ups and downs

sama seperti segala sesuatu dalam hidup, membesarkan anak2 juga penuh dengan ups and downs.

beberapa hari ini saya berpikir, cerita tentang ketiga anak saya di blog ini rupanya didominasi dengan banyak “ups”. saya baru sadar waktu ada seorang teman yang bilang: “anak2mu hebat2 ya les… pinter2. ga ada yang nakal. pasti seneng banget yaa…”

bagian seneng bangetnya memang saya sepakat. tapi walaupun saya ga pernah terlalu setuju dengan sebutan “nakal”,  saya harus bilang kalau anak2 saya juga kadang2 “agak susah diarahkan”😀

beberapa hari yang lalu, kebetulan bapak  “pulang cepet”, mungkin sekitar jam9 malem. dan karena lagi masa libur, jam segitu anak2 belum tidur. waktu ngeliat anak2 main, berantem, teriak2, rebutan mainan, bapak cuman bisa geleng2 kepala sambil bergumam: “bisa bludreg aku…”

hehehe…, belum kena stroke kan😀

buat orang yang belum biasa, teriakan2 anak2 saya memang cukup memekakan telinga. kalau sering2 dan terlalu deket mungkin juga bisa bikin orang kena gejala budeg.

buat yang baru pertama kali ngeliat, kegiatan2 ekstrim seperti manjat2 teralis jendela, nyolok2 stop kontak pake pensil, akrobat di atas kloset kamar mandi, mungkin cukup bisa bikin orang linu. kalau ga kuat dan tabah, bisa kena serangan jantung.

dan buat mereka yang biasa di rumahnya tenang, tentram dan serba teratur, ngeliat pemandangan dan adegan2 semi horor di rumah saya…., entahlah apa yang mereka pikirkan…

saya rasa rata2 1 kali dalam 1 jam, terjadi pertengkaran di antara anak2. umumnya dipicu masalah perebutan hak milik atau kekuasaan. yang ini juga saya ga ngerti. anak2 saya bisa ribut besar hanya gara2 rebutan bantal yang bentuk, ukuran dan gambarnya sama persis. ga jarang pertengkaran juga diwarnai dengan tindakan kekerasan. saling pukul, tendang, jambak, cakar…

urusan channel tv juga bolak balik jadi biang keributan. yang satu maunya nonton spongebob. yang satu maunya nonton upin ipin. yang satu maunya nonton dvd barney… kalau udah ga ada yang mau ngalah, biasanya pertengkaran diakhiri dengan anak2 yang nangis jerit2, remote yang dilempar sampe jatuh berantakan, dan suara ibu2 yang jerit2 kayak nenek sihir…

itu baru sekelumit “kerusuhan” yang sudah jadi pemandangan rutin di rumah kami. lainnya…

bianca masih suka nangis kalau kemauannya ga diturutin. merengut kalau ada hal2 yang ga cucok sama hatinya. dan ga mau ngalah kalau ribut sama adik2nya. kalau sudah asik di depan tv, suka lupa sama pe er nya.

benaia masih suka jerit2 kalau propertinya dipegang adiknya. kalau udah kesel suka mukul dan ngegigit. hari ini masih ada beberapa sisa luka cakar di mukanya benezra. kalau minta sesuatu biasanya harus langsung diturutin. kalau ga, nangis.

benezra….. dari semua anak saya, benezra adalah yang paling kuat. kemarin, sepulang main lumpur di sawah, butuh 3 orang dewasa buat megangin benezra saat dia mandi. badannya memang kecil, tapi kiyeng dan tenaganya minta ampun. terutama kalau dia sedang berontak. kalau ga berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan, biasanya langsung ngamuk. jerit2. lempar2… tadi pagi, dia minta dibuatin susu di botol. kebetulan saya sedang di kamar mandi. karena ga sabr nunggu, benezra langsung buka kamar mandi, ngelempar botol susu ke dalam kamar mandi, dan menghardik ibunya dengan bahasa seadanya: “bu! wuwu!!!”

sepupu saya yang seorang kapten kapal pernah mengeluhkan idungnya yang cenut2 selama berhari2 gara2 kejeduk kepalanya benezra. ibu saya juga pernah bilang kepalanya pening gara2 dijambak benezra…

jadi, kalau ada orang yang bilang anak2 saya “nakal”, saya mengerti. walaupun tetap ga setuju. saya hanya akan bilang kalau anak2 saya memang bukan anak2 yang sempurna. ada banyak hal dalam diri mereka yang masih harus diperbaiki. dan sama seperti segala sesuatu dalam hidup, selalu ada suka dan duka dalam membesarkan anak2. ada saat yang menyenangkan. ada saat dimana kita harus ngelus2 dada dan sesekali meneteskan air mata.

yang pasti, membesarkan ketiga anak saya adalah pengalaman yang luar biasa. selalu ada pelajaran baru setiap hari. dan pelajaran tentang pengendalian diri dan kesabaran adalah salah satu yang sks nya paling besar😀

terima kasih tuhan, buat anak2 yang istimewa. dan buat pelajaran hidup yang luar biasa. senantiasa pimpin dan mampukan kami untuk jadi teladan yang baik dan benar buat anak2 kami. kuatkan dan mampukan kami untuk menjaga mereka. menuntun mereka. menjadi anak2 yang saleh dan takut akan tuhan. amin.

6 thoughts on “ups and downs

  1. *peluk-ibuk*
    ber-urus-an ama bocah ituw emang butuh kesabaran dan keikhlasan yg luar biasa…untuk yg satu ini dakyu harus byk berkaca pada mama yg ampe detik ini untuk marah ke anak, apalagi kecucunya sangat2 mustahil dan sepertinya tidak akan pernah terjadi..blio selalu punya cara untuk mengubah amarah menjadi kasih sayang..
    tetap semangad yah buk, apapun kondisinya, anak itu merupakan amanat dari yang kuasa dan kita harus menjaga amanat itu semampu yg kita bisa..
    muah muah muah

  2. salut banget sama ibu yg satu ini, aku aja baru punya anak 1 udah pusing, ga kebayang klo punya 3 yg kaya gitu hihihiihih

    tapi kalo lagi ‘baik’ emang mengalahkan segalanya deh ya🙂

  3. sama di mana2 kayaknya yah les. anakku juga gitu. aku juga lagi mau nulis soal mereka sering berantem. rebutan barang yg sepele. berakhir dg aksi kekerasan, ada aja yg nangis. wah, dulu crystal itu kuat nangis 45-60 menit!!!! sampai akhirnya tertidur. habis kita cuekin.

  4. mom4kids says:

    tapi aku yakin kok biar kadang2 berantem gak ada yg ngalahin hubungan kakak adik , mungkin karena mereka umurnya lumayan deket ya jadi kadang2 berantem kecil gitu ..di tempatku yg nakal si kelvin , suka menyalahgunakan situasi karena merasa paling kecil , untung kakak2nya sayang dan ngalah ama adiknya , kalau gak pasti perang dunia kali , abisnya si kelvin bener2 nakal dan ngletis , hobbynya merusak kerajinan tangan kakak2nya dari sekolah dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s