sambel goreng bali

dari sekian banyak makanan tradisional bali yang unik dan enak itu, yang paling berkesan dan selalu terbayang di kepala saya adalah sambel gorengnya. dulu ada temen saya yang nebak, kalau saya ini mungkin masih keturunan merak. soalnya senengannya makan yang pedes2. hehehe…, apa iya merak seneng makan pedes? entahlah.

sebenernya udah dari beberapa minggu yang lalu pengen bikin sambel goreng bali ini. tapi kok selalu berbenturan dengan rasa males ngiris2 bawangnya. lagi ga kepengen berlinangan air mata. kalau sengaja2 beli slicer, kok kayaknya maksa banget :-p padahal bau khas terasi yang bercampur dengan cabe rawit yang digoreng itu udah seperti lewat2 di depan idung.

eeehhh…, seperti pucuk dicinta ulam pun tiba. kemarin sore dapet kiriman paket dari nyokap di bali. salah dua isinya adalah 2 toples bawang goreng! hhmmm…, sudah ga ada alasan lagi buat menunda. kebeneran pohon cabe rawit di belakang rumah juga lagi getol2nya berbuah. jadi, tadi siang nyempetin metik rawit yang udah merah2. lumayan, dapet 36 biji yang gede2.

o, ya… sambel goreng ini enaknya dimakan sama apa? kalau di daerah asalnya sana, biasanya dimakan sama nasi campur. tapi kalau di rumah saya mah bebas aja. alias seadanya😀 bisa sama tahu tempe goreng. bisa sama ayam goreng. bisa sama telor dadar. atau bisa juga sama nasi anget dan kerupuk doang. hehehe… siang ini, saya makan sambel goreng ini sama nasi anget, perkedel tahu dan tumis tempe. lejaaaddd…. banget😀

sambel-goreng-bali

sambel goreng bali
bahan:
cabe rawit
bawang merah
bawang putih
terasi
garam
minyak untuk menggoreng

cara bikinnya:
– iris tipis bawang merah. goreng. sishkan.
– iris tipis bawang putih. goreng. sisihkan.
– iris2 cabe rawit. goreng bersama dengan terasi sampai harum dan matang. tambahkan garam secukupnya.

cara menyajikan:
– campur bawang merah goreng, bawang putih goreng dan campuran cabe rawit dan terasi goreng sesaat sebelum dinikmati.
– buat yang suka, sesudah semua bahan dicampur, siram atasnya dengan sedikit minyak sisa menggoreng bawang. kalau orang jawa bilang: minyak jelantah😀 siraman minyak ini akan memberi efek2 gurih & nyemek2😉

9 thoughts on “sambel goreng bali

  1. Bunda,… Iko gak begitu doyan sambal….

    Paling doyan itu sambal kecap, tapi keknya sambal ini menggoda selera yaaa….

    Ini Iko sudah lama balik dari puncak koq, Bunda…

  2. dian: iya nih… made in nyokap😀 de best banget yaaa… :-p ini ada tips bikin bawang goreng biar renyah. barangkali bisa dicoba.
    – setelah diris2, cuci bawang goreng denga ir garam.
    – setelah itu angin2 sebentar sampai bawang kering.
    – taburi dengan sedikit tepung beras, setelah itu goreng dalam minyak panas. gorengnya sedikit2, jangan asmpe wajannya kepenuhan. nanti bawangnya suka pada lengket.
    – goreng hanya sampai berwarna kekuningan. angkat. minyaklpanas yang nempel di bawang nanti bisa bikin bawang jadi kecoklatan.
    – simpan dalem wadah tertutup.

    iko: cobaindeh… pasti ketagihan😉 hehehe… maksa😀

    emaknya fee: setuju! bikin diet ancur :))😀

    sussie: iya sus. enak juga. pokonya nyaris semua jenis sambel aku suka. nggragas banget yaaa… :-p

    caroline: sini yuk! persediaan masih banyak nih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s