Marionette. Boneka Pahlawan Ceko.

Sepasang boneka marionette ini saya beli 7 tahun yg lalu di Praha, di sebuah toko suvenir dekat Charles Bridge.

Boneka kayu khas Ceko ini bentuknya mirip wayang golek, dan mereka dimainkan dengan cara digerakan menggunakan tali-tali yang dikendalikan oleh seorang dalang. Konon pertunjukan boneka marionette yang berbentuk teatrikal ini sudah ada sejak jaman kuno, sekitar 3000 tahun Sebelum Masehi. Pada tahun 1800an, opera-opera marionette cukup terkenal di berbagai bagian di Eropa. Wayang atau boneka ini juga sering tampak di jalanan sebagai suguhan/hiburan masyarakat baik dalam event yang diselenggarakan secara mandiri, maupun sebagai bagian dari bazar dan acara-acara sirkus.

Boneka marionette punya peranan sangat penting dalam sejarah bangsa Ceko. Berkat boneka sederhana itulah bangsa Ceko – sekaligus bahasanya – secara tidak sengaja dapat diselamatkan.

Di abad ke-17, ketika Kerajaan Bohemia berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Habsburg, bahasa Ceko nyaris hilang. Penduduk asli Ceko, yang kebanyakan petani dan kelas pekerja, dipaksa berbahasa Jerman oleh para penjajah mereka. Bahasa Ceko menjadi dialek belaka, dan akan segera terlupakan.

Kegiatan membuat boneka telah lama menjadi bentuk protes masyarakat Ceko. Pemahat kayu abad ke-17, yang lebih berpengalaman dalam memahat kursi-kursi Baroque untuk gereja ketimbang miniatur manusia, mulai membuat boneka-boneka untuk aktor-aktor Bohemia,  karena boneka-boneka adalah satu-satunya entitas yang tersisa, yang memiliki hak istimewa berbicara dengan bahasa Ceko di muka umum.

Ketika seantero Ceko mengikuti bahasa Jerman yang dipaksakan, para aktor dan dalang boneka – yang melakukan pertunjukan keliling – berbicara melalui boneka-boneka tersebut dengan bahasa Slavic, bahasa asli mereka. Mungkin tampak janggal bahwa beberapa ratus boneka dan aktornya dapat melindungi sebuah bahasa. Tetapi warisan terakhir rakyat Ceko yang menghubungkan masa lalu mereka terikat pada tali-tali boneka.

Sekarang kita paham mengapa boneka-boneka ini mendapat tempat di hati orang-orang Ceko, dan kenapa keajaiban boneka ini terus merasuk di kota Praha.

Sumber: BBC Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s