brenebon sup

sama kasusnya sama klappertaart. makanan yang namanya berbau2 londo ini ga jelas aslinya ciptaan siapa. orang manado, atau orang londo :D yang pasti rasanya enak dan bikinnya juga ga terlalu susah.

sup-brenebon

jaman saya kecil dulu, sup brenebon ini termasuk kategori menu premium. biasanya hanya disajikan 2 kali dalam setahun. saat natal dan ulang tahun almarhum oma. dulu saya suka bingung kalo liat oma makan sup ini pake roti. hehehe… sekarang, biasa aja…. :D

kalau ada yang mau ngicipin, ini resepnya yaaa….

brenebon-sup

sup brenebon (sop kacang merah)

bahan:
1/4 kg iga sapi
1/4 kg tetelan sapi
300 gr kacang merah (kalo pake kacang merah yang dikeringkan, sebaiknya rendam dulu semaleman, biar waktu dimasak cepet empuk)
Daun bawang
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
Lada secukupnya
Garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
1 butir biji pala

cara bikinnya:
– Rebus air sampai mendidih. masukkan potongan daging. masak hingga daging cukup empuk (k/l 30 menitan)
– masukan kacang merah. rebus lagi hingga kacang empuk
– haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan pala. masukan dalam rebusan kacang dan daging. aduk rata
– tambahkan garam dan gula
– masak hingga daging dan kacang benar2 empuk.
– setelah empuk, masukan potongan bawang daun.
– angkat, sajikan hangat.

About these ads

27 thoughts on “brenebon sup

  1. asli mom ini sup favorit keluarga misuaku yg nenek angkatnya orang manado tapi mereka menyebutnya sop snereck…tapi berhubung aku dan icel gak suka kacang merah jadi jarang bikin…tapi setelah liat fotonya disini jadi pengen dan tambah kangen ma mertua hahhaha…tks ya

  2. wah enaaaaak….kenapa bukan ini yg dibawa wiken kemaren?hehehe….tapi rambutannya juga asik kok mbak.Thalla sampe nagih minta lagi besoknya.
    “Ramburaan merah mama…rambutan merah” gitu katanya…

  3. Yum…. hehehehe… waktu di Jkt ini juga makanan yg semua minta dimasakin kalo aku ultah or kita bikin Natalan di rumah, hehehe… dulu waktu nyokap masih ada seh makanan yg sering dimasakin, begitu nyokap udah gak ada, aku masaknyacuma di saat2 special doang… jadi kangen juga nih ama sop yg satu ini :D

  4. nuke says:

    selera sama..ini selera bojo ku..ora bosen saben setu mangan iki mbek sego…, malah2 mih nek dodolan sego mbek sop kacang abang..mesti laris…hik..hik…

    mengko tak kabari jeng..nek aku meh teko masak yooo….

  5. dian: iya nih jeng…, nguleknya sampe keringetan2… :-p

    mama icel: hehehe…, kalo gitu coba bikinin buat sang mertua jeng, biar tambah disayang… ;-)

    disa: kan ary udah bikin sup mom… hehehe… ayo dong thalla, main ke rumah bianca. mumpung masih musim rambutan nih… :D

    emaknya fee: dicobain dulu deh bu… siapa tau ntar berubah pikiran… :D

    ewoy: sssiiippp….!!!! beres lah pokoknya :D

    susy: bentar lagi kan natalan nih sus. bisa ngenalin sup ini ke si kang mas dong yaaa… :D

    nuke: oke bosss…. ditunggu yaaa…. ;-)

  6. Enak beneeeeerrrr, gue jadi pingin pulang kampung……
    Biasanya sop brenebon lebih enak pake daging B2 (maaf ya..). Soalnya aku ingat ibuku kalau bicara makanan ini. Sekalian resep rica-rica dong bu…Tks

  7. debby: betul… tapi ga enak ati postingnya. hehehe :-p

    caroline: sama sama oma gw dong… :D hehehe….

    leonardo: betul. tapi karena nyarinya susah, aku pake iga sapi saja :D
    resep rica2nya mau yangapa nih? ayam, bebek, ikan? hehehe…. entar diposting yaaa….
    btw, kalo pulang kampung jangan lupa oleh2!

  8. Hi mbak Lesca, nyontek resep sup brenebonnya ya.. Melbourne mulai dingin jadi harus masak aneka sup/soto dan kebetulan punya kaki babi dan kacang merah kalengan.. kisses buat anak-anak yang super duper cute… Tuhan berkati mbak dan keluarga… :-)

    • silakan jeng….
      dingin2 makan sup brenebon emang pas banget ;-)
      rempah2 palanya bisa bikin rileks dan ngantuk juga… hhehehe :D
      makasih dah mampir yaaa…
      GBU too!

    • sebenernya kuah sup brenebon emang ga terlalu kental, tapi pekat. hehehe…, sama aja ya? :-P
      yang bikin kuahnya pekat adalah sumsum dari tulang iga, bumbu yang dihaluskan sama kecang merahnya.
      mungkin ngerebus kacang merahnya kurang lama. biasanya sampe kacangnya benar2 empuk dan agak2 hancur gitu.

  9. tatit says:

    hmmmm…….my fave menu…..
    suka beli di resto manado, sering coba bikin tapi resepnya kira2, tentunya gak seenak kalo beli :(
    ok, besok mau coba nih resep deh…..

  10. sanny says:

    tambahin cengkeh.. kalo dirumah palanya biasanya nga di haluskan tapi cuma di hancurin.. cobain deh… kalo dagingnya pake babi semakin banyak lemak(tawa kalo bhs mdo) makin enak..hehhehehhe

  11. Emily says:

    Bener tuh harus pake cengkeh biar lebih sedap & wangi dan otentik versi Manado. Biar lebih afdol & wangi serta gurih, itu bumbu2 halusnya ditumis dulu pake sedikit minyak goreng atau mentega, baru dimasukin ke kuahnya. Selain bawang merah & putih, pake bawang bombay cincang & tumis bareng. Harus tambahkan daun seledri selain daun bawang biar lebih afdol.

  12. Radin says:

    Mungkin itu adalah pengadilan dari kaum Indo-eropa. Kaum Indo-eropa adalah anak-anak dari orang Asia dan Portugis dicampur dengan orang Indonesia dan Eropa lainnya. Sebagian besar telah pergi ke Belanda setelah kemerdekaan.
    Panada, Ayam Kodok dan Kismis Ayam mungkin datang dari dapur mereka juga

  13. meiti says:

    wahh…mau coba ahh…tp kalo pakai cengkeh..cengkehnya berapa biji..n..diapain..diulek..? atau utuh aja..? nanti kemakan gimana..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s