baby names. my database

dari jaman dulu, saya punya satu hobi yang rada unik. suka mereka2 nama. seneng aja nyari2 nama yang menurut saya bagus, baik dari segi prononsasi atau pun artinya. nama2 bayi yang unik😀

jauh sebelum saya ngerti gimana caranya bikin anak, saya udah mulai membangun database di kepala saya. “kalau nanti saya punya anak laki2, saya pengen kasih nama william”. itu waktu saya masih kelas 2 sd. belum mens-mens acan.

dari tahun ke tahun koleksi nama saya semakin banyak. dan karena saya ga mungkin punya anak sebanyak list yang ada di database saya, saya pun mulai menjajakan nama2 itu ke siapa aja. teman, kenalan, kerabat. dan kalau ada yang dengan suka rela menerima usulan nama yang saya ajukan, rasanya senaaanngggg sekali. seperti hidup ini jadi lebih berarti.😛

sayangnya memori di otak saya ini keliatannya sudah mulai melemah kerjanya. mulai banyak nama yang saya lupa artinya. dan sebelum makin banyak yang saya lupakan, saya mau pindahkan database di kepala saya ke blog ini. itung2 buat kenang2an😉

urutannya random, ga berdasarkan alfabet. seingetnya saya aja😀 dan sumbernya juga ga saya sebutin semua. kebanyakan saya udah ga inget. kalau ada yang penasaran, silakan googling aja yaaa…

bianca: putih, fair skin (french).  waktu saya kasih nama anak perempuan saya “bianca”, harapannya selain dia akan punya kulit yang putih bersih, dia juga akan tumbuh jadi anak yang hatinya putih dan bersih😀

benaia: god has built (hebrew). dalam cerita alkitab, benaia juga adalah nama panglima perangnya daud.bersama dengan daud dan pasukannya, israel memenangkan banyak perang.

sebelum benaia lahir, saya sempet ngalamin 3 kali misscarriage. hampir putus asa kami waktu itu. dan kalau sampai akhirnya benaia lahir, kami percaya bahwa tuhan sendiri yang sudah membentuk dia. god him self has built him for us. and for a great reason, we believed.

benezra: dari kata ben dan ezra (hebrew). ben artinya anak, dan ezra artinya keselamatan. so benezra means the son of salvation. kalau kebetulan lahirnya di gunung kidul, mungkin namanya jadi “slamet”. artinya sama aja. harapannya semoga benezra jadi anak yang selalu selamat. dan bisa membawa selamat buat banyak orang.

di dalam alkitab ezra juga adalah nama seorang nabi. ahli kitab yang paling ngelotok pada jamannya.

prameswari: from parameshvara (sanskrit). means super soul. the absolute master. harapannya anak yang diaksih nama prameswari kalau udah besar bisa jadi pemimpin yang hebat. tapi juga baik😀

pranadipta: dari prana yang artinya nafas hidup. dan dipta yang artinya cahaya atau terang. dua2nya dari bahasa sansekerta. waktu kami memilih nama pranadipta untuk anak kedua kami, harapannya anak itu akan jadi seperti cahaya. yang dalam setiap nafas hidupnya bisa menjadi terang buat banyak orang.

pramudya: dari bahasa sansekerta. artinya kepintaran. arti nama pramudya ini saya dapet dari seorang tokoh agama hindu di bali yang biasa baca kitab lontar. harapannya tentu saja anak yang dikasih nama pramudya ini akan tumbuh besar jadi anak yang pintar dan penuh hikmat.

abigail: my father’s joy (hebrew). harapannya, anak ini kelak akan jadi sumber suka cita buat banyak orang. terutama bapaknya😀 saya pernah usulin nama ini ke seorang kerabat yang kebetulan tinggal berbeda kota dengan suaminya. kalau anaknya bisa jadi sumber sukacita buat bapaknya, mudah2an bapaknya jadi pengen sering2 pulang buat nengokin.😀

anastacia: ressurection. kebangkitan (spanish). dulu saya sempet mau kasih nama anak perempuan mbarep saya anastacia. tapi bapaknya ga setuju. menurut belio, artinya sedikit kurang cucok.

alea: high (american). saya suka bunyinya. simple dan cantik. sama dengan nama anaknya ariel peter pan😛

amarantha: dari bahasa latin. artinya bunga yang tidak pernah layu. mungkin maksudnya supaya si anak nanti selalu jadi seperti bunga yang segar, merekah dan mewangi sepanjang masa.

samara: protected by god (hebrew). doa orang tuanya jelas, supaya sepanjang hidupnya anak ini akan selalu berada dalam lindungan tuhan.

naomi:pleasant. menyenangkan. ramah. (hebrew). dulu juga saya pernah mikir2 mau kasih nama anak pertama saya naomi. tapi lagi2 bapaknya ga setuju. katanya takut anaknya nanti berkulit gelap kayak naomi campbell😀

kinnara/kinnari: dalam mitologi hindu dan buddha, kinnara adalah nama bagi musisi di surga. mereka berbentuk setengah manusia setengah kuda (india), atau setengah manusia setengah burung (asia tenggara). kinnari termashur karena kepandaiannya menari, menyanyi dan berpuisi. nama yang cantik😀

manohara: masih dalam mitologi hindu dan buddha, manohara adalah nama seorang kinari, putri ketujuh dari raja kinnara. suatu saat ketika manohara  sedang mengembara dia tertangkap oleh seorang pemburu yang kemudian membawanya ke raja panchala.

seorang pangeran bernama sudhana jatuh cinta kepadanya, dan kemudian menikahinya.saat pangeran sudhana berperang dan kalah, manohara dituduh sebagai orang yang membawa kesialan. dia akhirnya memutuskan untuk pergi dan pulang ke kerajaan kinnara. sebelum pergi dia menitipkan sebuah cincin kepada seorang rishi, dengan harapan agar sang pangeran dapat menyusulnya kelak.

beberapa bulan kemudian pangeran sudhana kembali dari perang, dan dia mencari serta menyusul manohara ke kerajaan kinnara. setelah melewati perjalanan yang amat berat, panjang dan penuh perjuangan akhirnya pangeran sudhana bertemu kembali dengan manohara. dan mereka hidup bahagia selamanya😀

yudhistira: putra sulung pendawa. dalam cerita pewayangan jawa, yudhistira dikenal sebagai tokoh yang melambangkan kejujuran. konon, dalam sepanjang hidupnya, yudhistira sama sekali tidak pernah berkata bohong.

lintang: bintang, bahasa jawa. orang tua yang ngasih nama anaknya lintang pasti mengharapkan anaknya bisa selalu bersinar seperti bintang. bintang kelas. bintang pelajar. dan mungkin bintang film😀

vidya: wisdom, knowledge (sansekerta). salah satu nama favorit saya. kedengerannya manis di telinga. dan tentu saja punya arti yang bagus.

lintang vidyaningtyas: artinya kurang lebih: seorang bintang yang punya hati yang bijaksana dan penuh dengan pengetahuan.(bahasa jawa campur sansekerta)

lintang pangestuning bumi: asli ini saya yang ngarang😀 artinya kurang lebih: seorang bintang yang direstui oleh bumi.maksudnya walaupun sudah jadi bintang, tapi tetap membumi, tidak sombong, rendah hati dan selalu bersahabat dengan bumi.

phoebe: bright, cemerlang. bahasa yunani. saya suka banget sama nama ini. sayang dulu temen sekantor saya udah duluan ngasih nama anaknya phoebe. lagian menurut bapak prononsasinya rada susah buat orang indonesia. jadi takut ntar pada salah ngucapinnya.

dearni: suci, kudus, mulia. kata adik ipar saya yang kebetulan suaminya orang sumatra utara, katanya dearni itu bahasa batak simalungun. saya sih percaya aja😀

lesca: from leo and scorpio. lesca itu nama saya. almarhum papi saya bintangnya scorpio. ibu saya bintangnya leo. tadinya kalau anak yang lahir laki2 katanya mau dikasih nama lesco. tapi karena yang nongol perempuan, biar lebih feminin diubah dikit jadi lesca.sumbernya saya ga inget, tapi dalam salah satu bahasa (kalau ga salah mesir), lesca juga berarti masa depan😉

yah, hari ini segitu dulu. mudah2an besok ada yang saya inget lagi😀

kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi.
kalau ada info yang salah, mohon bantu saya buat memperbaiki. oke?😉

14 thoughts on “baby names. my database

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s