remembering sepa island

Barusan nonton acara traveling di TV, ada liputan tentang Kepulauan Seribu. Saya jadi teringat dengan perjalanan  kami ke Pulau Sepa di Kepulauan Seribu 2 tahun yang lalu.

Banyak orang yang lupa, kalau di deket2 Jakarta juga ada tempat wisata bahari yang tidak kalah kerennya dengan Bali. Ada beberapa pulau resor yang bisa dijadikan pilihan. Seperti Pulau Ayer, Bidadari, Kotok, Macan, Pantara, Putri, Tidung, Pelangi, Pramuka dan Sepa. Masing2 pulau punya karakteristik dan keunikan sendiri2. Untuk bisa sampai ke pulau2 itu, kita bisa naik boat dari Marina Ancol.

Pulau terdekat dari Jakarta adalah Pulau Ayer dan Pulau Bidadari. Fasilitas di kedua pulau ini terhitung yang paling lengkap. Mulai dari restoran, sarana olah raga (kolam renang, banana boat, jet ski, lapangan basket & volley), children playgorund sampai Time Zone ada di sana. Waktu tempuhnya juga hanya 30 menit dari Marina Ancol. Tapi sayangnya, karena jaraknya yang deket dari Jakarta, air di kedua pulau ini katanya rada buthek. Kondisinya ga jauh beda sampa air di pantai Ancol.

Waktu itu pilihan saya jatuh pada Pulau Sepa. Dibandingkan Kepulauan Seribu lainnya, Pulau Sepa merupakan salah satu pulau dengan pasir pantai terbaik karena kealamiannya masih terjaga dan tepi pantainya belum ditutupi bebatuan seperti kebanyakan pantai di Jakarta. Pulau Sepa juga mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah, itu sebabnya Pulau ini menjadi tempat favorit bagi para diver, karena diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di pulau ini.

Fasilitas yang ada di Pulau Sepa juga cukup memadai. Ada beberapa pilihan penginapan, fasilitas air tawar, restoran, penyewaan alat-alat selam, play ground, and of course: some broken toilets.

DSC00110

DSC00070

Sebetulnya di sepanjang Pantai Sepa ini kita juga bisa melakukan aktifitas snorkling. Tapi kalau kita ingin melihat pemandangan bawah laut dengan lebih jelas, kita bisa mencoba naik perahu ke tengah laut. Di samping airnya yang lebih jernih, biota laut yang bisa kita temui di sana juga lebih beragam.

DSC00113

DSC00123

DSC00127

Selain snorkling, di tengah laut itu kita juga bisa mancing ikan. Biasanya nelayan yang perahunya kita sewa akan mengajarkan kita bagaimana caranya memancing dengan alat pancing tradisional yang biasa mereka gunakan. Ga usah pusing dengan umpannya, itu juga selalu ready stock di perahu mereka🙂

Tapi jangan lupa untuk berhati-hati yaa…. Di sana banyak duri babi dan ubur-ubur kecil. Kalau tiba-tiba kaki kita berasa kayak kesetrum, ga usah panik. Kemungkinan itu adalah sengatan si ubur-ubur kecil tadi. Kalau kesetrum berlanjut, silakan langsung naik ke perahu🙂

Para nelayan biasanya sudah tau di mana lokasi yang banyak duri babinya, dan dia akan kasih peringatan kalau kita sudah terlalu dekat dengan lokasi berbahaya itu.

DSC00142DSC00136Jadiiii…., kalau besok-besok ada yang ingin menikmati wisata bahari yang menyenangkan, tapi  ga bisa ke Bali karena terlalu jauh, you may try Thousand Islands🙂

Happy traveling!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s