sop kambing bening

bukannya ga mau bikin sop kambing yang bumbu2nya super lengkap. tapi hari ini, nyari bawang merah sama bawang putih di warung aja susah. ga tau nih, lagi musim orang2 mborong bumbu kali ya?

tapi karena udah terlanjur kepengen makan sop kambing, jadi yaaa…., kita coba bikin pake bumbu2 seadanya aja deh…

yang penting, harus enaaakkkk…. :D

sop-kambing

Ingredients:
1/5 kg daging kambing
1/5 kg daging kambing campur tulang (hehehe…, apa ya namanya?)
k/l 1 liter air
3 btg wortel, potong2
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
k/l 3 cm jahe
k/l 5 cm kayu manis
5 butir cengkeh
1 butir pala, geprek
1 butir tomat
bawang daun dan seledri secukupnya
garam, lada bubuk, merica bubuk dan gula putih secukupnya
bawang goreng untuk taburan.

Directions:
- rebus daging kambing yag sudah dipotong2 dan dicuci bersih. tambahkan garam dan jahe yang sudah digeprek
- haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum
- masukan tumisan bawang ke dalam sop.
- masukan potongan wortel
- tambahkan cengkeh, kayu manis, pala
- sesudah daging empuk dan sup matang, tambahkan irisan bawang daun.
- angkat.
- potong2 tomat dan iris halus daun seledri.
- masukan potongan tomat dan irisan seledri saat sop mau disajikan
- taburi dengan bawang goreng.

About these ads

20 thoughts on “sop kambing bening

  1. lisa: harga belum termasuk ongkos kirim ya… ;-)

    emaknya fee: adduuuhhhh…, sayang sekali. padahal bagian terenaknya ada di daging si embek itu jeng… :(

    larisa: hehehehe…, samaan sama emaknya fee dong ya…? padahal enak lhi jeng :D

    dian: whoahahahaha…., entar dimarahin idi amin! :-))
    eh, tapi kalau anak bujang kayaknya dagingnya masih empuk ya? :-P
    hhmmm…, butek ya?
    pas masak ka ketetesan keringet atau apa gitu ya? :-P
    hehehe…, cobain palanya ga usah dihalusin. cukup digeprek aja.

    • chicie says:

      ibu mau tanya nih, untuk memasak daging kambing apakah harus dicuci atau tidak,…kata orang2 jgn dicuci karena klo dicuci pake air baunya kambingnya menyebar. apakah ini mitor atau bukan,..padahal klo tidak dicuci dagingnya jadi kotor,…tks infonya

      • chicie, daging kambing itu kalau dicuci memang bau perengusnya cenderung tambah kuat. tapi kalau memang dagingnya kotor, biasanya saya cuci juga, tapi ga berulang2.

  2. Nyoen says:

    air rebusan pertamanya gak dibuang ya? cuci bersih langung kasih air rebusan untuk kuah gitu? gak brenguskah?
    Niwey thanks ya…fotonya menggugah banget nih :p

    ———> kalau aku airnya ga aku buang dulu. langsung dipake buat kuahnya aja. menurutku sih baunya ga perengus, tapi khas baunya daging kambing. wich is enak menurutku… heheheh… :-P

    tips aja, biar daging sapi ga bau perengus:
    - daging kambing jangan sering2 bersentuhan dengan air. cuci 1 kali aja, pas mau diolah. makin sering dicuci bau perengusnya malah akan semakin kuat.
    - lumuri daging dengan sir jeruk limau/jeruk nipis.
    - gunakan berbagai bumbu rempah. kayak merica, cengkeh dan kayu manis. rempah2 itu bisa menghilangkan/mengurangi bau perengus daging kambing.

    selamat mencoba yaaa….. ;-)

  3. jackie says:

    mbak… dagingnya biar tetep wrn nya merah gitu gmana ya??? aduuuuhhh enak bgt kayaknya. seger ya,pengen nyobain ,tp maunya mirip seperti ini. ueeeennnnnaaakkkk…

    ——-> biar warnanya merah, pilih daging kambing muda yang bener2 masih seger. terus ngerebusnya harus langsung dalam air mendidih, jadi panaskan dulu airnya sampai mendidih, baru cemplungin potongan daging kambingnya.
    selamat mencoba yaaa….. dan jangan salahkan aku kalao entar ketagihan… hehehehe… :D

    dan terima kasih udah mampir ke sini ;-)

  4. Ratih S Koesoemodipoero says:

    Salam kenal,
    lagi pengen nyoba bikin sop kambing nemu resep ini..kalau ngrebusnya pake panci presto gmn ya..kan masuk dalam air dingin. Apa cengkeh, merica, kayu manis, pala dan jahe masuk sekalian?

    • hai ratih,
      pake panci presto juga bisa. kalau saya biasanya dagingnya dipresto dulu, setelah itu lanjut dimasak pake panci biasa. bumbu2 dimasukan saat daging dimasak dengan panci biasa. tapi saya rasa, kalau mau dimasukan sekalian dalam panci presto juga bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s