menu minggu siang

lagi pengen masak makanan yang sederhana2 aja. bosen kemarin2 makan steak melulu😛

pilihan jatuh pada tumis labu siam sama tempe penyet. bahannya gampang dicari. harganya murah. bikinnya cepet. rasanya sesuai sama lidah😀

kalo ga malu sama umur, tadi rasanya pengen nambah sepiring lagi :-p

tumis-labu-siam-tempe-penyet

tumis labu siam.
bahan:

labu siam
teri
bawang merah
bawang putih
cabe merah
cabe rawit
garem, minyak untuk numis.

cara bikinnya:
– kupas labu siam, cuci dengan air garam sampai getahnya bersih.
– potong2 bentuk korek api. ukurannya dikira2 aja. jangan kekecilan biar ga ancur pas dimasak. dan jangan kegedean biar nanti kalau mau makan mangapnya ga susah😉
– cuci bersih teri, goreng setengah matang
– tumis bawang merah + putih yang sudah dirajang halus
– masukan potongan cabe merah dan irisan cabe rawit
– masak hingga empuk
– tambahkan teri
– tambahin sedikit garem, kalau dirasa kurang asin
– angkat, makan sama nasi anget😀

tempe penyet
bahan:
– tempe goreng
– bawang merah
– bawang putih
– cabe merah
– cabe rawit
– terasi goreng/bakar
– air perasan jeruk nipis
– garam dan gula secukupnya

cara bikin:
– haluskan bawang, cabe dan terasi
– tambahkan garam, gula dan air jeruk nipis
– letakan tempe goreng di atas bumbu, tekan2 sampe tempe penyet dan bumbunya merasuk ke dalam tempe.
hehehe…, kok merasuk ya?

10 thoughts on “menu minggu siang

  1. inot says:

    hai les. apa kabar. hm. enak banged resep2mu. aku masih suka masak nasi kampung itu loh. yg ini mo coba deh. kayaknya enak dan gak ribet. apa kabar les? moga sehat2 dan anak2 juga ya.

  2. Labu siamnya ada seh di Le Creusot … tapi tempenya? Harus cari ke Belanda nih! … kali diganti sama ayam saja ya?

    Makasih resepnya bisa dicontek!

  3. mama icel: betul banget mom. apalagi dimakan sama nasi anget. hhhmmm…, maknyuusss…. :))

    mercury falling: asal jangan kerasukan tempe aja kali ya? **hush**😀

    inot: puji tuhan kabar baik. di belanda nyari labu siam ga susah ya? cuman rada mahal kali ya? kalau di sini seribu sebiji. itu kalau di tukang sayur. kalau di pasar mungkin harganya bisa setengahnya😀

    juliach: tempe penyetnya bisa diganti juga sama ayam atau bebek goreng. rasanya ga kalah nikmat😀 selamat mencoba yaaa…

    rie: ayo…, bikiiiinnn….😉

    heny: hehehe…, kayaknya jengkol dimasak penyet enak juga ya? boleh juga kapan2 dicoba😀

    salam kenal juga, semoga betah main2 di sini😉

  4. aduh jeng, baru jam 5 pagi aku baca blognya lgs laper nih😀
    udah seminggu ini nyari2 tempe, lg kangen banget ama tempe, tau2 liat resep tempe juga. Kata temen2 seh tempe ada, tp emang jarang bgt & susah nyarinya, mana kecil mungkin 1/4 ukuran tempe di indo tp harganya $7😦

  5. susy: wakwaw…., 70 puluh ribuan ya? di sini sepotong gede cuman 3000. ongkos nganter ke sananya yang mahal kali ya? hehehe….
    udah, pulang ke jakarta aja…😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s