anak susah makan

kalau ngomongin soal anak yang susah makan, rasanya saya berani pamer, kalau saya lumayan kenyang sama pengalaman ngadapin anak yang susah makan.

waktu kecil, kalau ga salah mulai umur 1,5 tahunan, bianca punya nafsu makan yang jeleeekkkk sekali. walaupun jaman segitu saya masih ngantor dan bianca dipegang sama pengasuhnya, tapi saya tau persis gimana beratnya perjuangan ngasih makan bianca.

selain nafsu makannya yang kurang bagus, bianca juga termasuk anak yang picky banget kalau soal makanan. kalau ngeliat makanan yang bentuk, warna atau aromanya ga sesuai dengan hati, boro2 aja deh dia mau ngicipin.

bekal makanan yang dibawa bianca ke sekolah ga pernah abis. ga jarang malah pulang utuh! saking terobsesinya saya pengen ngeliat kotak bekalnya pulang dalam keadaan kosong, saya pernah bawain bianca bekal sekolah kacang atom/sukro dan kerupuk udang yang bentuknya panjang2 kayak french fries. dan buat memastikan berapa banyak yang dia makan, saya itung jumlah kacang dan kerupuk yang dia bawa. dari 20 butir kacang atom yang dibawa, 18 butir pulang dengan sukses. itu pun saya ga tau, yang 2 butir lagi dia makan atau ngegludung di kolong meja :( sementara kerupuk udang nasibnya masih lebih bagus. dari 20 potong, sisa 17 :D

saya sebenernya ga begitu suka ngeliat anak2 yang disuapin sambil jalan2 di luar rumah. menurut saya kurang higienis. tapi kalau cara itu bisa bikin bianca makan, saya ga keberatan. apa aja, asal bianca mau makan.

ga tau udah berapa puluh macam vitamin dan suplemen penambah nafsu makan yang pernah saya coba. dari yang dibeli pake resep dokter, sampe yang saya dapet dari referensi iklan di TV. dari yang harganya 3500 perak sampe yang harganya ratusan ribu. yang penting bianca mau makan.

mencoba buat memodifikasi jenis dan bentuk makanan juga udah bolak balik saya coba. jaman segitu, ampir tiap hari saya browsing cari ide. walaupun beberapa dari ide itu malah bikin saya pusing sendiri… :-P usaha… usaha… usaha…, biar bianca mau makan.

pengobatan alternatif juga pernah saya coba. caranya dengan diurut dan dikasih campuran beberapa sari buah dan sayur. anehnya, setelah ikut terapi ini, sepupunya bianca yang sama2 berobat di sana nafsu makannya langsung membaik. bianca? teteeeeppp… aja susah makan. mboknya sampe nyaris putus asa :(

entah berapa kali saya bawa bianca jalan2 ke carrefour. sengaja saya ajak dia buat ngetem di bagian yang memajang berbagai macam snack. harapannya, kalau liat bentuk yang lucu2 dan kemasan yang warna warni dia jadi nafsu pengen nyoba. tapi lagi2 saya dibikin gigit jari.

“bi, mau jajanan apa?”

“ga usah ah, bu…”

“yang ini enak lho… yang ini juga. bianca ga mau nyoba yang ini? ini gambarnya bagus… ada bentuk kelinci dan dinosaurus nya juga lho…”

“ya udah deh, tapi 1 aja ya bu…”

segala teori tentang gizi seimbang dan food combining terpaksa saya lupain. saya udah ga milih2 lagi. pokoknya bianca mau makan.

kalau kebetulan kami jalan dan makan di luar, terus bianca keliatan suka dengan menu makanan yang dia pesan. maka, kami akan berusaha untuk sesegera mungkin balik lagi ke situ. memesan makanan yang sama. tapiii…, biasanya cuma berhasil 1-2 kali aja…. :(

karena makannya yang susah banget itu, badan bianca juga jadinya immuuutttt… banget. sampe umur 2 tahun beratnya cuman 11 kilo. baju dan sepatunya juga jarang banget ganti ukuran. saya inget betul, ada beberapa bajunya bianca yang bisa bertahan sampai 2-3 tahun. kontradiktif banget sama ibu bapaknya yang dari hari kehari semakin melar. tiap kalai beli baju baru, selalu aja terpaksa ganti size :-P

terus, akhirnya apa yang saya lakukan? yaaa…, terpaksa ikutin arus aja. udah ga tau lagi mesti gimana :-P

puji tuhan, semua berubah sejak bianca mulai masuk SD. perlahan2, nafsu makannya membaik. makanan yang disajikan di rumah mulai sering kurang. kotak bekalnya juga sudah sering pulang dalam keadaan kosong. malah belakangan ini, saya seing sekali denger bianca bilang: “bu, aku laper…”

ga di rumah, ga di jalan, ga di rumah orang, pokoknya kalau udah berasa laper, bianca pasti langsung minta makan. walaupun masih sedikit picky, tapi sekarang jenis dan menu makanan yang mau dia santap udah jauh lebih banyak. dalam beberapa minggu ini saya denger beberapa komentar orang yang bilang kalau bianca keliatan agak gemukan sekarang. aduuuhhh…, senangnyaaa…… :D

jadi, buat temen2 yang anaknya susah makan juga, jangan cepat putus asa, apalagi sampe mau bunuh diri. sabar. semua ada waktunya. dan sementara menunggu waktu itu tiba, banyak2 lah berdoa :D

ok, good luck! selamat berjuang!!

About these ads

57 thoughts on “anak susah makan

  1. ternyata berat juga ya perjuangannya… emang untuk kasus anak susah makan ini bisa bikin ibunya jadi susah makan juga karena mikirin anaknya, belom lagi ditambah selentingan dari kanan kiri yg bikin tambah geregetan…

    ayo bianca makan yg banyak ya, makan itu enak loh ;p

    • bener banget mam….omongan orang emang suka menyakitkan. dulu aku punya tetangga yang bilang gini: “eh mbak…., aku pikir bianca itu anak autis…”

      kalau ga sabar rasanya pengen nutup mulut orang itu pake sendal jepit… :-P

    • anakku justru cuma minum susu, maemnya makanan kecil kayak kerupuk, keripik, tahu, tempe, dikasih vitamin apa aj g ngefek, kalu disuapin mulutnya dikunci rapat2, kadang justru lari g mau disuapin… jadi stress…. ak cuma bisa menunggu kapan anakku mau makan kayak anak2 lain? sambil berdoa semoga suatu saat anakku mau makan…

  2. gak nmyampe bunuh diri kok,bu.ntar sapa yang masakin….kadang mumet juga nih mba…nyari menu buat gaby,,,biar dia gak bosen makan soup melulu.tapi kata oma gaby suka yang pake kuah,jadi ya soup terus,smpe yang masakin aja dah klenger liatin soupnya

    • hhhmmm…, kebetulan aku belum pernah ngalamin jeng. secara anak2ku tidurnya gampang2. mungkin turunan dari emaknya :-P

      biasanya aku kelonin mereka sampe tidur. tapi begitu mereka tidur, pelan2 ditinggalin. kalau udah pules sih biasanya mereka ga bangun lagi…

  3. aku masih berjuang nih mbak… fino kayak bianca juga ternyata.. sekarang bekel ke sekolah jaraaaaaaang banget abis. sukur2 dimakan :((

    • sabar ya mom…. untuk segala sesuatu ada waktunya. :D
      semoga nafsu makannya fino segera membaik yaaa…
      sementara itu, gimana kalau kita bikin persekutuan doa dulu? hehehehe… :D

      • anggotanya cuman 2 keluarga ? :D

        ———–> sebagai awal mungkin :D tapi percayalah…., kita akan menjadi kelompok yang besar… hehehe :D

    • hehehe…., emang harus sabar jeng. cuman pengalamanku mendingan ga usah dipaksain. ntar anaknya senewen, emaknya juga…. :D
      semoga Thalla segera mau makan lagi yaaa…

  4. waktu jaman susah makan itu, dia lapar gak sih, jeng kalo gak makan?

    ponakan2xku dulu juga sama. kadang ya dikejar kejar ama ibunya atau baby sitter cuma buat nyuap. suamiku pas liat kaget hwhaha lbh kaget lg waktu kerumah sakit, dia meliat banyak2x anak2x laen yg makannya kayak gitu. dia blg kalo anak dia kayak gitu, bakalan didudukin di kursi yg tinggi biar gak bisa turun :D and terpaksa makan. atau, gak mau makan ya udah, kt dia. ntar lapar minta makan sendiri.

    • itulah hebatnya anak2 itu. walaupun ga makan, keliatannya mereka ga laper sama sekali…

      kalau anak2 bule ga gitu ya?
      tapi aku juga setuju. kalau anak udah bener2 ga mau makan, mendingan didiemin dulu aja. biasanya kalau mereka laper bakalan pada nyari makanan juga… :D
      tapi biasalah, namanya ibu2, suka takut anaknya masuk angin… ;-)

  5. keliatannya problem susah makan itu kayak hal biasaaaaa gitu ya.., tapi kalo ngalamin sendiri rasanya mumet juga…, pertama sih sok coool ..lah ah..anak kecil mah biasa…, trus sampe bisa tahan sehari ngga makan nasi cuma seclumit..makanan yg ngga jelas….wah jeeeng rasanya rungseb juga perasaan mikirin nya..

    Sampe sekarang Gifta masih susah..aku masih dalam kondisi pasrah…kalo dia cuma makan roti 1 slice trus siang..nasi seclumit..sama cumi2 thok.., ato yg lain..yg penting susu fresh 3 gelas ngga boleh ketinggalan..

    masih terus berharap dia bilang …”mam pengen makan nasi pake ayam rica deh…” :-)

  6. yup..setujuh makin dipaksa makin melarikan diri…jadi kudu pinter mensiasati, walau sedikit yg penting masuk makanan..*ygjugalagiberjuangsupayadedemaemnyaradabanyakanbiarbisagendutbareng:P*

  7. aduh …………mba, aku pernah merasa amat sangat berdosa sama si rara karna saking emosinya pernah aku cubit abis…makan kok susaaaaaaaaaaaaah bgt ya diemut ntar dilepeh atw ada aja yg dikerjaiinnya….sekarang aku pasrah…mau makan sedikit ya udah yang penting makan,…mau makan banyak alhamdulillah……tapi masih bingung bgt apa yang bisa bikin anak makan hap hap hap…..

    ——> mungkin ini saran udah klise banget. tapi udah nyoba dikasih vitamin & obat penambah nafsu makan? kadang, bikin makanan yang dihias cantik juga membantu menaikan nafsu makan. kalau mau liat beberapa contohnya bisa mampir ke sini.
    kalau saya emang biasanya ga terlalu maksa. kalau kira2 anaknya lagi ga mood makan, biarin dulu aja sebentar. beberapa jam kemudian, baru coba ditawarin lagi.
    sekali2 biasa juga anaknya diajak nyiapin/bikin/masak makanannya sendiri. biasanya mereka suka penasaran pengen nyoba :d

    semoga berhasil yaaa…

    btw, makasih banget udah mampir ke sini ya jeng… :D
    have a wonderful day ;-)

  8. Dear Mom,

    Kok nasib kita sama bgt seperti di cerita mom…bedanya anak ku masih 1 tahun 7 bulan jadi aku masih stress luar biasa dia ga mau makan…hanya susu yang utama…
    Masalah ga sich susu doank?Ada rasa ke kwatiran dia ga akan naik BB dan Tinggi nya…walopun ga makan tapi radhit tetap punya tenaga yg kuat dan lincah..
    Tp ya ittu kembali lagi krn ga mau makan buat kerja juga ga tenang..

    —–> saya tau banget rasanya jeng…
    tiap orang tua pasti kawatir kalau anaknya ga mau makan. kalau menurut dsa anakku, yang penting pasokan kalorinya. selama pasokan kalorinya (dari susu) masih cukup, insyaallah mereka akan baik2 saja. tapi tentunya kita tetep harus cari cara dan berjuang buat memperbaiki nafsu makan mereka.
    udah nyoba trik membiarkan mereka makan sendiri mom?
    it works with me. walaupun jumlah makanan yang masuk ke perutnya masih lebih sedikit ketimbang yang berhamburan di meja dan lantai, tapi at least, mereka makan sesuatu.
    ok, tetap semangat yaaa…!!!!

  9. wah ternyata temen senasib seperjuanganku banyak jg yaaa,evand anakku umur 3th jg susah maem drpd aku stres aku diemin aja,ternyata begitu laper dia minta ‘mah lapeeer…’ aduh bahagia bgt rasanya biarpun cuma 5suap ga papalah hehehe ntar yg ngabisin biar mamahnya wae

    • emang tricky ngadepin anak susah makan ya mom…
      susah2 gampang. banyakan susahnya dari pada gampangnya. hehehe… :D

      selama kebutuhan kalorinya masih cukup (dari susu misalnya), berarti masih oke.

      semoga nafsu makannya evand segera membaik yaaa…. ;-)

  10. thx ya mama bi,stlh baca pengalaman mama bi aku skrng nyantai ajalah tp teteep usaha tp ga sengotot kmrn2,hari ini makannya sama aja jeng mengecewakan..cepe deh…dulu wktu 3 thn bianca susunya apaan mbak?
    btw bianca dah punya adek blm trus troublenya sama kaya kakak bi ga?
    aku trauma nih

    • emang harus sabar ngadepin anak susah makan ya bu…
      susah2 gampang. dan kadang bikin senewen.
      pokoknya tetap semangat, dan jangan pernah menyerah… :D

      waktu umur 3 tahun bianca minum susu procal kalau malem dan pediasure kalau siang.

      aku emang punya kebiasaan rada aneh, tiap setahun sekali susunya anak2 aku ganti. kenapa? ga tau… :-P iseng aja… hehehehe…

      bianca sekarang punya 2 orang adek laki2. yang satu selesih 4 tahun, yang satunya selisih umur 6 tahun sama bianca. puji tuhan 2 orang adeknya punya nafsu makan yang jauh lebih baik. benaia, anakku yang nomor 2 malah sempet hampir obesitas waktu masih bayi. tapi setelah umur 2 tahun dan mulai sekolah berat badannya turun sendiri, dan sekarang sudah terhitung proporsional. bianca sendiri nafsu makannya baru membaik setelah dia umur 6 tahun, pas masuk SD.

      pokoknya, tetap semangat ya bu….
      good luck! ;-)

  11. hemmm…q skr lagi ngalamin nih…anakku 1,3 tahun…susah banget makannya….ampe pusing gmna caranya spya mau makan…saat ini lgi susah banget makannya….gerald maunya makan sendiri..itupun cuma dimainin aja…ampe semuannya berhanburan dimeja & lantai…senewen juga rasanya….makannya sedikit tpi untungan masih mau ASI…tapi yg buat pusing, q kan siang gak ada dirumah…jadi yah pasrah aja…gak tau lg mau gmn…apa karena lg mau tumbuh gigi lagi yah ?

  12. Medina jg nafsu makannya jelek bgt..umurnya mau satu thn tp BB nya cuma 7 kg..pdhl udah nyobain sgala macam cara kya mba..
    Ngerasa jd ibu yg ga becus,ga bs ngurus anak..huhu

  13. Pengalaman mama bi bikin aku sedikit adem, selama ini bingung ngadepin hafizh, 3th 5bln, yg ga pernah mau mkn nasi. Porsi makanan berat yg masuk ke perutnya jauh dari porsi anak2 lainnya. Tiap wktu mkn dia hy mau mkn ayam goreng tepung atau 1slice roti tawar. Susulah yg memenuhi kebutuhan kalorinya. Gimana kl terus begitu sampai dia besar. Bentar lagi dia msuk TK, aku berharap dia bisa spt bianca, yg sudah bisa bilang lapar..

  14. ternyata gua ngak sendiri…… anakku super duper susah makan juga… makan saja bisa 2-3 jam dimut saja dalam mulut… suruh kunyah cuman dikunyah pas kita lihat, kalo mata kita sedikit ngak waspada saja, mulutnya lsh diam lagi…. pas disuruh kunyah juga kunyahnya malas2 gitu…. hiks..hiks…. abis itu parahnya… seringnya sudah tinggal 2 suap perjuangan selesai….dia muntahin lagi semuanya keluar….. huhuhuuuuuuhuhuhuuhuhuu…benar2 penderitaan seorang ibu yang sangat luar biasa.
    sudah coba berbagai macam cara, sampai gonta ganti menu… sampai gonta ganti mbak juga… karena ngak ada yang tahan suapin dia makan……

  15. hmmm ternyata ada yg sama dengan anakku ya mbak…ssh makannya g kira2..total wkt 1 tahun,bs dihitung mw mknnya plng 4 bulan..sisanya ada yg mogok total,ada yg sakit,ada yg cm sedikit..alhasil bbnya pun tetap naik..trn,naek trn…hampir smua merk vit aq coba dr yg murah smp mahal..dan dtmbh bantuan bbrp dkter anak n psikolog,tetep aja nafsu mknnya g berubah.yg bikin jengkel itu kl liat mknnan ato br dtawari,mimik mukanya mnunjukkan rasa mual…waduh super bingung..sebelnya lg anakku kuat 2minggu g mkn nasi ato yg berat2..cm air pth,susu uht,dan sedikit sekali makanan ringan yg aq pkr g ada nilai gizinya….hmmmm mudah2an aq bs mndapat keajaiban dr allah swt spy anakku g ssh makan lagi…..n pgn dgr kata2 maaaaa….aq lapar,pgn makan…itu adalah kata2 terindah yg plng ingi aq dgr heheheeee


    ——–> sabar ya bu…. yakin aja deh, suatu hari pasti nafsu makannya bakalan membaik. ammmiiiiinnnnn…. siap2 aja latihan masaknya dari sekarang. ;-)

  16. Lesca , moga2 si kelvin maemnya juga membaik kayak Bianca ya , yang jelas aku tetep berharap suatu saat maemnya dia membaik , biar dia tumbuh normal dan gak paling imut sendiri di klas ..

    thanks say dah di kasih link postingan ini , jd lebih semangat dan sabar ngadepin si tengil mungilku kelvin :)

  17. Haduh…agak sdkt lega baca ini. Anakku skrg mau 1th,tp mulai dr 8 bln makannya mulai susah.makin kesini malah makin susah.pdhl dulunya gampang ň semua mau.
    Skrg aku bener2 pusing,sgala macem cara kyk moms diatas cb gak berhasil bikin dia makan, yg ada malah brantem. Kl samasekali gak ada yg masuk,aku suka jejelin ke mulutnya,tp dia sukses nangis jejeritan, yg akhirnya bikin aku takut nanti dia malah trauma makan.belom lg kl trs makanannya dilepeh,rasanya keseeeellll minta ampun.
    ASI aja deh yg dia gak pernah nolak,malah minta mlulu semenjak aku brenti kerja.
    Yg aku pgn tanya,bener gak laper apa ya anak2 itu mbak les?emang msh lincah2 aja sey,gak mo diem malah.
    Bianca beneran mbak bs tahan 2 minggu gak makan bener?

    Moms,ada yg pernah cb ke klinik picky eaters di benhil gak?info dunk.

    Mbak les,boleh gak aku minta emailnya meisca mommy nya medina? Thx yaa.

    • hehehe…, sabar ya bu…
      aku tau banget rasanya. tapi sabar aja. sambil terus diusahakan supaya mereka mau makan. tapi kalau menurut pengalamanku, cara2 kekerasan yang rada2 maksa itu emang biasanya ga membuahkan hasil :(
      menurut dokter anakku, selama asupan kalorinya mencukupi, anak2 itu emang ga akan kelaparan. asupan kalorinya mayoritas emang berasal dari susu/asi yang dia konsumsi.
      bianca kadang emang sampai berhari ga makan nasi. tapi walaupun cuman sedikit, tentu saja ada kalori yang masuk. entah itu dari susu atau pun dari camilan yang lain. tapi tentu saja kalau asupan kalorinya pas2an, anak juga jadi kurang sehat.

      kebetulan aku belum tau banyak tentang klinik picky eaters itu, cuman pernah denger aja.
      kayaknya seru juga kalau dicoba ya?

      nanti aku coba kontak mommy-nya medina yaa…

      ok, mom… good luck yaaa… and stay happy! ;-)

  18. HAMPIR SAMA NI KASUSNYA SEPERTI ANAKU WILLY 3 THN ,KALAU LG NAPSU PUN MAKAN NYA SAYURAN DAN BUAH TETEP SUSAH JD KU AKALIN PAKE VEGEBLEND JUNIOR KU CAMPUR DGN SUSUNYA DAN BUAVITA MAU JD AGAK MENDING TAPI KALAU LG KAMBUH BISA 6 HARI GA MAKAN KADANG KU TANBDAI DI KLENDER BERAPA HARI MOGOK MKN NYA ,EMANG TU ANAK LINCAH TAPI SUKA DI BARENGI MUNTAH YG BERULANG ULANG SUKA KASIAN LIHATNYA HAMPIR TIAP HARI MUNTAH KADANG SUSUNYA YG KELUAR LG KADANG MAKANAN YG MSKNYA YG KELUAR LG JD TAMBAH STRESS AKUNYA.APA MUNGKIN ANAK KECIL MAAG SAMPE SEKARANG AKU BLM SEMPAT KE DR SPECIALIS ,EH TIBA TIBA BIAS LAGI MAU MAKAN MESKIPUN MAKAN NYA PAGI MKN SORE ENGGA ATAU KEBALIKAN NYA ,KALAU SUSU TETEP MSK .SAMPE SEKARANG AKU MSH BINGUNG KENAPA APA ADA MASALAH DGN PENCERNAANYA PDHL OBAT MUAL DARI DR SUKA KU KASIH KALAU LG KAMBUH MOGOK MKN NYA.

  19. HAMPIR SAMA NI ….KASUSNYA SEPERTI ANAKU WILLY 3 THN BB NYA 12 KG LEBIH.KALAU LG NAPSU PUN MAKAN NYA SAYURAN DAN BUAH TETEP SUSAH ,JD KU AKALIN PAKE VEGEBLEND JUNIOR KU CAMPUR DGN SUSUNYA DAN BUAVITA MAU JD AGAK MENDING TAPI KALAU LG KAMBUH BISA 6 HARI GA MAKAN KADANG KU TANDAI DI KLENDER BERAPA HARI MOGOK MKN NYA ,……….EMANG TU ANAK LINCAH TAPI SUKA DI BARENGI MUNTH YG BERULANG ULANG SUKA KASIAN LIHATNYA HAMPIR TIAP HARI MUNTAH KADANG SUSUNYA YG KELUAR LG KADANG MAKANAN YG MSKNYA YG KELUAR LG. JD TAMBAH STRESS AKUNYA.APA MUNGKIN ANAK KECIL MAAG SAMPE SEKARANG AKU BLM SEMPAT KE DR SPECIALIS ,EH TIBA TIBA BIAS LAGI MAU MAKAN MESKIPUN MAKAN NYA PAGI MKN SORE ENGGA ATAU KEBALIKAN NYA ,KALAU SUSU TETEP MSK .SAMPE SEKARANG AKU MSH BINGUNG KENAPA APA ADA MASALAH DGN PENCERNAANYA PDHL OBAT MUAL DARI Dr.SUKA KU KASIH KALAU LG KAMBUH MOGOK MKN NYA. MUNGKIN JENG LESCA BISA NGASIH MASUKAN NIH ……TRIM’S …. SALAM BUAT BIANCA

  20. mb anakku juga susah makan .ahh ini bikin aku menderita..
    lha gimana ngg? klo tiap hari musti nyabarin hati ngeliat makanan di emut sampe berjam2.pusingg.akhirnya aku kasih susu aja yg banyak.lha gimana lagi..?paling sedih liat baby klo jadi kurus.alhamdulillah sekarang udah 11 kg lebih usia 1 th an.tp makan ya tetap samaa.di emuuut.kasih vit apa y?biar makan lahap gituuu.smua jenis makanan aq dah cobain.dari masak sendiri ampe seisi supermarket mkn baby dah di cobain…beluuum berhasill…gimana nih?

  21. wah sis…rasanya terhibur deh baca blog ini.. secara anakku juga tipe2 picky eater. makannya sich mau, tapi milih2 & sedikit2,jadi kayak nyicip2 doank. cuma kan bete juga udah dimasakin cape2 eeh..cuma makan sedikit..
    yang paling bikin bete lagi tuh karena anakku ASI-X, dia jadi ga mau minum susu formula, nah..skarang kan dia udah 1 tahun 7 bulan, aku mau sapih,tapi karena dia ga mau minum su-for akhirnya aku kasi susu ultra kotak (mau sich yang itu..)
    sedihnya lagi suami & mertua sepertinya menyalahkan aku yang dari dulu gak mau kasi sufor ke anakku dan sekarang anakku jadi keliatan kurus.
    kalau di-total sich memang makan nasinya sedikit, karena anakku lebih banyak makan cemilan (yogurt,biskuit,coklat/es krim), tapi tetap aja yang sebaiknya kan harus makan nasi toh..
    hix..hix.. aku juga skarang lagi masih berusaha terus nich
    thanks ya..

  22. Untuk Mom semuanya…
    Kata sama, mempunyai anak yang susah makan, dan gak tau mau sampai kapan anak kita bisa menyantap makanannya sendiri dengan lahap dan kalau bisa nambah.
    Tapi aku yakin, sesuatu yang indah pasti datang tepat pada waktunya. Anak kita pasti mau makan yang bergizi dengan porsi banyak.
    Sampai sekarang, saya belum punya solusi untuk masalah makan anak. Stress pasti!!!Tapi sudah menjadi kewajiban seorang ibu untuk mengasuh anaknya dengan baikkanan dan buah jadi satu (biasanya:Nasi, bermacam” sayur, ik, khususnya asusap gizi.
    Makanya, Kadi (nama anak saya, 10 bulan) meskipun gak mau makan, saya tetep mbuatin makanan dengan nilai gizi yang baik. saking gak pengin liat anak kurang kandungan gizinya, kadang saya mencampurkan bahan maan, susu kedelai, dan jus jeruk semuanya jadi satu). Tapi aku bikin dalam porsi sedikit. Total keseluruhan bahan tadi, hanya jadi 3 sendok makan saja. Selain itu, aku selalu menyajikan makanan baru (selesai masak langsung disuapkan ke anak). Biarlah…tenaga harus ekstra dan gas cepet habis (lagi, lagi demi anak).
    Aku juga gak pernah ngasih KAdi makanan yang tidak ada nilai gizinya (ex:kerupuk) ataupun makanan pasaran yang ceritanya ada nilai gizi (ex:biskuit, roti, es krim, dll). Aku cuma sedia biskuit khusus balita, itu saja jarang aku kasih. Intinya, karena anakku susah makan, ketika dia makan harus yang berkwalitas dan dibawah pengawasan aku. Jadi bisa dengan mudah kita kontrol gizinya.
    Selain itu, jangan sekali-kali memaksa anak makan, toh nantinya ketika dia lapar, pasti bakal ngasih kode ke kita untuk dibuatin makanan dan disuapin. Sering lho..KAdi minta disuapin jam 10 malem, dan saya harus siap (paling, saya suapin buah seperti alpukat atau pisang).
    Selalu sediakan buah dirumah. dan jangan menyerah jika anak tidak mau makan. Yang paling penting, berikan pujian kepada anak, meski hanya mau makan sesuap makan yang sudah kita buat untuknya.
    Salam…

  23. makasih banget… trnyata ada bnyk yg sprti aku n anakku timy yang 1 thn 5 bln n BBnya 12kg, susah bnget mknnya. Kalau saya makan, ada 3 sendok teh masuk nasi ke mulutnya, Kentang goreng, roti, jus buah n cemilan ntah berapa suap masuk ke mulutnya, slebihnya trbuang percuma…mau nangis aja liatnya. Kita makan dianya tdk. Di paksa mkn n saya marahin tidah merubah tangisnya yg smakin kencang, saya takut tenggorokan n perutnya bermasalh kalau keseringan nangis. Terpaksa susu jd andalan asupan mkn n gizinya, apa tdk berbahaya bagi tubuh n perkembangan kesehatan tubuh n otaknya…??? mana timy lincah banget.

    • hai imelda,
      itulah hebatnya susu :D
      susu mampu memenuhi hampir semua kebutuhan nutrisi anak.
      makanya ada semboyan: 4 sehat 5 sempurna ya… :)

      yang sabar yaa…
      tetap berjuang dan jangan pernah patah semangat :D
      sharing-nya jeng EVA pasti bisa bermanfaat juga yaa…
      salam buat Timy yaa…
      sehat terus, dan tambah pinter! amin :)

  24. iya ni sya jga kadang bingung sma si adek faiz koq susah banget maemnya,kadang saya gak enak sma komentar mertua sering banding2kan cucunya.tp hrus gimana lg sgala usaha uda sya lakukan,sampai2 sya ksel sendiri.maunya maem permen ama wafer,mana giginya uda item semua.mga aja masalah ini cpt berlalu ya.

  25. Wah..sama dg anaku, mulai 9 bulan kena panas hbs imunisasi campak nafsu makannya memburuk. Kalau makan lama bgt, kepalanya hrs dpegangin, tp lumayan walau sdikit bs hbs.Mulai 1th lbh dkit tmbah jelek, mlh diemut, pdhl gigi udah banyak.1th 4bl smpai skrg 1th 7bl makin parah, dah diemut, udah lembut malah dilepehin, kdg sngaja dilepehin kyak buat mainan lucu2an.Udah gede makan yg brhasil masuk perut cm dkit.skrg beratnya cm 10,5 kg, tp lincahnya minta ampun….
    Awal2 dulu sempat bkin stress, sgala mcam cara udah dicoba, tp lama2 terserahlah kalau dia mau nelan ya alhamdulillah, kalau dilepehin ya sudahlah, dimarahin, disabar2in kyaknya jg percuma.
    Yg kdg tmbah bkin stres omongan kiri kanan, pikirnya anaknya gk diurusin.
    Tp kalau nunggu nafsu makannya sampai msuk SD, aduuuuuh……hiks,hiks……

  26. alhamdulillaaahhh…hatiku terobati membaca blog ini.. sidah hampir seminggu ini danish ku (3th 6bln)tidak mau makan.bahkan susu pun jarang2 hanya pas ada mamahnya aja biin susu.
    awalnya dia mempunyai porsi makan dan nyemil yg bagus. tapi sudah seminggu ini berhubung papahnya harus mengurus ke luar kot selama seminggu untuk berangkat layar lagi dia diasuh sama mbak. dan parahnya seminggu ini pula dia tidka mau makan. makan pun hanya sesekali itupun tak habis.
    jadi aku akalin aja jam makannya karena maunya d suapin mamah.sedangkan mamah harus bekerja.huhuhuhuhu..
    tiap pagi sebelum berangkat sekolah harus sarapan, pulangs ekolah (kebetulan kantor dan sekolah sama rumah deket) jadi harus ada extra waktu buat nyuapin kalo pas ga ada yha paling tidak ngelonin biar istirahat.
    puang dimepetin biar ga lembur dan makan lg. ituppun kalo malam jarang sekali karena wktu pulang kemalemen..
    sudah hampir putus asa bun
    kadang karena capek sempet marah aja bawaannya…
    dan habis itu musti ikut nangisin karena ga tega…huhuhuhuhu

    setelah nemu web ini alhamdulillah ternyata temanku banyak..dan semoga diberi kesabaran lagi yak…

    maklum mulai besok sudah sigle fighter mom.. karena papahnya danish harus berangkat layar lagi

    jadi hati ini sekarang lg miris mikirin danish yg kesehariannya 2 bulan ini sama papah terus dan harus extra sabar ngadepin tingkahnya yg makin manja karena perutnya kosong..

    doain ya bun biar aku keep tough and strong…semoga nafsu makan danish juga balik…

  27. iya nih…saya juga udah stresss banget liat anak saya yang susah bgt makannya…badannya imuuuut banget, 2 th beratnya cuma 10kg, kt temen2 saya “ko Keisha kecil banget..?”..sedih banget rasanya..kalau makan cuman mau 3-4 sendok kecil…kadang sehari 2 kali, kadang 3 kali…cemilan juga pickyy bangett..trus kalo perutnya laper gitu malem jadi suka kebangun n nangis..udah dikasih susu tetep aja kalo malem rewel..mungkin karena perutnya masih kosong, gk kenyang ma susu….Moga aja ntr ada perubahan…thxx ya Mama Bianca for sharingnya….

    • sabar ya mom….
      nanti kalau keisha sdh lbh besar, mungkin bisa dicoba untuk sekali2 ngajak keisha ikut nyiapin makanannya sendiri.
      bianca biasanya mau makan makanan yg dia buat sendiri… :)

      good luck yaaa…

  28. Iya nih, kayaknya skrg giliran saya hrs bersabar krn anak saya yg ke 2 umur 15bln lg nggak nafsu makan. Pdhal sebelumnya nafsu makannya sgt bagus, smp kita pada senang utk kasih makan. Semenjak dia kena radang tenggorokan, smp skrg udh hamoir 1 bln, susahnya minta ampun. Saya smp stress… Udh macamxx makanan saya buatin atau beli, juga nggak mau….Smoga saya semakin kuat dg membaca pengalamanxx moms yg lain. Thanks all….

  29. Gara-gara ditinggal susternya anakku 2 taun mogok makan.
    Sedih rasanya kaya ditinggal pacar aja.
    maunya makan biskuit padahal sering batuk tuh

  30. Malem ibu2 senasib sepenanggungan ^.^
    Saat ini saya pas bgt lg sedih krn hari ini struggle sama anakku casey 1thn 10bln BB 13kg yg juga susah makan,pas banget lg galau,pas nemu blog ini,saya jd gak merasa mami yg gagal karena gak berhasil ngebuat casey mau mamam..Ternyata napsu makan anak memang ada timingnya,saya gak akan ribut dan bertengkar lg dgn casey (bahkan kadang sampe ribut dgn suami gara2 masalah makan casey ini) dan saya gak akan paksa sampe kadang jejelin makanan ke mulut casey (efek panik dan frustasi takut anak sakit krn gak makan)
    Saya jg akan tetap sediain makanan dgn gizi yg seimbang walau kadang casey mual liatnya (harapan saya casey klo laper akan makan jg masakan saya), dan mgkn pola makan diatur jamnya gak akan saya terapkan,lbh baik saya nunggu casey yg lapar duluan,makasih mama bianca..GBU

  31. maslah susah mkn jg sy alamai ..repotnya anak sy usianya dah 5 thn, mknnya susah, mainnya gak bisa di larang….saya kadang jd berpikir besar pengeluaran drpd mkn yg masuk…..
    beberapa thn yg lalu sy pernah denger ada klinik dokter anak di daerah cempaka putih jak pus, yg melakukan terapi tuk anak2 susah mkn, mhn sharing ya kalau ada bunda2 yg tau infonya….tp memang sih anak sy yg pertama jg wkt balita susah mkn, tp skrang mknnya susah di stop.Tp walau begitu tetap sy khawatir dgn anak ke 2 sy, karena usia 5 th BB 18 kg, yg hrsnya diatas 20 kg…

  32. Saya ud kenyang dengan pengalaman anak susah makan. Anak ke 2 saya 4 bulan lagi umur 7 taun beratnya cuma berkisar 18,5 kg turun 1 kg gara2 baru masuk SD, makan siang disekolah liat makanan ud nangis duluan takut kenyang takut ga abis. Gara2 ga mau mkn di sekolah ga mau sekolah. Ud stress duluan takut makan, liat dia seperti itu saya ikut stress. Dikasih minum vitamin nasfu makan malah buang air besaarnya jadi keras dan susah. Saya cape banget nunggu kapan anak saya doyan makan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s