timbilen. bintitan.

baru tau kalau penyakit ini punya nama keren: hordeolum.

waktu saya kecil dulu, sering denger kalau penyebab timbilen ini adalah gara2 ngintip orang mandi. atau ada juga yang bilang, gara2 di-pipisin curut (tikus jenis celurut) atau coro (kecoak). weiks!!! jijay surijay ga sih… emangnya kita tidur di sebelah tong sampah? ngebayangin lagi enak2 tidur, tiba2 ada curut atau coro bergerilya di muka kita, hiiii….  amit2 jabang beibeh deh…😦

dan, tak disangka dan tak diduga, minggu lalu, bianca terserang penyakit timbilen ini. pas bangun pagi, tiba2 kelopak mata kirinya bengkak. saya tau persis, pasti timbilen itu muncul bukan gara2 ngintip atau dipipisin coro. jadi, lebih baik kita ke dokter saja…

pertama kali ke dokter, dikasih obat tetes, vitamin mata sama antibiotik. setelah 5 hari dan obatnya abis, bengkak di kelopak matanya memang keliatan mengempis, tapi timbilennya sendiri masih eksis. belakangan bentuknya jadi mirip bisul atau jerawat. jadi, demi ketenangan bersama, kami putuskan untuk kembali periksa. kali ini  ke dokter spesialis mata yang lain, yg kami rasa lebih cucok. bukan berarti dokter mata yang sebelumnya jelek, cuman ga ada chemistry nya aja😀

namanya dr sengdy. orangnya asik banget. informatif, koperatif, sabar, teliti, walaupun tetep harus bayar😀 kalau ada temen2 yang butuh jasa dokter spesialis mata, dr sengdy ini menurut saya highly recommended. beliau praktek di rs mitra keluarga bekasi barat. hari dan jam prakteknya saya ga apal. yg pasti kalau hari sabtu, doi mulai praktek dr jam 10 sampe jam 13.30.

so, setelah omong2 sedikit tentang kronologis kejadiannya, bianca lalu diperiksa lagi.  mulai dari diamat2in, disenterin, dipelototin, sampe akhirnya di-keker pake  mikroskop. mirip adegan di film CSI.

selesai diperiksa, dokternya bilang kalau timbilennya bianca itu terjadi karena ada penyumbatan di jaringan lemak yg ada di kelopak matanya. ga bisa hilang hanya dengan dikasih obat atau dikompres. satu2nya cara adalah dengan membuka sumbatnya. otherwise, lama kelamaat kotoran yang menyumbat itu bakalan membatu dan makin sulit dikeluarin. tidak membunuh memang, tapi pasti sangat ga nyaman dan mengganggu keindahan.

hati saya mulai ciut dan jantung ketar ketir.

dokter ngasih 2 pilihan. kalau anaknya berani dan bisa bersikap koperatif, tindakan bedah kecil itu bisa langsung dilakukan saat itu juga, di ruang praktek dokter. tapi kalau anaknya takut, terpaksa dilakukan bius lokal, dan tindakan harus dilakukan di ruang operasi. saya langsung pengen semaput…

Puji Tuhan, setelah dikasih pengertian dan sedikit bujuk rayu, dengan berani bianca memutuskan untuk langsung dioperasi di tempat. anak hebat!

operasi kecil ini makan waktu kurang dari 15 menit. dan selama kurun waktru 15 menit itu saya berasa sedang nonton film horor. bayangin, ngeliat kelopak mata anak saya dibalik, terus disobek, ditambah ngednger suara bianca jerit2 kesakitan…. ga mau dua kali deh!

sama seperti pada proses pemecahan jerawat, setelah kotoran yang menyumbat dikeluarkan, rasanya langsung plong. walaupun memang butuh waktu 2-3 hari untuk recovery. tapi kita udah bisa langsung beraktivitas seperti biasa. bisa langsung mandi dan jalan2 ke mall. dan ga obat2an pasca operasi yang perlu dikonsumsi. beberapa jam sesudah operasi kecil itu, bianca sudah bisa main seperti biasa. jalan2, ngerjain pr dan latihan main piano. cuman sesekali memang keluar cairan sperti air mata dan kadang belekan. tapi 2 hari kemudian, semua kembali normal. Puji Tuhan.

selama masa persiapan operasi kecil tadi, saya sempet tanya2 dan belajar2 sama dokter sengdy. dan ini ilmu yg saya dapet dari beliau:

– hordeolum adalah suatu infeksi pada kelenjar minyak yang ada di tepi atau di bawah kelopak mata.biasanya terjadi karena kita kurang menjaga kebersihan di daerah sekitar kelopak mata. khususnya pada anak2, sering kali takut membersihan daerah itu dengan sabun, karena takut perih.

– gejala hordeolum biasanya berawal sebagai kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata. mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu yang mengganjal di matanya.

– pertolongan pertama yang bisa diberikan buat penderita hordeolum adalah dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 2-4 kali/hari. pokoknya, begitu keliatan ada gejalan timbilen, langsung kompres dengan air hangat, supaya pori2 kulit bisa terbuka dan kotoran bisa keluar, untuk menghindari terjadinya penyumbatan.

– tindakan pencegahan yang paling efektif adalah selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata. cuci/bersihkan sisa2 minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata dengan menggunakan sabun bayi. lakukan minimal 2 kali sehari.

dan mungkin, mitos usang tentang timbilen itu juga ada baiknya kita perhatikan. jangan suka ngintip orang mandi, apalagi bergaul terlalu intim dengan curut dan coro…

16 thoughts on “timbilen. bintitan.

  1. idem, angie juga baru kena bintitan, tapi ringan. di sini oleh ibu mertua jari tangannya diikatin benang..katanya pelan2 bisa ilang. gak tau deh bener apa enggak.
    tapi beberapa kali sebelumnya, terbukti agak manjur sih.
    angie tuh gak tau napa sering kena bintitan,kayaknya dah 3 kali.

    • hehehe…, pengobatan tradisional emang kadang lucu2 ya… anehnya suka ada yg manjur juga😀

      bianca juga udah 2 kali ini kena bintitan. tapi yang sampe harus dioperasi cuman 1x.
      keliatannya karena dia jarang bersiin daerah sekitar kelopak matanya pake sabun. karena takut perih…
      tapi setelah pengalamannya kemarin itu, skrg dia rajin sekali bersiin matanya…
      semoga angie juga sehat terus yaaa…. amin…

  2. airin says:

    OMG ga kbayang kok bisa ya melakukan incision tanpa bius? anaknya umur brapa mbak? hebatttt bgtt dia bs tahannn sakitnya … ngilu bgt aku dengernya …

    Pagi tadi anakku yg baru 21 bulan habis incision bintitannya yg udah 2 bulan ga sembuh2 pdhal dah ke beberapa dok mata and udah kasih salep antibiotik ini itu. Jadi terpaksa kita decide operasi, sangat berat karna harus bius total, karna masih kecil skali jadi ga bisa diam kalo cuma bius lokal.

    Semoga recovery nya cepet kaya Bianca yach … soalnya dia kaya trauma skarang, ga mau daerah matanya dipegang, jadi dibersihkan or dikasih obat pasca operasi juga ga mau :(((

    • umur bianca 9 tahun, Puji Tuhan, sekarang kondisinya sudah baik. malah sekarang dia rajin sekali bersihkan daerah sekitar matanya. kapok ga mau timbilen lagi😀

      semoga bayinya juga cepet sembuh yaaa…🙂

  3. ika says:

    halo,salam kenal…saya ika,br kmrn sy operasi hordeolum,sy mau bbgi crta,sy udh timbiln satu bln,sgt parah bgkakny,dan pecah sendiri,lalu muncl d tempt yg sm,pecah sndri lg,lalu msh d tempt yg sm tp ga mau pecah,wlopun dah minum obat,lalu oleh doktr dioperasi,ngerii…sakittt wlo dbius lokal,ad 4 sayatan,skrg msh bengkak,n msh mnum obt dr doktr,sy mo tany apkh msh ad bekas luka d kelopk bianca?lalu gmn biar ga bengkak pasca operasi?mksh,smoga ibu bkenan bbagi pglaman,tlg djawab…

    • hi ika, salam kenal juga dan terima kasih sudah mampir dan berbagi cerita ya…
      maaf baru sempat on line lagi😀

      puji tuhan, setelah operasi kemarin bianca ga ada pembengkakan. hanya perlu beberapa hari untuk recovery lukanya.
      setelah kejadian itu, bianca lebih rajin menjaga kebersihan kelopak matanya. dan sampai sekarang timbilennya ga pernah kembali lagi…

      semoga bermanfaat yaaa…😉

  4. wah, ngeri juga ya klo harus da operasi (meski ringan) coz anak kecil ya.. sy juga lagi referensi ttg timbilen anak sy..🙂 makasih tapi yach dah share..

  5. Qhazieba says:

    Boleh minta no Dr Sengdynya nggak, soalnya saya juga termasuk yang nggak puas. Saya sudah ke 3 Dokter, tapi belom mendapatkan solusi terbaik.

  6. Wiwied fayyaz azka says:

    anakq jg lg bintitan udah 4bln…umury 1,5 bln..sminggu yg llu priksa ke spclis mt dksh vit,antibiotik sm te2s mt..kty kl dioprasi bs hilng,tp kl g’..bnjolne kempes tp msh te2p ada..mnggu dpn sruh blik..tp kty operasinya hrz drmh skit..kan dy praktek drmh

  7. pita says:

    Waah…hebat bianca.
    Anak saya Rayyan, 23 bulan, jg bintitan dah hampir 1 bulan..dibawa ke dktr anak ga smbuh, ke dktr mata dikasih salep ttp ga kempes.. (22nya di rs mitra barat),, nah semalem ga sengaja ke dr sengdy.. kata blio ada 2 bintitan di klopak atas, 1 dibawah..saran dia satu2nya harus operasi pake bius umum.. hiks.. ga tega..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s