai kapanpun..jika memang ini yg terbaik. Tetap semangat!!

    • nila says:

      Ternyata jadi pacar ato jadi istri pelaut emang harus super sabar yaa… apalagi klo denger pengalaman ada yg ditinggal ampe setaon br bs ketemu… Wahhhh…bener2 hebat… aq aja yg sebln sekali br bs ketemu rasanya sedih bgt..kdg bayangin klo ntar aq udh married kdg bisa bikin nagis sendiri..kmn2 sendiri, & dituntut mandiri. Semoga aq bisa bertahan menjalin hubungan ini sampai kapanpun..jika memang ini yg terbaik. Tetap semangat!!

      tuk rere…lam kenal ya…
      aq bisa minta id fb mu..aku pengen sharing2 aj:

  49. ari says:

    memang sangat berat ketika kita dihadapkan kepada sebuah pilihan apalagi ditinggal orang tercinta. kangen, bimbang,ragu semua rasa berkecamuk dlm dada. lebih2 tida ada kabar berita. dilema memang sebuah pilihan yg mesti dilalui. tampa menggurui, bagi yg mo sharing silahkan hubungi 081910092006 sms jg boleh.mudah-mudahan bisa bisa menjadi seorang pendengar yg baik apalagi bisa membantu dg tulus

  50. nila says:

    Dear all,
    luar biasa cerita2 istri pelaut.. aplg yg sudah rumah tangga bertahun-tahun, ternyata memang butuh sabar & ketahanan mental yg extra.
    saya berencana menikah September 2011 dgn calon yang akan brgkt berlayar ke amerika 21 Jan 2011, menghitung hari kbrangkatan nya buat saya menggila setiap malam, pasti meneteskan air mata mengingat “nanti saya sama siapa??” krn saya slalu keeping touch setiap hari ketemu atau hanya dgn sms atau tlp.
    sebelumnya saya pernah ditinggal 6 bulan berlayar ke eropa, pacaran by phone 10 hari/sekali, rasanya waktu berjalan sangat lama.. aplg saat kondisi down atau butuh teman cerita cuma bs menahan rasa kangen & sangat butuh kehadirannya.
    1 hal yang membuat saya berusaha utk kuat.. saya yakin dgn komitmen setia yg sudah disepakati & saya berfikir positif kalau disana dia juga butuh saya, bekerja sbg pelaut bukan utk bersenang-senang semata tp bagaimana ia ingin membahagiakan org2 terdekat dgn jerih payahnya.
    Salut utk utk para istri pelaut..!!!

    hai avrilla…
    lam kenal ya….
    aku boleh tau email atau id fb kamu ga..aku cuman pengen sharing soal pacar pelaut ato istri pelaut ^_^

  51. Erma says:

    tinggal menghitung hari saja aq akan segera menikah. dia adalah seorang pelaut yang sudah 6th pacaran dgku…sedih juga ya harus mempersiapkan segala kebutuhan menjelang pernikahan sendirian karena hubby masih dalam masa pelayaranya dan belum pulang, tapi kesedihanq terobati karena aq punya byk teman yang sama2 senasib di FB teman2 sesama istri dan pacar pelaut …
    untuk join add FB aq ya…
    erma.denisse@yahoo.com
    qt sharing sepuasnya ttg pelaut

  52. Riya says:

    Aku udah 12th menikah dengan pelaut, aku sgt tau betul suka dukanya menjadi istri pelaut.
    Buat teman” yɑnƍ belum menikah, sebaiknya pikirkan matang” sebelumnya, karena lebih banyak dukanya….
    Sukanya hanya materi yɑnƍ berlimpah.

  53. Eka Berlian says:

    Membaca tulisan-tulisan diatas cukup membuat hati saya jadi tenang….karena nasib perkawinan pelaut banyak yang “lancar”. Insya Allah saya akan menikah dg seorang pelaut, dan semoga diberikan kemantapan jiwa.

    Jika itu yang dipilihkan Tuhan, yang terbaik untuk saya, Insya Allah dengan ikhlas hati akan saya jalani apapun risikonya.

    Tuhan tidak akan membebani kita diluar kemampuan kita, hanya itu yang saya percayai.

    Smoga rencana pernikahan kami lancar. Amien.

  54. mashar says:

    Wah kayaknya diskusi topik ini seru banget ya? Perkenalkan saya adalah penulis buku “Mabuk Dolar di Kapal Pesiar” yang sekarang sudah beredar luas di toko buku Gramedia, dan bahkan diliput oleh media radio (RKM, Green Radio, Pro2 FM), koran (Kompas, Jurnal Nasional), dan terakhir Majalah Tempo.
    Saat ini saya sedang menyusun buku kedua saya. Nah, ada satu segmen, di mana saya ingin mengangkat kisah para istri yang ditinggalkan suaminya berlayar. Semacam testimoni begitu, ini pasti berguna bag yang lain.
    Bagi yang berminat hubungi saya di email: mashar67@yahoo.com atau facebook Hartono Rakiman.

  55. Cetis says:

    Wuaaaaa…. Pacarku juga pelaut…. Baru sekolah aja gabisa komunikasi karena senioritas… Ketemu blom tentu bisa 1minggu skali… Waaah ternyata disini istri2 pelaut sangtlah tangguh… Saluuut…. :)

  56. mah says:

    pacar sy juga calon pelaut… dan kami bakalan hilang kontak sampai tahun depan padahal masih pendidikan. Saat dia menanyakan hubungan kami ke depannya, kadang muncul keraguan apakah sy kuat atau tidak. Bimbang… T.T

    • ifha says:

      jgn bimbang klu cinta kenapa tdk……Qjg pux pcr pelayarn n skrng uda berlayar……dulu jg aku sempt ragu dlm mutusin kelanjutan hubungn kmi tp krn cinta mknx aku mau bertahan n menunggu dia kembali…..

    • mid says:

      hmmmm.. pasti lagi prola…. sama pasti hal itu yg akan ditanyakan… “gimana kelanjutan hubungan kita nanti”… wuaaaaaaa pusing tujuh keliling klo udah ditanya gitu… ada fikiran “apa jaminan lo klo lo bakal setia sama gue” dan begitu juga sebaliknyaa…” hah… tapi klo saya… InsyaAllah tetap untuk berkomitmen dengannya… dia pun tidak memaksa saya untuk mempertahankan jika saya tidak sanggup… wuuuaaaahhh tapi saya lebih percaya lagi “jodoh itu sudah menjadi takdir-NYA jadi saya akan menjalani apa yang saya yakini… toh klo jodoh walaupun gimana pun kita akan ketemu lagi nanti hehehehe… #soktuadeeeeh… jadi mbak yakinnya gimana nih.. hehehehehe

  57. yayang says:

    As mb’ kbtulan Q jg pcr plaut dah 5 thn lbh qt pcran bs d blang tgl slangkah lg,,,, nunggu AQx slesai kul.Cmn Q msh ragu Ngejlanin nne smua,,, Tp mw d apa Q dah terlanjur syng ma dia mb’ setahun bisanya plang cmn 1x doang!!!

    • mid says:

      yaampuuuuunnn….. saya newbie jdi pacar pelauut…. mencoba sabar dan ikhlas…. ckckckck.. emang deh jadi pendamping seorang pelaut itu dibutuhkan wanita tangguh.. cuma wanita pilihan yg bisa mendampingi pelaut….. semangat ya mbak…. :)

  58. Sy juga baru ditinggal 3harian sama tunangan sy yg pelaut..sampai skrg tiap x sendrian sy sering nangis,apalagi cwo sy hp nya mati trus bbrp hari ini,,,tiap x ngliat jalan2 ato tmpt2 main bareng dulu,sy sering menangis sendirian,ga ada temen mengadu..sy pendam sendirian n brusaha kuat karena sy yakin apa yg saya jaalani skr adalah yg terbaik dan pastinya sy akan mendapat sesuatu yg indah pada waktunya…cwo sy pulang mei 2012,rencananya sy akan nikah sesudah dia pulang..hari2 trasa berat,sy sedih..smpai skrg yg ada sy cuma berdoa dan menangis..sy ga tau harus gimana lagi;(

    • mid says:

      huaaaaaaaa….sedihnyaaaa….. semangat ya mbak…. saya blom mengalami hal2 yg seperti mbak2 yg skalian curhat…. semoga kuat ya kita menjalaninnya.. aaamin…. :)

  59. tere says:

    Selalu ada curhat seru..menarik, sedih dan mengesankan utk tmn2 yg pny pacar ato suami pelaut… Aku juga baru aja tunangan sama pelaut…terakhir dia plg sblm lebaran kmrn..mpe skrg blm jg pulang.. tapi katanya 2 hari lg dia mau plg… senangnya..dah ga sabar nunggu kepulangannya…tp jadi sedih lagi klo ingat nanti stlh seminggu dia hrs balik lg ke pekerjaannya. Kdg masih ada rasa ragu,,bimbang..takut.. gmn ke depannya.. pst hrs mjd wanita mandiri…kmn2 sndiri.. Tapi aku berusaha menjalani..jika DIA memang pny kehendak lain utk hubunganku ini, aku percaya apapun yg tjd..itulah yg terbaik.

  60. Ratna,

    Ass.lam kenal buat semuanya seneng bisa gabung di forum ini kebetulan aku juga istri seorang sailormen n aku baru nikah 4 tahun tapi waktu perkenalan n perenungan kita ckp lama lo 10 tahun he….Alhamdulilah skg dah dikaruniai putri yang lucu memang yang namanya perasaan kangen apalagi yang menyangkut soal hati sekuat apapun wanita itu tetep ga bisa dibohongin kuat hanya fisiknya aja tapi dalemnya tetep butuh support n perhatian dari suami apalgi disaat kita lagi down waduh sedihnya minta ampun by the way kita ambil positifnya aja sebagai istri pelaut.anggep aja kalo diluar rumah dia bukan suami kita tapi tanggung jawab tetep dong jangan dilupain but kalo dideket kita saatnya kita kasih service sebaik mungkin karena Quality time kita ma suami kan cuma dikit.ya begitulah suka-dukanya jadi istri pelaut harus siap segalanya like wonderwomen pokoknya jadi bagi yang mau merit kalo boleh saran nich jangan pernah takut jadi istri pelaut selagi kamu yakin kalo dialah orang yang tepat mendampingi kita.okey good luck deh pokoknya bagi yang mau merit

  61. aiuu says:

    Hi smua! slm knal ya, aku mau share aja, b’dsrkn pnglmn tante qu yg bersuami seorang pelaut, hrs berakhir dgn p’ceraian stlh mmpunyai ank yg saat itu sdh SMA, krn t’nyata ketahuan sang suami pny WIL bhkn sdh menikah dgn wanita lain, pdhl tante sy bgtu setianya dgn sang suami, tp keburukan suaminya baru ketahuan akhir2 ini, anda bs bayangkan keburukannya slma ini br ktawan stlh ank mreka sdh bsr.

    Tmn pcr sy jg seorang pelaut, smpt mmpunyai istri tp sdh b’cerai & skrg pny kekasih, stiap kapalnya b’sandar d jkt, dia slalu meminta pd pcr sy utk dicarikan wanita, pdhl dia sdh pny pcr, sy sgt tdk mnyukai tmn pcr sy tsb krn scra tdk lngsg dia mmbwa dmpk buruk buat pcr sy, dia prnh mnwarkan seorang wanita yg sdh di bookingnya pd pcr sy, & skrg dia menawarkan pd pcr sy utk mengikuti jejaknya sbg pelaut.

    Hmmm b’dsrkn logika sy, qta sbgai seorang WANITA adalah SSEORANG YG TEGAR & SETIA itu mrupakan hal yg WAJAR, tp apakah kalian tdk b’pikir bgmna dgn sang kekasih/suami dsna? krn pria mmpunyai kecenderungan utk memuaskan hasrat seksual mreka, terlebih jika tmn2 sekitarnya suka jajan (wanita), maka bagi dia itu dirasakan sbgai hal yg wajar & bs jd ikut terbawa arus, kecuali dia org yg BENAR-BENAR ALIM / BERIMAN, bkn hny sekedar dkt dgn Tuhan saja.

    KELEMAHAN qta sbg WANITA, yaitu TERLETAK PD TELINGA, qta abs dgn mudah percaya begitu saja dgn2 kata2 kekasih/suami skalipun mreka berbohong bhw mreka tdk selingkuh dgn b’bagai rayuan kata2 buaian mreka, sdgknBAGI PRIA KELEMAHANNYA TERLETAK PD MATANYA, mereka mudah tergoda skalipun hny dgn melihat saja, apalgi jika hasrat seksual mreka tdk terpenuhi slama b’bulan2 bhkn smpai b’tahun2 ?? apa mreka gak t’goda sm cewe2 dluar sana?

    Jd mnrut sy kl anda pny kekasih/suami seorang pelaut,
    1. Pastikan dia dekat & takut akan Tuhan, krn seseorang yg takut akn Tuhan tdk akn b’buat yg tdk2,
    2. Tanamkan kepercayaan pd dirinya & buat komitmen bersama (sdh tentu & itu harus), beri sdkit ancaman dgn mengatakan “Km hrs bs berpikir bgmna perasaan km jika aku yg berbuat sebaliknya ke km (contohnya selingkuh), sdh pst sakit bukan? jd jgn lakukan hal yg bs menyakiti perasaan aku”
    3. Sebisa mungkin stiap kapalnya b’sandar d kota/negara lain, anda jg prg ksana utk bertemu dgnnya, tentunya akn mengurangi ksmptn dia akn jajan dluar krn anda sdh ada dsna.
    4. jgn biarkan sang suami prg b’layar smpai ia tua, ckup bbrp thn saja & uangnya dkumpulkan sbgai modal utk usaha, jd suami tdk perlu lg prg b’layar & mngurus saja usaha sndri & ttp tinggal b’sm anda & ank2, sungguh sgt tdk enak jika spnjg khdpn anda tdk ditemani keluarga yg utuh krn hrs slalu prg dtinggal sang suami + dgn prasaan was2.
    Krn logikanya bgni, jika suami qta dkt & tinggal dgn qta pun, tdk menjamin dia tdk akn selingkuh kan? terlebih lagi jika suami anda jauh & hrs prg dlm jangka wktu yg lama.,
    5. Rawat tubuh & kecantikan anda agar suami tdk mdh b’paling.

    Just share my opinion,
    maaf kl t’lalu pnjg.
    AiuU

  62. Hy,lam knal…trnyt bkan hny q,yg grsa sepi&kgen suami ea?prnikahan q lom genap stahun,and q skrg lg hamil 4blan.suami q bru kembli stelah q melahirkan nant.kdag q grsa tkut,usia q tak panjag,saat mlahirkan nant,tkt tak bsa melihat suami q lg.tp q pasrh sma yg di atas,appn yg trjdi.truz kdank.pkiran q di landa rasa curiga,q tkut suami q main prempuan.sperti kbnykan orag blag,ktany kl jauh dri istri.tp q ykin..hidup ini bukan pilihan,tp cobaan,yg dmna bisa gk kit ngadepiny..

    • yayi says:

      percayalah….suami mba lbh kepikiran pngen plng,kmrin wktu aq mlahirkan,suami aq lgsung off dr prusahaanx,dan lgsung terbang dr thailand ke indo tuk liat aq ngelahirinnnn

  63. cha says:

    Senengnya pny tmn2 seperjuangan ^_^ ini thn ke 2 ak jd istri pelaut. Dl sblm mutusin merit sm dy bny yg cb nentang soalnya kehidupan pelaut yg diketahui bny penyimpangan.hehhheh mgk jodoh dr ALLoh ya akhirnya jd jg. Rasanya spt naik rollercoster gak ada bosennya wlo kadang makan ati tp yg sering ak malah salah nilai dy,dilaut kerjanya berat msh ak curigain.hehheeh maafkan ak suamiq

  64. Asni.Unyu,Fals says:

    salut banget ma seaman wife..di atas jadi ngerasa gak sendiri.. sy juga baru 2 hari ditinggal kekasih..untuk berlayar..wkt ngantar di bandara sih..nangis ditahan..tp pas udah dirumah..langsung banjir air mata (TT_TT) SEMANGAT..

  65. mid says:

    ih waw…. baca2 curhatan mbak2 sekalian… membuat saya semangat juga tapi timbul keraguan juga dri cerita2 miris nyaaa… huaaaaaaaaaaaaa *pusingdehhh hahahhaa… yasudah kalo sudah begini saya jalani saja lah… saat ini masih berstatus pacar pelaut siiih… selanjutnya entahlah akan berjodoh atau tidak.. let it flow deeehh…… aku salut banger sama istri2 dan pacar2 pelaut yang tangguh tenan iini….. semoga kalian semua bisa langgeng ya sama popye-popye nya…. :)

  66. windseyy says:

    slmat malam…. senangnya bisa gabung di blog olive (istri pelaut). heeeee suami saya jg seorang pelaut yg skrg sdg brada di west africa tuk 6 bulan kedepan. kangen, sedih, curiga, smua bercampur jadi 1, tp y itu sudah resiko, smoga share ini bisa bermanfaat. salam kenal saya…

  67. windseyy says:

    nambah nih, share dong.. gimana ya cara mengubah kebiasaan suami yg kalo sedang kumpul bsama teman2nya pasti slalu buka botol, huft…. mugkin itu kebiasaan yg sulit di hilangkan apalagi ktika di atas kapal! malah tkadang teman2nya slalu mnghasut dia tuk ‘jajan’ ktika berlabuh. yahh sjauh ini sih saya mAsih percaya, karna hati saya masih melihat kesungguhan dia. hanya saja rasa kesal ini masih ada terhadap teman2nya. trimss

  68. angelina larasati says:

    sekarang aku juga pacaran sama calon pelaut, panggilan sayang kami popeye dan olive. tapi, popeye saya bilang semester ini dia sudah mulai praktek berlayar. harinya sudah semakin dekat, entah aku siap atau tidak.. terlalu banyak kekhawatiran dalam benak ku :(

  69. Aulia Hasyim says:

    hai salam kenal semua..
    Aku juga sekarang sudah 1 tahun sudah pacaran sama taruna pelaut, tahun depan dia lulus dan berlayar…
    aku berharap aku bisa menjadi seperti kalian istri2 pelaut…
    bisa menikah dengannya,
    siap lahir batin ditinggal insyaallah sudah sangat siap..

  70. meyy says:

    salam kenal smuanya,,,
    aku saat ini juga berstatus pacar pelaut, hampir 2thn saya jalani hubungan ini,, beberapa bulan lagi kekasihku praktek berlayar,, sungguh berat rasanya bila membayangkan bagaimana nanti saat aku di tinggal 1thn lamanya,,
    memang kami sudah berkomitmen untuk menikah tapi terkadang aku ragu dan terkadang aku siap,, hubungan kami banyak sekali godaannya dan terutama ortuq yg masih ragu akan keseriusan hubungan kami,,
    aku sayang dengan kekasihku,,aku tak rela jika dia bersama dengan yang lain,,
    membaca kisah mbak2 n ibu2 smua aku merasa ad sedikit dorongan kuat untuk bertahan sampai kepernikahan nanti,, namun rasa kepercayaan yg kurang karna kekasihku dari masa sma bner2 di cap PLAYBOY n NAKAL,memang setelah pacaran dgnku dia berubah pelan2 hanya saja aku takut dia kembali seperti dlu karna faktor lingkungan kerjanya dan teman2nya yg mempengaruhi karna kekasihku gampang trpengaruh,, aku harrus gimana agar ortuq setuju n kekasihku bisa aku percaya,, aku ingin qt sama2 saling percaya gak macem2 saat jauh nanti,,
    kalo aq sendiri yakin bisa setia, tapi kekasihku aku gak tau lagi :(

  71. Imunk says:

    huuzz… tersentuh banget baca crita mbakee” .. jd kangen ma cowo.q..
    sudah 2 bln sya di tinggal cowo.q yang berprofesi sebagai pelaut.. bener” haruuz sabarr yah pny cowo seorang pelaut, hari ini pas 2 bln sya di tinggal dia,, berharap bgt hp.q dapet tlp/cmx dr dy… kkannggenn sekkalii…. tiiap harii kerjaan.a cm baca cmx.e dy yg udahh basii,, tp hny itu yg bisa membuat aq lebih seneng dan ketawa sebelum bho”, sambill peluk boneka dr dia.. sayyankk aq kanggennn, usiaku bru 19 banyakk bnget cobaan,a buatku.. sering di cmx mantan, yg kadang bikin hatiiku hampiir tergoda, tp alhamdulilah sampai saat ini aku masih setia ma cowo.q… doain aku yahh mbaa.ee biar hub akuh ma cowo aq bisa langgeng sellamma.yy.. amminn AKU SAYANK DY

    • laurent bennette says:

      umurmu 19 tahun, pantes bahasanya masih alay2 gitu…
      hehheehhehehe
      piece ^_^v

      intinya, saling menjaga kepercayaan aja…….
      smua pasti lancar

  72. Any says:

    Alhamdulillah… bertambahlah pengetahuanku dari cerita para istri/calon istri seorang pelaut, begitu mengharukan! kaLian hebat.. :)

  73. Wilma says:

    Sy sdh 8 thn menikah dgn seorang pelaut bny sdh suka dukanya sy lalui dari lamanya kita punya momongan sampai mau cerai dlm usia perkawinan 3 thn,tp q bersyukur semua bisa d lalui dgn indah walau kadang dgn air mata, dgn membaca blog ini sy merasa ndak sendiri lg.semangat utk istri pelaut.

  74. Wilma says:

    Salam kenal semuanya’
    Haii mau curhat lg,skrg suamiq berlayar lg dan udah lama insyaallah bln 6 br plg.kdg saya suka pusing dengarin omongan tetangga klu pelaut bny istri krn kebetulan q tgl d lingkungan yg hny q sendiri istri pelaut.tetapi q percaya suamiq dan dia sebalikx.oh yach,sekarang kt udah punya anak jagoan kecil umur 3 thn.smg tuhan ttp menjg cinta kami’amiin.

    • nisa says:

      aamiin mbak, hihihi hebat yah, kok bisa nikah sama pelaut mbak? saya baru pacaran sama taruna pelayaran, seminggu sekali ga jarang 2-3 minggu baru bisa ketemu, :)
      kudu banyak2 belajar dari mbak wina nih :)

  75. rizqi says:

    salam kenal untk seluruh istri dan kel.pelaut . semga senantiasa dbrikan kekuatan,kemudahan dan kebahagiaan dlm sgala urusan. apa ada komunitas arisan atw majlis taklimnya untk istri pelaut? saya ada survei untk kel.pelaut ini. mhn info atw ad yg mw share sila ke maulida_soa_cech@yahoo.com terima kasih..

    • amelia says:

      aslm,,salam kenal buat semua istri pelaut,, , aku baru menikah & kemungkinan akan merasakan cerita yg sama dg tmn2 yg lain menjalin hubungan jarak jauh karena tuntutan profesi dan demi kelansungan rumahtangga kami kedepan, semoga pengorbanan ini berbuah manis

  76. yayi says:

    bagi saya suami sy adlah pelaut yg sangat bijak,klo dia cuti,biar dinegara manapun sy bersama anak2 sy disuruh nyusul…i love my husband…..

  77. tita says:

    Suamiku seorang pelaut….sudah 1bulan gak ada komunikasi…lantaran gak ada sinyal dtengah laut sana…entahlah adahal besok aku akan melaksanakan operasi caesar…kelahiran anak pertamanya..

    • qy qy says:

      sabar y mba,,smoga suaminya baik2 aja,,bayinya sehat, suatu saat aku akan mengalami hal yg sama, suamiku jg pelaut tp sekarang kami pisah kota, meski masih bisa komunikasi semua terasa berat bagiku yg baru menikah,, semoga sesama istri pelaut kita diberi kekuatan

  78. mega says:

    Sekarang aku lg pacaran sm popeye the sailorman.
    Awalnya berat bgt dtinggal berlayar selama3bulan.
    Tp alhamdulillah kapal dia ada wifi,jd walopun gak ada sinyal hp, kita msh bisa bbm-an :)
    Byk banget suka-duka pacaran sm pelaut,
    Beda kondisinya sama org yg selayaknya pacaran.
    Sedikit tips utk cewe2 yg dtinggal pergi jauh pacar demi kerjaan:
    3 S-Sabar,Setia,SKSD sm keluarga pacar.

  79. Jenongnya Ferry says:

    baca baca koment para pacar dan istri seaman bisa juga nih di ambil hikmahnya,,, kebetulan saya juga lagi dekat dengan seorang pelaut,,,awal kenal saya dengan seorang pelaut melalui YM dan berujung pada tukar tukaran no hape,,, saya sudah dekat sama dy sekitar baru 3 bulanan,, dan sekarang saya merasa sangat sayang sama dy walaupun kita belum pernah sekali pun,,, saya terima apa adanya dy,,,jujur saya juga merasa khawatir dengan judge orang,,,apalagi cerita dy saat di tengah laut atau bahkan cerita dy ketika teman teman dy turun ke darat untuk bersenang senang,, tapi Alhamdulillah selama dekat sama dy,, dy tidak seperti teman teman dy,,,namun kadang dy sering cemburu dengan saya,, mungkin karena saya di darat jadi lebih rawan tuk cari laki laki lain,,,tapi saya berusaha tuk tetap setia sama dy,,,untung nya sekarang komunikasi sudah maju,,, jadi masi kerasa deket ,,,walau terkadang saya sedih bahkan menangis,, kenapa bisa terjadi dgn saya ketika sayang sama orang tapi tdk bs dekat dengan org tersebut,, tapi saya bersabar saja,, semoga hubungan saya dengan seorang seaman bisa berlanjut sesuai dengan angan angan kita berdua….salut bgt sama para olive olive popeye…( ^ ^ )

  80. nina says:

    hai mbak2 semuanya yg berbagi pengalaman ttg pelaut :) pacarku msh calon pelaut hehe udah 1th 8bln aku pacaran sm dia, skrg dia msh masa pendidikan semester 2.. wah kalian semua wanita2 hebat! semoga dari baca2 pengalaman kalian, aku bisa memahami profesinya nanti ya dan bisa langgeng seperti kalian :)) great!

  81. punya suami pelaut memang harus memiliki kesabaran dan harus kuat iman,,bisa menahan segala na… suami kita disana berjihad berjuang mencari nafka dan berjuang untuk kebahagiaan istri dan keluarga,,,

    Aku sangat mencintai suamiku,,,dia pun pelaut,, ini takdir ilahi yg dituliskan untuk ku,,bersanding dengannya,,,,

    tanpa ada kata pacaran aku dan suami ku dulu,bertemu langsung menikah,,,
    aku dulu tak tau apa itu pelaut?buat ku dia syng serius mau kejengjang pernihakan,,itu sudah jd kemuliaan bagiku…

    pacaran setelah nikah,,sungguh sangatlah indah….^_^”

  82. nita_naka says:

    hay , salam kenal buat mbk2 yang jadi pasangan seorang pelaut
    aku salut sm xn semua…yg begtu sabr dan tabah untuk menanti sang suami/ pacar pelaut pulang.
    aku jg punya calon suami pelaut … udah 2 bulan dy berlayar line surabaya – papua, suka duka selalu bersanding dalam kisah asmara kita … tp kita punya komitmen , rasa sayang n cinta yang membuat kita bisa bertahan…
    dikala sedih, kangen , pengen bertemu dengan popeye tp blm bisa krna msh berlayar , aku hanya bisa menangis dan memandangi fotonya ajah.alhamd.tiap dy sandar disurabaya aku yg kesana untuk menemuinya….. untuk menghilangkan rasa kangen ku sm dy wlopun ibarat itungan jam saja…

    aku disini setia menunggumu kembali sayang…. i love you honey
    tak lupa setiap hbs telp kata yg selalu mengakhiri telp.tu adalah kata i love u, mmuuuuaaaaccchhhh dan dibalsnya dgn i love u too, mmuuuuuaaaacchh…tak pernah ktgglan kata2 itu agar kita ttp slg inget n romantis…hehehehe ^_^

  83. sri says:

    yang penting yakin sama allah swt ,smua orang pasti ingin bahagia menjalani kehidupan didunia ini apalagi sudah menikah dan punya anak,,,perasaaan ingin melihat buah hati tumbuh hari demi hari itu pasti ada apa lagi suami pelaut,soalnya suamiku juga seorang pelaut ,,,,mereka juga kangen seperti dengan kita,ada perasaan memendam kerinduan.so ingat mereka bekerja bukan untuk diri nya sendiri tapi untuk masa depan anak istri dirmh.allah selalu memberi yg terbaik untuk umatnya, sesuatu yg kita sukai belum tentu baik untuk kita namun sesuatu yg disukai allah swt tentu baik untuk umatnya karena allah lah yang maha tahu.

  84. numpang curhat yaah mb mb sma tantee2q…. slam knal, namaku ririn. aq sneng ada blog ini, aq jdi g ngerasa sendri,, hehehee,,,
    udah hmpir 9 bulan aq pacaran dg seorang pelayar kpal pesiar di amerika,, dn udh hmpir 7 bulan dy berlayar,, alias bru pacaran 1.5 bln udh hrus ditinggal saat2 senengnya pacaran,,
    (tapi alhamdulillah abiz ini pulang).. dpat 2 bulan vacation, walaupun singkat tpi sangat aq tunggu.

    emng harus extra dn extra sbar dlm keadaan ini,, dmna saat kita bner2 membutuhkan dy, saat kita btuh perhatian dy,, saat kita btuh tmen curhat dan dy blm bisa telp krena blm ada signal telp,, itu bner2 bkin greget tersendiri,, tapi setelah itu aku membayangkan bgaimna ntr dy dteng,, pasty berubah jdi kbhagiaan tersendiri. dan aku hanya bisa berdoa smoga dy dsna dilindungiNya, apalagi kemaren di amerika ada badai sandy,, itu udah berhasil membuat saya bner2 panik, aq bgitu takut akan keselamatan dia, tapi akhirnya dy kasih kabar bahwa keadaannya baik2 saja.

    kalau masalah kepercayaan, aq sangat percaya pada dy,, bahkan aq salut sma dy,, karena ditengah2 kesibukannya, dy msih menyempatkan diri untuk sekedar ngasih kabar ke aq,, dn aq mnta doanya yaahh pada para istri dn pacar pelaut,, agar kami bisa langgeng smpai akhir hayat,,

    semoga mb mb dan tante2 juga bisa langgeng,, percayalah mereka pasti datang untuk kita.. dan mereka banting tulang disana juga untuk kita,, untuk masa depan kita..

    thanks a lot guys..

    • aida says:

      Yah,mudah2an Allah SWT.selalu melindungi dia dr godaan syaitan yg terkutuk.mnjd istri pelaut membuat hati gak karuan pa lagi sikapnya yg mulai berubah ,kadang terbersit dlm hati apakah ada wanita lain yg lebih baik dariku sehingga perlakuannya mulai berubah.yg selalu ditanyakan n yg dia cari hanya anaknya tak pernah lagi ada basa basi atau sekedar memberi sedikit perhatian kpd q,sabar ikhlas dn setia dh q coba…namun q slalu bertanya2 apa yg buatnya berubah.kalau aq lagi ngambek sering gak angkat tlpnya.dulu2 aja dia sering usaha tuk telpon terus sampai diangkat,tapi sekarang smuanya tlah berubah.tak ada rasa kasih syg yg diberikannya untukq hingga berkata dlm benak masihkah rasa cinta ini bertahta dlm hatiku?so guys give ur support all olivers don’t know how to solve my problem.q gak tau lg gmn caranya mengembalikan sosoknya yg q kenal pertama kali.sakit hati ini melihat sikafnya yang perlakukan q sperti ini.belum lagi hobbynya yg mengalahkan segalanya.egois hanya kata itu yg ada dlm pikiranku utknya.dapatkah aq bertahan dgn semua ini.?aku gak tahu dan hanya Allah yang tau kuatkan aq,bimbing langkahku.

  85. nindya says:

    aq pacaran dng seorang pelaut sudah 7 th lamanya, sejak SMA dulu.. Hub. Qt awalnya ditentang orng tua..
    Kini dia sudah berlayar ke 2 kalinya. Kami punya rencana menikah. Dan ortu telah menyetujuinya.. Tapi kini keraguan ada di benakq.. Tak sanggup rasanya mendampingi seorang pelaut..

  86. yanirindalestari says:

    aku mengenalnya sudah 5thun
    aku kenal dia sejak SMA kelas 2
    kita sempat jadian slama 3 bulan dan dia mutusin hubungan kita dg alasan orang tuanya tak memperbolehkan dia pacaran .
    setelah lulus SMA ditahun pertama dia kembali menghubungi ku

    dia memintaku untuk kembali padanya
    saat itu dia sedang menjalani pendidikan pelayaran disemarang
    dan aku kuliah dan bekerja dijakarta

    Tahun depan dia sudah praktek layar
    sedih dengernya
    frekuensi bertemu aku dan dia saat ini hanya 3/4 bulan sekali .
    janjinya ia akan melamarku seusai praktek layar nanti
    dan ia akan menikahiku ketika kuliah ku selesai
    rindu ini sudah sangat menyiksaku
    apalagi nanti dia sudah berlayar ditengah lautan
    mungkin hanya sesekali ia memberiku kabar :(

  87. saya juga punya pacar pelaut,awal nya kita kenal di FB,dan ternyata semua itu berlanjut dari awal perkenalan dia menyakinkan saya untuk serius ,dia bekerja di kapal tangker LNG milik belanda, dan ternyata benar saja saat iya pulang ke indonesia dia langsung dengan keseriusan nya itu menemui orang tua untuk meminta izin berhubungan dengan saya…pernah dengan khilaf saya menduakan nya…dan dengan ketulusan nya…dia mampu menerima khilafan saya,.,,bahkan saat dy pulang langsung bertunangan dengan saya..saya bahagia…dan saya akan memperjuangkan hubungan saya…seperti dia yang selalu perjuangkan saya untuk selalu berada di dalam hidup nya… ;)

  88. intan says:

    Dear istri2pelaut,, sama aku jg seorang istri pelaut yg sdh jalanin selama hampir 4 th
    Sekarang sdg hamil ank ke3,, alhamdulilah semua berjaln lancarr,, walaupun setiappp saat pasti sangt rindu dgn suami setiap saat lohh ,, itulah hebatny istri pelautbs menahan gejolak rinduu,, tp qt ttp dgn kekuatan iman dan lingk yg baik,, yg penting kita mendoakan suami kita sehat selamat,, dan konsen mencari nafkah kelg, semoga kita semua mendapatkan surga dr allah swt.. amin y robb,

  89. siti juwariyah says:

    Saya juga istri pelaut sdh berjalan selama 10 tahun dan baru ini aku menemukan tempat curhatan sesama istri pelaut…saya dah baca gimana rasanya ditinggal berbulan-bulan..bahkan kadang tdk dapat sinyal tuk tlp ucapan selamat pagi atau malam. tapi selama kita memberikan kepercayaan niscaya suami tidak akan keluar dari jalur2nya. Sebagai istri pelaut harus juga tangguh setangguh suami yang berjuang di laut dan tentunya dengan doa dan iman kita

  90. anizah says:

    saya baru menikah juga dg seorang pelaut asal kaltim. sebenarnya dinesnya cm d kalimantan aja tapi kenapa ya sudah seminggu lebih tidak bisa dihubungi. hp bb semua gak ada yang aktif. saya sangat sedih mbak posisi saya ada d surabaya. apa memang iyakalau melaut pasti tidak dapat signal tapi kenapa antar kalimantan saja kok begitu lama kehilangan signalnya. please help me sedih banget.

  91. Bia Al Khansa says:

    Saya pacaran dengan kakak kelas sejak kelas 1SMA habis itu dia kuliah jurusan nautika, setelah prolla di Jepang sikapnya berubah. Habis itu kita batal menikah karena dia selingkuh dengan banyak wanita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s