pulang

sisa-adonan-kue

salah satu bagian yang paling menyenangkan dari kegiatan membuat kue buat saya, adalah waktu saya ngoretin dan ngejilatin sisa2 adonan di baskom atau loyang😀 bukan karena rasanya yang terlalu enak, tapi karena kegiatan itu seperti membawa saya pulang.  ke rumah masa kecil saya…

malam ini, saya ditemani sama anak perempuan saya satu2nya, bianca, kami membuat beberapa cup cake untuk acara ulang tahunnya benezra. saya memperhatikan anak saya yang begitu semangat ingin membantu, mulai dari memegang mixer, mencampur bahan dalam adonan, sampai memasukan adonan dalam cetakan. bisa ditebak, bantuannya memang cenderung bikin saya malah jadi keder. tapi ngeliat tampang dan semangatnya, ga tega saya ngelarangnya.

ah, biarlah kue kami ga sempurna. saya siap terima kritikan🙂 tapi saya yakin, malam ini saya membuat anak perempuan saya gembira dan bangga.

mungkin pengalaman dan pemandangan yang sama sering juga terjadi di rumah masa kecil saya itu. lesca kecil ngotot mau bantuin mamanya bikin kue. dan kalau dilarang, maka dengan setia saya akan menunggu, sampai tiba waktunya adonan dimasukan ke dalam loyang. dan sesudah itu, dengan senang hati akan menjilati sisa2 adonan yang masih nempel di baskom. atau, sesudah kue matang, saya juga boleh ngoretin sisa2 kue yang nempel di loyang. rasanya enaaaakkkk sekali🙂

di rumah itu, entah sudah berapa ratus kali saya liat mama saya bikin kue. baik untuk dijual di warung2, buat sukuran ulang tahun, atau suguhan tamu di hari natal. kue2 sederhana yang dibuat dengan cinta. kue2 masa kecil yang punya rasa luar biasa.

saya memang ga akan pernah lagi liat mama bikin kue di rumah itu. dan saya ga mungkin jongkok di salah satu pojok dapur butut itu untuk ngejilatin dan ngoretin sisa2 kue yang ada di loyang. tapi ada banyak kenangan masa kanak2 saya di rumah itu, yang akan tersimpan rapi. untuk waktu yang sangat lama….

17 thoughts on “pulang

  1. lesca kecil hobbynya sama ma debby kecil, suka jilatin loyang bekas adonan, malahan sering bilang ke mamanya ‘ma, sisain adonannya yg byk yaaaaa’ =)

  2. ih ….itu gue banget, soalya dulu sama sodara2 pasti ngetekin sisa adonan tiap nyokap bikin kue. Tiap anak dulu2an ngetekin, “aku sendoknya! aku tempatnya!”, abis itu sibuk deh kita menjilat-jilat barang yg udah ditekin. Selesai manggang kita biasanya lebih akur ngerokin sisa2 kue dari loyang setelah kue dipindah. Pokoknya sampe gak bersisa, bersih sebersih2nya. Pokoknya rebutan itu menjadi kenikmatan tersendiri. Bukan yang pere aja loh yg suka jilatin. Adik sy yg laki juga. Dulu emang mama sy juga sering buat kue. Kalo sekarang udah males lebih sering nyuruh anak2nya ato beli aja. Tapi sekarang klo sy buat kue sy larang anak sy jilatin loyang. Gara2 takut virus flu burung yg mungkin masih nempel di telor mentah yg udah tercampur adonan. Jaga2 aja. Tapi anakku seneng banget seperti Bianca, bantuin mamanya, walaupun akhirnya merepotkan juga. Dia excited banget, lumayanlah bisa bantu2 juga ambil2 barang. Dia paling suka disuruh nimbang2 dan aduk2.

  3. weeh met ultah untuk benezra. anakku laki tapi juga seneng bantuin bikin adonan, suka banget nguleni terus ngebagi-bagi adonan jadi kecil2 -untuk bikin roti atau kue kering-

  4. Ini salah satu alasan n semangat saya buat kue mba ca,dua anak ajaib seneng bgt kl mamanya dah megang mikser apalagi dimas lbh ajaib lg kl kumat ga mau makan nasi maunya makan kue…laporan dong mba

  5. kenangan masa lalu itu indah yach…
    apalagi aku sekarang tinggalnya jauh dari ortu, kadang2 kalau lagi kangen cukup ngingetin masa2 indah waktu kecil dulu…

    btw, kuenya pasti enak…

  6. de: berati aku ga ketuker ya dhe?😀

    debby: hehehe…, jaman kecil dulu, perasaan adonan kue itu kayak es krim ya…? :-p

    puak: banyak temennya kita buk…:D

    nuke: benaia semalem udah tidur, kalau liat, mungkin mau ikut2an juga :-p
    foto kkuenya nanti ya mam…😉

    emma: apalagi yang kering2, yang nempel di loyang, anget2 pulak…. :))

    mela: harus diturunin ke anak2 tuh jeng, secara menurut pengalaman, kegiatan bikin kue sama our girls bisa jadi jurus jitu membangun kedekatan sama anak. ntar kalau udah gede, mereka juga jadi punya cerita dan kenangan yg manis sama ibunya😀 hehehe…, sok nasehatin gitu yak… :-p

    ariel: taste like one, though…😉

    ami: tq yaaa…, kalau udah gede lumayan jeng, banting2 adonan roti kan cukup menguras keringat😀

    felicia yin: hehehe…., jilatadonankue fans club gitu…? :))

    marlian: tetap semangaaattt!!!😀

    larisa: betul jeng. indah, dan kadang suka bikin mata mbrebes mili🙂

  7. ada temennya ternyata gw ini……mau nyokap dulu sampe melotot juga, gw gak peduli, ngoretin sisa adonan itu emang tiada dua nya…huehehehehe

    and guess what…skarang nurun ke dennis…hihihihihi…Uti nya kalo udah ngliat dennis ngoretin sisa loyang mukanya yang takjub gitu, sedangkan gw yang lagi bikin2 gitu cuman ngebatin – nurun!

  8. rie says:

    btw..
    bapakny anak2..protes ga dg ke’biasaan’ ini..?
    he..he…
    ato jgn2 malah demen…?? [ati2 ntar ada paparazi ambil pose di dpn kuali tsb lho..]
    wakakwwakkekwak..

    Gbu

  9. oo..so sweet….aku jadi terharu..hal2 kecil emang sering menjadi penghubung masa kini dan masa lalu…aku jadi inget mbahku yang pinter masak..bikin cakwenya enak banget!! tahu gak hal yang aku sukai dan inget sampai sekarang cara melintirkan adonan…duh gak ada yang sehebat beliau…sayang beliau sudah tak ada,saat dipanggilpun aku tdk berada disisinya…tapi kenangan dan kasih beliau sangat berkesan sampai sekrang dan selamanya…ups jadi curhat neh!!

  10. debbie: pan apel ga pernah jatuh jauh dari puunnya ya buk…😉

    rie: bapaknya malah belum tau kalau istribya punya kebiasaan ini… hihihi… :-p
    kemana aja paaakkkk…? :))

    mama icel: there’s nothing like a chilhood’s memory ya mom…🙂

    emaknya fee: hehehe…, bener banget. emang udah harus pasang kuda2 dari sekarang😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s