waktu hujan sore-sore…

seminggu menjelang.
sejak masuk usia kehamilan 30 minggu, urat panik dan penakut saya mulai hiperaktif lagi. walaupun dokter bilang kondisi aman terkendali, saya tetep aja ngerasa nervous. pepatah bijak yang bilang ‘allah bisa karena biasa’ jelas ga berlaku buat saya. walapun ini akan jadi operasi saya yang ketiga, tapi saya tetep aja ga bisa tenang. dokter, rumah sakit, apalagi ruang operasi emang sekelompok perkara yang ga pernah bisa saya nikmati sejak saya masih kecil dulu. ngebayangin jarum suntik segede gambreng yang bakalan nembus tulang belakang saya, ngebayangin bunyi gunting dan pisau di ruang operasi, ngebayangin perihnya luka bekas sayatan… sampe saya lupa buat ngebayangin betapa besar sukacita yang akan saya rasain sebentar lagi😀

tepat seminggu sebelum hari-h, koper berisi baju dan perlengkapan saya yang lain sudah siap. juga tas bayi dengan isinya. buat jaga2. karena dari beberapa hari sebelumnya perut memang sudah sering kontraksi, walaupun belum terlalu kuat dan interfal waktuya masih ga keruan.

9 februari.
dokter ngasih pilihan waktu buat operasi, antara tgl 2-9 februari. kami pilih tgl 9, karena kebetulan jatuh pada hari sabtu paing. tanggalan jawanya 1 saphar, tepat 1 hari lepas dari bulan suro. hari ketiga di tahun tikus menurut tanggalan cina.

waktu kami sedang melakukan finalisasi rencana melahirkan, saya sempet dibikin kaget sama bapak yang tiba2 punya ide, “gimana kalo ga usah disteril dulu? kalau kita nambah 1 anak perempuan lagi, lucu juga kali ya?”. saya sempet hampir pingsan. untung ga lama kemudian bapak berubah pikiran lagi😀

benaia sakit.
senin, 5 hari sebelum hari-h, benaia panas. hari rabunya periksa darah, trombosit agak turun. takut ada apa2, dan keingetan terus sama iklan demam berdarah yang lakonnya jeng tika bisono, saya terima usulan dokter supaya benaia dirawat di rs. butuh 4 orang suster buat masukin jarum infus ke tangan benaia. saya ga terlalu kaget🙂. setelah diinfus beberapa jam, kondisi benaia keliatan membaik. mulai ga bisa diem lagi. rata2 3 kali dalem sehari suster harus memperbaiki, entah jarum atau selang infusnya yang berantakan. kalo ga perban di tangannya basah kecelup dalem makanan, selangnya bocor karena digigitin, atau infusnya mampet gara2 bebe terlalu banyak bergerak. untung susternya baik2. walhasil, bebe malah jadi salah satu pasien paling terkenal minggu itu. maklum, disamping ganteng, nakalnya juga cukup menarik perhatian dokter dan suster di sana😀

benaia-perbaiki-selang-infu2.jpg

jumat kondisi bebe sudah baik. dokter bilang sabtu siang sudah boleh pulang. untung koper sudah siap. jadi saya ga perlu pulang lagi…😀

hari-h.
sabtu jam 5 pagi saya check in di counter rawat inap. walaupun sebenernya saya sudah nginep di rs dari hari rabu. setelah itu langsung cek thorax dan masuk ruang bersalin. detik2 yang menakutkan itu pun di mulai lagi. di ruang bersalin yang ac nya kerasa dingin banget karena masih pagi dan hujan ga berenti2 turun, saya tetep keringetan. sekitar jam 6 pagi, mulai persiapan di ruang bersalin. cek jantung ibu, cek jantung bayi, pasang infus dll. jam setengah 7, saya dipindah ke ruang operasi. bianca dan eyangti baru aja dateng. deg2an saya sempat sedikit berkurang waktu ngeliat bapak, bianca, benaia, eyangti dan mbak inem yang dadah2 sambil nganter saya masuk ruang operasi. berdoa tambah kenceng, ga amin2.

ibu-sebelum-operasi.jpg

ac di ruang operasi itu entah berapa pk, yang pasti dinginnya luar biasa. tapi saya tetep aja keringetan. kalau bisa, rasanya saya pengen loncat dari meja operasi itu dan lari ke kantin untuk menikmati semangkok bihun bakso kuah panas kesenengan saya. untung ga lama setelah itu saya dibius, jadi kaki saya ga mungkin bisa bergerak apalagi lari dari ruangan itu. perlu 4 kali tusukan sebelum akhirnya jarum suntuk itu berhasil menembus tulang belakang saya. sakitnya ga usah ditanya. walaupun saya ga sempet liat berapa besar jarumnya, tapi saya bisa mengira2. pasti panjang dan lebarnya beberapa kali lebih besar dari jarum infus. pikiran saya sempet melayang ke nyonya agian dengan kasus euthanasia-nya yang sempet jadi cerita banyak orang.

dengan ijin dari dokter operator, kami diijinkan buat merekam sedikit adegan mengerikan di meja operasi itu melalui handy cam yang dititipkan ke salah satu kru di ruang operasi. kata bapak, durasinya hanya sekitar 2 menit. tapi cukup buat ngasih gambaran seperti apa bayi dikeluarkan dari dalam perut ibunya. cukup buat bikin bapak “jadi pingin tambah setia sama istrinya”, masih kata bapak sendiri. saya sendiri sampai hari ini belum berani liat rekaman gambar itu. takut ga berani melahirkan lagi😀

puji TUHAN, operasi berjalan lancar. walapun dokter perlu nambahin 1 jaitan penunjang di bekas luka sayatan saya yang katanya ga bisa nutup rapet lagi karena udah 3 kali dibongkar pasang. selebihnya semua berjalan baik.

di ruang perawatan, saya sempet ngalamin pendarahan lumayan serius dan kontraksi uterus saya juga kurang baik. awalnya, tekanan darah saya 130 per sekian. setengah jam kemudian, turun jadi 110 per sekian. setengah jam kemudian, turun lagi jadi 100 per sekian. giliran saya inget sama almarhum mantan presiden suharto😀

berkat dukungan dan doa dari suami tercinta dan kerabat serta handai taulan yang ada di situ, malemnya pendarahan bekurang. jam 2 pagi uterus mulai bisa kontraksi. sakitnya ga ketulungan. saya sempet mikir, jangan2 omongannya bianca bener. mungkin masih ada adek bayi diperut ibu yang belum keluar. abis mulesnya emang kayak orang baru mau melahirkan. (kalo bianca bilang begitu karena katanya perut ibu masih buncit banget ;-p). besok siangnya pendarahan berhenti. haleluya!

benezra pramudya.
setelah diitang itung dan ditimbang timbung, kami sepakat untuk ngasih nama bayi ketiga kami: benezra pramudya. benezra berasal dari bahasa ibrani, ben yang artinya anak dan ezra yang artinya keselamatan. benezra berarti son of salvation, anak yang membawa keselamatan. pramudya sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya kepintaran, hikmat. arti nama pramudya baru berhasil kami dapet di minggu2 terakhir. eyangti berhasil dapet informasi dari salah satu sesepuh di bali yang biasa baca kitab daun lontar😀

bapak-benezra.jpg

baby blue syndrome.
seperti ibu2 yang lainnya, saya juga selalu ngalamin sindrom melow yang 1 ini. hanya saja, kali ini blue nya berasa blue…. banget :(  kalo udah masuk jam 4 sore, tiba2 aja saya suka feeling nelongso. ga jarang air mata2 tiba mengalir tanpa di komando. seperti hari ini, waktu hujan sore-sore… hiks😦

bianca & benaia.
2 anak hebat! sangat pengerten dan koperatif😉
yang kompak sama adek benezra yang naks….

bianca-benaia-at-aw1.jpg

besok2, kalau ibu mau beli es krim udah ga cukup 2 biji lagi ya…..😀

11 thoughts on “waktu hujan sore-sore…

  1. ...ina... says:

    perjalanannya panjang ya Les…tapi seneng akhirnya semua sehat2…..

    kata mamaku..kontraksi uterus setelah lahiran anak ke-3 dan seterusnya itu sakit banget…lebih sakit daripada kontraksi waktu nglahiri-in……

  2. de says:

    jadi ikuta miris baca tulisanmu sist. ngebayagin perut diiris hiiii… tapi begitu liat benezra, jadi iri, pingin punya bayi lagi. tak pek po’o hehehe

    aduuuhh poto yg makan es krim itu pas bangeeetttt… mengobati kerinduanku… bebeeee…(huuuh nggemesin banget hahahaha)

  3. lisa says:

    pertama2 congratulation lagi Mbak. perjuangan panjang. semoga gak nelongso lama2 ya Mbak…
    btw, bikin aku takuuuuttt…😦 karena bakalan ceasar lagi nih😦

  4. Wah makin tambah anak kayaknya tambah lancar prosesnya. Berarti musti di genapin tuh 1 lagi perempuan seperti kata bapak……he he he
    Tambah anak tambah sibuk mudah2an masih tetep ngeblog ya…. Selamat ya juga buat bi&be..

  5. Terharu bacanya deh jeng. Tapi pastinya semua ketakutan ilang begitu liat si kecil yah ? Yang kompak yah Bianca n Benaia …. Smoga baby blues cepet ilang ya say …

  6. 1. ikutan ngiluuu..
    2. namanya bagus bangett! (bunyinya gak kayak zebra kok Bi..)
    3. emang kemaren2 beli eskrim cukup 2biji?😀
    4. Bb skrg pake kacamata? baca mulu ya bi?
    5. kangen Caa..

  7. selamat ya bu semua sehat semua ….duh benaia dah jadi abang skrg ya..gimana bu anak2 ga jeles to punya adik baru…

    mau ngasih adik buat cecel msh inget mulesnya jadi msh mikir2 kekeke

    ya gitulah klo rumah kecil bu jalan kemana aja kesampar mainan cece…mo bikin kid corner kurang ruangannya jd ya kamar tamu merangkap2 kekeke

  8. aduh aku kangen banget sama dirimu jeng…ku…
    ga mampir sini ternyata dah apdet…ya daku ngerti dirimu pasti masih super women sibuk blom sempat kabarin kalo ada apdetan…

    wih…gemez banget lihat foto2 benaia yg paling diatas….ganteng pisan…makin macho aja…laki2 bener…(duh…tapi ga hiperbolis loh…sure)
    soale maren2 liat masih baby banget sih…sekarang koq tiba2 dah kek bapak-e ganteng…(ups…rhs ya)hahaha

    trus…foto makan eskrim bedua…cute banget….
    btw bibi pake kacamata rupanya ya…?

    trus…wah dirimu dah di sayat 3 kali ya….duh seremmmm

    btw lagi jadi blom jadi steril nih?mau nambah lagi?

    wes kpnjangan nih, komen apa posting aku ya? aku jg binun….

    sun buat BBB ya….miz u

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s