seri membesarkan anak perawan #1

anak: “bu, temenku si cemplon sdh pake miniset lho. katanya nanti kalau sudah kelas 5 dia mau pake be-ha”

ibu: “oya? nanti juga kalau sudah waktunya, kamu juga akan ngalamin pake miniset dan be-ha kayak temenmu si cemplon itu, nduk…”

anak: “ih, emang harus ya bu?”

ibu: “iya nduk, kalau perempuan sudah mulai dewasa, payudaranya bakalan membesar. dan dia bakalan perlu be ha buat membantu menyangga dan menjaga payudaranya. semua perempuan normal begitu…”

anak: “kalau gitu, aku maunya pake be ha kalau sudah es em pe aja ya bu… biar ga panas…”

ibu: “nanti kita liat ya nduk… ga usah terlalu dipikirin… semua akan terjadi kalau memang sudah waktunya…

anak: “nanti aku bakalan mens seperti ibu juga ya?”

ibu: ” iya, nduk… nanti kalau sudah waktunya, kamu juga akan ngalamin mens seperti ibu. itu juga normal… semua perempuan yang sehat dan normal ngalamin mens juga… ”

anak: “kenapa perempuan kalau sudah besar harus mens bu?”

ibu: “karena Tuhan sudah menciptakan perempuan seperti itu. dan semua yang diciptakan Tuhan adalah baik…”

anak: “mens itu sebenernya apa sih bu?”

ibu: “mens itu proses alami yang dialamin badan kita, nduk. tujuannya buat ngeluarin sesuatu yang ga diperlukan sama badan kita. sama seperti kita pup dan pipis. bedanya, kalau pup dan pipis terjadi setiap hari, kalau mens hanya kita alamin satu bulan sekali”

anak: “sakit ga bu?”

ibu: “ga kok… walaupun ada sebagian perempuan yg kadang ngerasa ga nyaman kalau sedang mens”

anak: “kalau perempuan mens, kalau laki2 apa bu?”

ibu: “laki2 memang ga ngalamin mens. tapi mereka juga ngeluarin sesuatu yang ga diperlukan sama badannya. kalau sudah waktunya nanti, ibu akan ceritakan lagi sama kamu ya nduk…”

*bersambung*

4 thoughts on “seri membesarkan anak perawan #1

  1. ...ina.. says:

    hohoohoh, baru dapet pertanyaan soal mens dr keziaaa….. dia pas liat aku ganti pad, dia nanya juga apa kalo besar nanti kek gitu… dan disambung lagi.. kalo boys berdarah juga? …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s