ayam yang lain lagi

saya emang udah jarang masak sekarang. kalau main di dapur, lebih sering buat nyuci piring, atau beresin perabotan yang bolak-balik diberantakin benaia. dengan alasan kepraktisan, dari senin sampe jumat saya cuman nyiapin sarapan buat bapak dan anak2, masak air dan masak nasi. buat lauknya saya pesen catering ke tetangga di komplek. kalo ga gitu, saya ga punya cukup waktu buat main monopoli sama bianca atau nemenin benaia liat kodok di halaman belakang rumah.

sooo, saya hanya masak tiap sabtu dan minggu aja. tapi tetep ga bisa masak yang aneh2 atau makan waktu lama. soalnya, kalo week end, ‘anak’ saya kan malah jadi 4 orang. hehehe😀 . cuman saya usahain buat bikin masakan yang rada spesial, yang disenengin sama bapak dan anak2. kayak ayam yang satu ini. ide awalnya nyontek dari resepnya chef ragil di acara selebriti masak. cuman karena waktu itu ga sempet nyatet resepnya, jadi yang ini bumbu2nya saya modifikasi sedikit😉

buat yang hobi makan ayam, mungkin resep yang 1 ini bisa dicoba. orang rumah sih bilangnya ‘mak nyuuussss……’😀

ayam bumbu sere
bahan & bumbu2:
1 ekor ayam, potong 12 bagian atau sesuai selera
6 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
cabe merah
cabe rawit
3 cm jahe
3 batang serai
bawang daun
minyak goreng untuk menumis
garam secukupnya
2 sdm minyak wijen
1 sdm cuka apel
3 sdm kecap inggris
2 sdm ang ciu, kalo suka

cara bikin:
– setelah dicuci bersih, lumuri ayam dengan sedikit garam & kecap inggris. diamkan k/l 15 menit.
– rajang halus bawang merha, bawang bombay, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, jahe, serai dan bawang daun.
– panaskan minyak untuk menumis. masukan ayam, aduk sampai kira2 3/4 matang
– masukan berturut2: bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe merha, cabe rawit, jahe, serai lalu bawang daun. aduk rata.
– tambahkan minyak wijen, cuka apel, garam dan ang ciu. aduk sampai ayam benar2 matang. angkat.

mudah dan cepat😉

7 thoughts on “ayam yang lain lagi

  1. mom4kids says:

    wah asyiknya Les , bisa pesan makanan di catering , seandainya di Bld juga bisa begitu …

    memang repot ya jenk ngurus anak2 seusia begini , tapi lebih banyak happynya khan ??

  2. te' tie says:

    kalo di liat fotonya emang keliatannya rasanya maknyuss…..apalagi bisa dikirim ke cilacap ya?wah udah gk sabar aja pengen ke bekasi nyoba makanan enak.maklum udah 9 bulan makanan perlu dijaga hehe…

  3. wulan says:

    gw catet deh les… kayaknya sih gampang… btw, angsiu itu apa ya? trus minyak wijen itu kayak apa? apa bisa diganti minyak yang lain? hihihi… maklum, namanya juga nyonya baru…. baru punya dapur gitu… ;p mudah2an berhasil yaaa… kasian suamiku makan makanan yang rasanya ‘mengagumkan’…. hehehe… caiyo!

  4. lescaboma says:

    lesca to susie: seandainya kita deket ya sus. bisa bikin usaha catering di belanda. hihihii… laku ga ya??? :-p

    lesca to te’ tie: sabar ya tante…. habis gelap terbitlah terang😉

    lesca to mama acel: hehehe, kalo yg buat anak2 emang ga pake cabe rawit. tapi kalo cuman dikasih cabe merah sedikit mah, benaia masih doyan😀

    lesca to wulan: gampang banget jeng! must try laahhh…😀 minyak wijen itu bentuknya ya kayak minyak. hehehe… bisa beli di carrefour. yg botol kecil kalo ga salah harganya sekitar tujuh ribuan. kalo ga ada jangan diganti minyak rem atau minyak kayu putih. sebaiknya ga usah pake aja sekalian😀

  5. ...ina... says:

    wadoh enaknya bisa catering ama tetangga… seandainya tetangga gue juga ada… *mimpi.com* ..hihihi

    hmms.. ayamnya keliatan enak…

  6. wah, klo saia maunya katering sm mbak lesca ajah keiknya yummy banget ayamnya… (*ngelap iler yang menetes tanpa kompromi gara2 memandangi foto ayam bumbu sereh a la Lesca*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s