nasi jamblang so much!

nasi-jamblang1

saya emang bukan urang cirebon. tapi saya suka sekali makan sega jamblang.

jaman saya masih muda dulu, pendeta di gereja  saya sering modar mandir ke indramayu dan cirebon. sebagai biduan gereja, saya sama beberapa temen sering juga diajak. dan hampir tiap kali ke daerah indramayu dan cirebon, kami selalu menyempatkan diri buat menikmati makanan khas cirebon itu.

ciri khas sega jamblang ini ada di daun jati yang dipake sebagai pembungkusnya. pembungkus lho ya…, jangan ikut2an di makan. ga enak!

warung2 nasi di indramayu-cirebon biasanya ngejual sega jamblang secara parasmanan dengan rupa rupi lauk pendamping. sesuka hati yang punya warung aja. mirip warteg. mulai dari telor dadar, ayam goreng, semur tahu, semur telur, berbagai macam gorengan, tumis2an, perkedel, tahu, tempe, dan lain. tapi yang hampir selalu ada adalah sambel goreng khas cirebon.

sambel goreng a la cirebon ini sebenernya mirip juga sama sambel goreng daging/kentang/ati pada umumnya. cuman bedanya sambel goreng cirebon ini dikasih campuran irisan cabe merah dan rasanya juga ada manis2nya karena ditambahin kecap.

jaman kumpeni dulu, sega jamblang biasaya disuguhkan buat  para pekerja paksa yang membangun jalan raya anyer panarukan yang kebetulan lewat wilayah cirebon. sengaja dibungkus dengan daun jati, karena kalau dibungkus daun pisang biasanya nasi lebih cepat basi.

ya.., gitu deh sekilas sejarah si sega jamblang ini. dan, karena saya ga mungkin terbang ke cirebon buat menikmatinya, terpaksa nyoba bikin sendiri jadi satu2nya pilihan. lauknya pake yang availabe aja di rumah. yang penting, ada sambel goreng cirebonnya😀

selesai nyuci, makan sega jamblang di teras belakang rumah. serasa jalan2 ke jaman daendels…😉

added later:
buat yang kemarin sempet baca ceritanya benaia dengan 2 ekor ikan kecilnya. kemarin sepulang sekolah saya tanya bebe:

“gimana kabarnya ibu ikan, be? marah ga dia?”

benaia cuma menjawab dengan singkat:

“enggak bu, ibu ikannya udah pulang ke ancol…. “

😀

32 thoughts on “nasi jamblang so much!

    • bulan kemarin benaia ikut field trip ke ancol 2 kali. pertama ke sea world, yang kedua ke gelanggang samudra. mungkin idenya dari situ😛 sementara ini belum pernah jalan2 ke kali krukut😀

    • kebeneran di pasar deket rumah ada yang jual jeng. titip ke tukang sayur juga bisa…

      btw, sambel gorengnya uenak ya jeng…😉
      aku kan kabita ngeliat yang ada di blogmu😀

    • daun jati sebenernya ga seperti daun pisang Ko. kalau nasi yang dibungkus daun pisang kan biasanya aromanya jadi tambah wangi. nah, kalau si daun jati relatif ga ngasih pengaruh aroma apa2 ke makanannya. cuman pori2 daunnya emang bisa bikin nasi bisa bertahan lebih lama, ga basi dan tetep pulen😀

  1. siang2 gini jam makan pulak, baca postingan Lesca ini tambah lapeerrr….lihat gambarnya aja ud terasa guuuriihhnya. Si babe lucu bgt ya Les….. dia seumuran ma Christo tuh 3 thn juga bln ini🙂

    • hehehe…, nasi anget sama sambel goreng cirebonnya itu emang bikin hati luluh jeng…😀

      kapan2, benaia harus kenalan sama christo mom, pasti seru😀

  2. Kapan-kapam kalau makan nasi jamblang, sebut namaku ya mbak! Masalahnya saya belum pernah makan nasi jamblang, di kotaku adanya nasi pecel, mau?!

    Salam kenal

  3. berapa sebungkusnya Jeng… liet fotonya aja ngiler, apalagi kalau liet aslinya ngak tahan…bisa2 makannya nambah melulu…

    Be…dikau lucu sekali..

  4. Mbak, makasi ya postingan blog ini…aku suka banget nyoba2 bikin masakan Indonesia, terutama dari daerah di luar daerah asalku. Bergunaaaaa banget deh link ke resep yg di multiply. Salam kenal n makasi :))

  5. gak mau komen soal nasi jamblangnya
    tp “BIDUAN GEREJA” nya itu lhoooo………
    nyanyi dong les……. *seius nih, bukan ngledek*

    • whahahaha…..!!!
      sisa2 kejayaan masa lalu deb😀
      dulu kalo gw nyanyi, orang2 pada terkesima😛
      sekarang, baru mulai ambil suara, anak2 udah pada protes: “ibu…., berisik!!!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s