malaikat juga tahu….

musim ujan. dingin2, makan spagheti anget sambil dengerin lagunya dewi lestari:

terkadang malaikat,
tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawaaan….
tapi kasih ini, silakan kau aduuu…..

spagheti

resep spagheti ini termasuk salah satu andalan saya. formulasi ingredients nya saya ciptakan (heh, ciptakan? hehehe… iya! kalau dirunut2, saya ini masih ada hubungan kekerabatan sama enstein😉 ), belasan tahun yang lalu. jaman saya belum jadi ibu2. waktu kemahiran memasak saya baru sebatas ndadar telor, masak nasi dan bikin mie instant😀 emangnya sekarang udah jago? hehehe…, ga juga :-p

lucunya, baru belakangan saya tau, kalo topping spagheti yang dibikin dari tumisan daging cincang dan pasta tomat itu namanya saus bolognese. :-p

entah saya yang kege-er-an, atau orang2 di sekeliling saya yang ga mau menyakiti hati saya, yang pasti semua orang yang pernah nyicipin spagheti bikinan saya selalu bilang: “hhmmm…, enaaakkk….!!!” dan biasanya, pada minta dibikin lagi. entah karena bener2 enak, atau karena gratis :-p

bikinnya cepet. hampir sama cepet dengan abisnya😀 karena kebetulan saya belum pernah ke itali, jadi saya ga bisa bilang, apakah spagheti ini sama rasanya dengan spagheti yang ada di sana. tapi kalau disuruh diadu sama spagheti yang dijual di beberapa resto cepat saji di jakarta mah, saya masih berani…😉

“… malaikat juga tahu, siapa yang kan jadi juaranyaaa…..”

spagheti a la lesca

bahan:
k/l 250 gr pasta spagheti
8 sdm minyak sayur
250 gr daging cincang
1 butir bawang bombay
k/l 10 siung bawang putih
1 botol saus tomat (k/l 250 – 300 ml). biasanya saya pake merk delmonte atau hunts. tapi kalo ga ada, pake merk indofood atau abc juga jadi😀
1/3 botol saus sambel (sama, kalau ada hunts atau delmonte, kalo ga ada, apa aja…)
garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
oregano, secukupnya
keju permesan, kalo pas lagi punya😀

cara bikinnya:
– rebus air sampai mendidih.
– masukan 2 sdm minyak sayur
– masukan pasta spagheti, rebus hingga matang dan mencapai tingkat kelembekan yang diinginkan
– keluarkan pasta dari air, tiriskan.
– panaskan wajan, masukan 6 sdm minyak sayur.
– masukan bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris tipis. tumis hingga harum
– masukan daging cincang, aduk dan masak sampai daging 3/4 matang.
– masukan saus tomat, aduk rata.
– tambahkan saus sambal (kalo ga suka pedes ga usah pake), aduk lagi.
– tambahkan garam dan gula pasir.
– tambahkan bubuk oregano.
– angkat.
– siapkan pasta di piring, siram dengan tumisan daging. taburi lagi dengan bubuk oregano kalau suka, dan keju parmesan, kalo punya😀

makannya pake garpu yaaa…, jangan pake sumpit… hehehe😀

8 thoughts on “malaikat juga tahu….

  1. emaknya fee: lots and lots and lots of love….!!!😀

    nuke: malaikatnya sibu beberes rumah terus buk! :-p

    ami: hehehe, sama dong ya…😀 salam kenal juga. sering2 mampir yaaaa 🙂

    debby: sok atuh bikin mom, kan gampang banget. ntar kalo udah jadi kirim2 yaaa….😀

    dian: they’re the best ya jeng…😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s