remembering sepa island

Barusan nonton acara traveling di TV, ada liputan tentang Kepulauan Seribu. Saya jadi teringat dengan perjalanan Β kami ke Pulau Sepa di Kepulauan Seribu 2 tahun yang lalu.

Banyak orang yang lupa, kalau di deket2 Jakarta juga ada tempat wisata bahari yang tidak kalah kerennya dengan Bali. Ada beberapa pulau resor yang bisa dijadikan pilihan. Seperti Pulau Ayer, Bidadari, Kotok, Macan, Pantara, Putri, Tidung, Pelangi, Pramuka dan Sepa. Masing2 pulau punya karakteristik dan keunikan sendiri2. Untuk bisa sampai ke pulau2 itu, kita bisa naik boat dari Marina Ancol.

Pulau terdekat dari Jakarta adalah Pulau Ayer dan Pulau Bidadari. Fasilitas di kedua pulau ini terhitung yang paling lengkap. Mulai dari restoran, sarana olah raga (kolam renang, banana boat, jet ski, lapangan basket & volley), children playgorund sampai Time Zone ada di sana. Waktu tempuhnya juga hanyaΒ 30 menit dari Marina Ancol. Tapi sayangnya, karena jaraknya yang deket dari Jakarta, air di kedua pulau ini katanya rada buthek. Kondisinya ga jauh beda sampa air di pantai Ancol.

Waktu itu pilihan saya jatuh pada Pulau Sepa. Dibandingkan Kepulauan Seribu lainnya, Pulau Sepa merupakan salah satu pulau dengan pasir pantai terbaik karena kealamiannya masih terjaga dan tepi pantainya belum ditutupi bebatuan seperti kebanyakan pantai di Jakarta.Β Pulau Sepa juga mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah, itu sebabnya Pulau iniΒ menjadi tempat favorit bagi para diver, karena diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di pulau ini.

Fasilitas yang ada di Pulau Sepa juga cukup memadai. Ada beberapa pilihan penginapan, fasilitas air tawar, restoran, penyewaan alat-alat selam, play ground, and of course: some broken toilets.

DSC00110

DSC00070

Sebetulnya di sepanjang Pantai Sepa ini kita juga bisa melakukan aktifitas snorkling. Tapi kalau kita ingin melihat pemandangan bawah laut dengan lebih jelas, kita bisa mencoba naik perahu ke tengah laut. Di samping airnya yang lebih jernih, biota laut yang bisa kita temui di sana juga lebih beragam.

DSC00113

DSC00123

DSC00127

Selain snorkling, di tengah laut itu kita juga bisa mancing ikan. Biasanya nelayan yang perahunya kita sewa akan mengajarkan kita bagaimana caranya memancing dengan alat pancing tradisional yang biasa mereka gunakan. Ga usah pusing dengan umpannya, itu juga selalu ready stock di perahu mereka πŸ™‚

Tapi jangan lupa untuk berhati-hati yaa…. Di sana banyak duri babi dan ubur-ubur kecil. Kalau tiba-tiba kaki kita berasa kayak kesetrum, ga usah panik. Kemungkinan itu adalah sengatan si ubur-ubur kecil tadi. Kalau kesetrum berlanjut, silakan langsung naik ke perahu πŸ™‚

Para nelayan biasanya sudah tau di mana lokasi yang banyak duri babinya, dan dia akan kasih peringatan kalau kita sudah terlalu dekat dengan lokasi berbahaya itu.

DSC00142DSC00136Jadiiii…., kalau besok-besok ada yang ingin menikmati wisata bahari yang menyenangkan, tapi Β ga bisa ke Bali karena terlalu jauh, you may try Thousand Islands πŸ™‚

Happy traveling!

Advertisements

kembali ke pasar

nerusin cerita saya tentang pasar, kali ini giliran pasar kecapi πŸ˜‰

pasar tradisional ini adalah yang paling deket dengan tempat tinggal saya sekarang. barusan saya coba googling dengan memasukan keyword pasar kecapi pondok melati, beberapa result muncul. salah satunya yang ngelink ke wikipedia, tapi pas di klik kok yang nongol duluan gambar mbak2 pake bikini di tepi pantai…

saya beruntung, karena pada suatu malam suami tercinta bersedia mengantarkan istrinya yang tercinta juga, untuk menjelajah pasar kecapi. maka terjadilah, bak seorang selebritis yang dikuntit paparazzi, saya berbelanja sambil difoto2 πŸ˜€

tentu saja saya selalu memasang pose “cuek”, kan ceritanya gambar2 diambil secara “candid” πŸ˜‰

sayuran di pasar kecapi umumnya hasil kulakan para pedagang di pasar induk kramat jati. waktu yang paling pas buat dapetin sayuran yang seger adalah sore hingga menjelang malam hari. karena biasanya para pedagang sayuran di pasar kecapi baru kulakan setelah jam shalat azhar. dan sayura2an itu baru didrop dari pasar induk sore hari.

bumbu2 juga lumayan lengkap. mulai dari kemiri, keluwek, jinten, pekak, cabe kering sampe kecap, sambel botolan dll. ada yang dijual di tukang sayuran, ada juga yang dijual di toko kelontong. seperti biasa, jangan lupa cek tanggal kaladularsa πŸ˜‰

di bagian depan pasar juga ada tukang jualan ikan dan ayam. saya biasanya beli ayam atau bebek yang masih hidup, terus nanti minta tolong bakulnya buat menyembelih dan membersihkannya. lebih puas πŸ˜‰

sayang, di pasar kecapi ini ga ada tukang jualan daging sapi atau kambing. tapi beberapa ratus meter dari pasar ini, ada pasar lain yang ada penjual dagingnya. hanya pasar yang satunya itu bukanya dari subuh sampai tengah hari. jadi, ya… diatur2 sajalah … πŸ˜€

selain ngeliat berbagai macam sayuran yang seger dan berwarna warni menggoda, selalu saja ada pemandangan menarik lain yang bisa saya temui di pasar kecapi. entah itu abang penjual kerak telor, penjual mainan anak2, timbangan tua yang pasti sudah rada ngaco, dan anak2 kecil yang dengan setia mendampingi ibu bapaknya jualan di pasar. terus terang, saya salut sama mereka. keliatannya angin malam yang biasanyas sering bikin masuk angin itu udah takluk sama mereka…

daaannn, if we get lucky, we can find those sexy legs in pasar kecapi πŸ˜‰

karena ukuran pasarnya yang ga terlalu luas, setelah 4-5 kali kita belanja ke situ, pasti para pedagang di sana udah apal sama kita. para pedagang di sana juga cukup ramah, dan kalau sudah jadi langganan, mereka akan bersikap cukup kekeluargaan. dan tentunya selalu ada harga khusus buat keluarga’ πŸ˜€

itulah pasar kecapi. saya pasti akan kangen sama pasar ini kalau kami sudah pindah rumah akhir tahun nanti….

Β 

playing in the river

a.k.a maen di kali πŸ˜€

entah kapan terakhir saya liat kali. mungkin sekitar 10 tahun yang lalu. waktu saya mengunjungi bulik saya di selat samplangan, gianyar bali. kecuali kalau “kalimalang” di jakarta timur masih bisa diperhitungkan sebagai kali πŸ˜€

kali atau sungai yang airnya jernih dan udara sejuk memang sudah jadi barang langka di jakarta. kalaupun ada kali, pasti airnya butek, penuh dengan sampah dan bau. blas nggak bisa dipake main!

beberapa minggu yang lalu, saya liat foto2nya maki waktu mereka main ke kebun raya cibodas. langsung ngiler. dan waktu saya kasih liat foto2 itu ke anak2, semua langsung antusian: “aku mau ke sana… aku mau main air di kali….!!!”

dan, pergilah kami ke sana hari selasa kemarin. makan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari jakarta untuk sampai ke cibodas, puncak.

saya ga inget persis kapan terakhir kali saya ke kebun raya cibodas. mungkin udah 20 tahunan yang lalu. kayaknya kebon raya cibodas yang sekarang lebih terawat. bersih dan apik. hamparan rumput hijau dan pohon2 yang rindang, serta gemercik air sungai bener2 jadi pemandangan yanggampang buat dilupain. enaknya lagi, mobil bisa diparkir ga jauh dari sungai. jadi kalau ke sana bawa rombongan anak kecil ga terlalu ribet.

untuk masuk ke kawasan kebun raya cibodas kita dikenakan biaya tiket rp. 2000 + rp. 6000, jadi totalnya rp. 8000 per orang. boleh bawa makanan, dan boleh nggelar tiker di mana kita suka. pokoknya bebas berpiknik di sana…

after all, anak2 puas main di sana. dan mereka sudah pengen balik lagi ke sana, bahkan sebelum kami tiba di rumah πŸ˜€

lubang buaya

dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila yang jatuh di bulan oktober ini, wiken kemarin saya ngajak anak2 jalan2 ke monumen pancasila sakti di daerah lubang buaya, jaktim.

dan ga kayak jaman saya es de dulu, dimana pancasila sebagai ideologi bangsa bener2 naplok dan ngelotok di kepala, anak saya yang kelas 2 es de sama sekali ga apal sama isi pancasila. katanya belum diajarin di sekolah 😦 sedih dan miris banget saya dengernya.

ya sudah, kalau emang belum diajarin di sekolah, sekarang kita belajar sendiri aja dulu… πŸ˜‰

monumen pancasila sakti dibangun atas gagasan mantan presiden soeharto. dibangun diatas tanah seluas 14,6 hektar dengan tujuan mengingat perjuangan para pahlawan revolusi yang berjuang mempertahankan pancasila dari ancaman ideologi komunis.

karena dikelola sama tentara, area monumen ini keliatan cukup bersih dan terawat. pohon2nya rindang, rumput2nya juga hijau cepak seperti permadani. untuk bisa masuk ke areal monumen kita cuman perlu bayar tiket masuk rp. 2,500/orang. kemarin saya bayar 21 ribu dan dapet 4 tiket masuk, sumbangan pmi, stiker pancasila dan 1 buku panduan. pengunjung bisa dateng setiap hari. dari jam 9 pagi sampe jam 4 sore.

ada 3 bagian utama dari komplek monumen ini. museum pengkhianatan pki, paseban dan monumen pancasila sakti. museum dan paseban berisi berbagai diorama yang menurut saya bagus banget! berbagai kejadian sejarah yang berhubungan dengan pemberontakan pki dari tahun 1945 sampai 1966 disajikan dengan apik di sana. bikin kuduk saya berdiri. merinding.

di areal monumen, kita bisa liat2 bangunan2 yang dulu dipake pki buat menyiksa para petinggi tni. termasuk rumah komando, dapur umum, sumur maut tempat pki ngebuang jasad2 para pahlawan revolusi, dan tentu saja monumen pahlawan revolusi yang majang patung ke-7 pahlawan. di rumah penyiksaan ada diorama dengan patung2 seukuran manusia asli yang menggambarkan situasi saat penyiksaan dilakukan. lengkap dengan backgroud suaranya.

walaupun ini bukan study tour, tapi saya berharap anak2 bisa belajar sedikit tentang sejarah besar bangsanya. supaya nasionalisme mereka juga bisa terbangun. dan rasa cinta tanah air bisa tertanam di hati mereka.

selesai mengunjungi ke3 areal tadi, kita bisa langsung cari makan siang di plaza pondok gede, tamini square atau ke plaza indonesia kalau mau yang rada jauh πŸ˜›

yang lucu, dalam perjalanan pulang benaia sempet nanya: “lho buk, kita ga jadi ke lubang buaya?”

hehehe…, next time mungkin kita perlu jalan2 ke kebon binatang ya nak… πŸ˜€

eniwei, ini ada beberapa foto oleh2 dari lubang buaya kemarin. lengkap, tanpa buaya πŸ˜€

benaia-&-mobil-dinas-jenderal-ahmad-yani

benaia-&-mobil-dinas-mayjen-soeharto

benaia-&-pancasila

rumah-komando-lubang-buaya

sumur-maut-lubang-buaya

bianca-at-monumen-pahlawan-revolusi

weekend di kota tua

buat yang belum pernah, sekali2 jalan2 ke kawasan wisata kota tua jakarta seru juga lho. ada taman fatahilah. musium fatahilah (dulu bekas kantor gubernur batavia jaman belanda). ada musium wayang. dan ada musium keramik.

admission fee nya murah banget. untuk masuk musium fatahilah cuman perlu bayar rp. 1000 buat dewasa dan rp. 600 buat anak2. seperti umumnya musium, di sana juga dipajang benda2 bersejarah jaman kejayaan batavia dulu. ada lukisan, perabotan antik juga beberapa senjata.

di lantai 2 gedung itu ada 1 meja makan jati dengan ukuran gede banget. begitu ngeliat meja itu, benaia langsung nyeletuk: “buk, liat! ada meja makannya tuhan yesus…”

hehehe…, inget sama lukisan ‘last supper’ nya da vinci rupanya dia πŸ˜€

di halaman musium fatahilah banyak disewain sepeda othel dan sepeda mini. harga sewanya rp. 20.000/jam.

kalau ga sempet bawa bekel dari rumah ga usah pusing. di seputaran taman fatahilah banyak banget tukangΒ  jualan makanan. ada batavia cafe yang jual dim sum dan chinesse food. ada rm padang. ada abang bakso, siomay, rujak, bubur ayam, ketoprak, es potong, gulali…. banyak deh pokoknya.

so, kalau bingung wiken ini mau ngajak anak2 jalan2 ke mana lagi, you may try kota tua πŸ˜‰