terlalu cepat besar

saya sering denger orang cerita: “kalau anak2 sudah besar2, susaaaahhhh banget mau ngumpul. bahkan saat wiken dan libur pun, anak2 biasanya sudah punya acara sendiri2….”

denger cerita kayak gitu mah saya sudah seriiinnnggg…… dan saya juga tau, suatu hari nanti, waktu saya juga akan tiba. yang saya ga nyangka, ternyata saat waktu itu mendekat, saya benar2 tidak siap.

jadi ceritanya, week end kemarin kami tetapkan sebagai hari bermalas-malasan of the year. jam 7 baru bangun. itu juga karena anak2 merengek minta sarapan. kalau ga, mungkin saya baru bangun jam 9. hehe..

selesai anak2 sarapan, kami semua cari kesibukan kesantaian sendiri2. ada yang baca buku. ada yang main game. ada yang nonton tv. judulnya acara bebas. saya sendiri langsung mantengin TLC, nonton acara jalan2 kesukaan saya.

dan karena hari itu saya males masak, saya tawarin bapak dan anak2 untuk makan seadanya, pesan makanan lewat delivery order, atau keluar cari warung2 makan deket2 rumah. semua setuju. tapi belum ada yang memutuskan pilihannya.

siangnya, saya sudah membaca gelagat anak2 yang sudah mulai kelaperan. tapi karena belum ada yang mandi, jadi ga mungkin ngajak mereka keluar makan. ditawarin mau makan apa, semua bilang terserah ibu. cek kulkas, masih punya salmon sama kentang. setengah jam kemudian grilled salmon dan mashed potato siap buat lunch. gaya bener yaaa…. ga selamanya kami makan di rumah dengan menu gaya model gitu kok. seringnya sih sama sambel goreng tempe dan semur jengkol.

selesai makan, semua asik lagi dengan hidupnya masing2. ada yang lanjut nonton, ada yang baca buku, ada yang main ps, ada yang asik nyusun2 blocks, ada juga yang sibuk ngurusin kandangnya fillo.

menjelang sore, anak2 saya paksa mandi. tadinya saya mau ngajak mereka keluar buat cari makanan. biasanya anak2 selalu excited kalau diajak jalan2. walaupun itu cuman ke 7 eleven beli hotdog dan susu ultra. tapi hari itu sungguh lain, tidak satupun dari mereka yang tertarik untuk ikut. saya shocked.

“be, mau ikut ibu jalan2 ga?”

“kemana?”

“cari makan, ibu kan ga masak”

“ibu aja deh yang pergi, ntar bungkusin makanan buat aku, aku makannya di rumah aja….”

ngeliat kakak2nya ga mau pergi, si bontot juga ikut2an ga mau diajak pergi.

“ibu sama bapak pergi sendiri aja. tapi nanti kalau udah malem pulang yaa…”

biasanya saya seneng kalau anak2 ga minta ikut jalan2. karena artinya, saya bisa berdua2an aja sama bapaknya. tapi perasaan saya hari itu lain banget. saya bingung sama anak2 yang mendadak ga mau diajak pergi. padahal beberapa bulan yang lalu, kalau ngeliat saya udah pake baju rapih, anak2 pasti ribut minta ikut. ga perduli saya mau pergi kemana, pokoknya mau ikut sama ibu!

karena anak2 ga ada yang mau diajak keluar, kami juga jadi aras2en mau pergi. karena sebenernya kami juga lebih suka leyeh2 di rumah. tapi masalahnya kan, di rumah ga ada makanan buat makan malem… selain itu, saya dan suami juga rasanya penasaraaaannn banget sama perubahan sikapnya anak2.

dan buat kesekian kalinya, saya nge-test anak2 lagi…

“ayoooo…, siapa yang mau ikut ibu sama bapak jalan2….?”

“kemana?”

“cari makan. sambil cari CD ps dan beli pop corn” #tadinya saya yakin trick ini pasti berhasil#

“aku makan di rumah aja ahh…”

“tapi ibu kan ga masak. mas mau makan apa?”

“adanya apa?”

“ga ada apa2…”

“ya udah, aku makan pake telor ceplok aja deh…..”

dan saya pun akhirnya menyerah….:(

selama ini saya senang sekali menyiapkan pesta ulang tahun buat anak2 saya. saya suka dan menikmati melihat mereka tumbuh menjadi semakin besar dan kuat. tapi hari ini, sepotong hati saya berharap supaya mereka tidak terlalu cepat besar…

 

 

 

4 thoughts on “terlalu cepat besar

  1. wah sama mbak, anak sy yg paling besar juga mulai susah di ajak pergi2an.. wkt awal2 mah sy rada mewek tuh.. tp ya skrg dinikmatin aja sambil terus cari akan gimana caranya supaya mau ikut2an lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s