gaya makan calon presiden ;-)

setelah baca tulisannya jeng juliach di blognya, saya juga jadi pengen sharing tentang pengalaman saya yang satu ini😀

saya emang sedang melatih ketiga anak saya untuk belajar makan sendiri. iya, termasuk bianca juga. karena walaupun umurnya sudah hampir 7 thn, tapi bianca kadang masih suka minta disuapin. maklum, doi kan produk asuhan mbaknya dulu😀 mungkin karena alasan kepraktisan, mbaknya dulu lebih suka nyuapin bb dari pada ngajarin dia makan sendiri.

sudah hampir setengah tahun ini, benaia sudah makan sendiri. mulai dari sayur, ayam, sampe ikan bawal yang banyak durinya. bebe sudah bisa makan sendiri di rumah, di sekolah juga di restoran😉 hanya sekali2 aja minta disuapin. biasanya kalau lagi manja atau sakit.

sejak umur 1 tahun, benezra juga sudah mulai saya biarin makan sendiri. belum selalu memang, kadang masih saya suapin juga kalau kebetulan makanannya yang encer2 atau berkuah. bisa ditebak, kadang makanan yang masuk ke perut malah lebih sedikit dari pada yang berantakan di meja atau lantai😀

mungkin ada yang ngeliat saya seperti ibu2 pemalas yang ga mau nyuapin anaknya. padahaaaalllll….., kalau ditelaah lebih dalem, sebenernya buat saya juga jauuuhhh lebih praktis kalau saya nyuapin anak saya dari pada membiarkan mereka makan sendiri. karena biasanya saya malah harus kerja bakti sesudah mereka selesai makan. mulai dari nungging2 mungutin remah2 makanan yang tumpah dan berceceran, nyeka badannya anak2,  nyapu & ngepel. belum lagi ngebersiih baju2 yang kena tumpahan makanan. jelas cuman nambah2in kerjaan aja!

terus kenapa dong anak2 tetep disuruh makan sendiri?

hehehe.., ya… buat melatih motorik dan menanamkan sikap mandiri pada anak (standar laaahh…). dan yang paling penting, menanamkan rasa tanggung jawab. betul! tanggung jawab. saya ingin anak2  mulai belajar bertanggung jawab atas kebutuhan manusia yang paling mendasar: makan. saya yakin betul anak2 saya ga bakalan kelaparan. karena kalau mereka lapar, mereka pasti akan berusaha untuk mencari. dan asal mau aja, tinggal nyomot apa yang tersedia di atas meja makan😀 masalah disiplin waktu makan, nanti dilatih pelan2 lah itu…😉

tapi tentuuuu…, semua dilakukan dibawah mengawasan ketat si mbok😀

so, harapannya kalau mereka bisa bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang paling mendasar itu, besok2 kalau sudah besar mereka juga akan siap buat memikul tanggung jawab lain yang lebih berat dan kompleks. seperti memimpin sebuah pemerintahan misalnya…. ga ada yang pernah tau kalau suatu hari nanti benaia jadi presiden kan ?😉

ps.:
selain sudah bisa makan sendiri, bianca juga sekarang udah bisa bikin telor ceplok sendiri. makanan kesukaannya😉

lumayaaaannnn, berkurang 1 kerjaan ibunya😀

10 thoughts on “gaya makan calon presiden ;-)

  1. ...ina... says:

    samaaa…. aku juga beberapa hari ini bener2 ‘tega’ suruh Kezia makan sendiri…. walo lamaaa dan bececeran dan menghasilkan semuttt….

    dulu2 sih udah sering makan sendiri juga tapi mbok-nya ini suka ga sabar.. maunya cepet beres jadi ya disuapin… tapi sekarang lagi belajar tutup mata.. dan disabar-sabar-in nungguin dia selesai makan😛

  2. lisa says:

    betuuul banget…
    hari ini aja, kaylee yang baru 7 bulan udah berhasil makan biscuit sendiri.. hehehe…. efek sampingnya ? muka, baju, tangan belepotan abiiiiss…

  3. ina: hihihih…, pas mereka makan sih kita emang nyantai ya na…
    tapi udahnyaaa…, ampuuuunnn… :))

    lisa: ntar kalaau udah rada gedean, tinggal memetik buahnya ya lis😀

    ke2nai: siap2 sabar aja ibunya yaaa… :))

    lisa: hehehe…, tapi ntar gedean dikit bukan cuman muka ama baju doang yang kotor lis…😛

  4. Waktu kecil anak-anakku ndak pernah minta di suapin, tapi setelah mereka masuk SMa jika tugas-tugas sekolahnya banyak sekali atau sarapan pagi seringkali minta disuapin. Mulanya aku pikir anak-anak ini kurang kerjaan, tapi pada saat seleksi AFS tahab 3 di Surabaya, seluruh ibu-ibu curhat tentang kebiasaan baru putra-putrinya, sama saja. Bahkan sebagian besar putra-putri mereka sekolah di SMA Acseleration.

    Anak-anak tambah besar tambah kerjaan, termasuk nyuapin. Siap-siap saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s