let them eat!

dulu, saya udah pernah sharing pengalaman saya soal melatih dan membiasakan anak untuk makan sendiri. dan sekarang, saya pengen kembali mengimbau temen2 sesama ibu2 yang punya anak kecil, buat melatih mereka makan sendiri.

ga apa2 kok moms, sekali2 rumah berantakan, lantai licin, baju kena noda. kan nanti bisa dibersiin… repot sedikit sekarang, tapi kita akan memetik hasil yang luar biasa saat mereka besar nanti😀

cuman mau ngingetin aja, selain buat melatih motorik dan menanamkan sikap mandiri pada anak (standar laaahh…) membiasakan anak makan sendiri juga berguna buat menanamkan rasa tanggung jawab. betul! tanggung jawab. anak2 juga perlu belajar bertanggung jawab atas kebutuhan manusia yang paling mendasar: makan. harapannya kalau mereka bisa bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang paling mendasar itu, besok2 kalau sudah besar mereka juga akan siap buat memikul tanggung jawab lain yang lebih berat dan kompleks.

so, moms…., biarin mereka makan sendiri yaaa….😉

19 thoughts on “let them eat!

  1. itu lah..aku masih aja..kadang2 tak suapin..biar cepet..padahal mereka bisa makan sendiri cuma suka ga sabar…lama…dan pasti ga abis terutama kakak…

    mesti belajar sabar lagi…

    • hehehe…, podho kok mam…,
      jangankan anak2, kadang bapaknya yo tak suapin, kalau pas kebetulan waktunya mepet dan harus buru2…
      hehehehe….

      kita sama2 belajar dan berlatih jeng😀

  2. Jd ngiri liat si gantengmu bisa maem sendiri begitu , seandainya si kelvin juga bisa begitu ya , soal baju kotor atau belepotan gak apa2 bangetlah asal maem …
    Photo2nya bagus Les , hidup dan natural banget ..

  3. Lagi belajar membiasakan sieneng maem sendiri, cuma berhubung manusia yg satu ini sulit sekali buat duduk, walhasil ujung2nya tetep emaknya nguber2 buat nyuapin biar emamnya abis..:D

  4. hmmm, klo aku nunggu punya rumah sendiri dulu nih baru ajarin Alden makan sendiri *semoga ga telat*, soalnya bisa disenewenin mulu nanti sama yg punya rumah ;p

  5. setuju banget Les! si angie dah mulai makan sendiri di usia 10bulanan. waktu itu aku mulai dg tiup2 dan sendokin dulu. kira2 usia 1 tahun, dah mulai mantap nyendok sendiri. si crystal, motorik gak masalah, susahnya di kecepatan, makanan sering dikulum. kalo dia makan cepat berarti itu bonus buat mamanya. belakangan sering sakit, kita takut dia gizinya kurang, maka akhir2 ini aku suapin, biar bisa makan lebih banyak.
    love the pic so much!!!

    • sama kok yen, aku juga kadang2 masih suka nyuapin anak2… liat2 kondisi nya aja. yang penting kan ga jadi default setting ya…
      hehehehe…

      makasih ya yen😀

  6. Kimberley sejak umur 10 bln gak mau lagi makan sendiri, kalo disuap gak mau buka mulut! Ya udah, aku biarin aja dia makan sendiri deh, lelet & berantakan ke mana2, sering abis makan mesti mandi lagi soalnya tangannya yg lengket2 itu main megang2 rambut. Kalo cuma kena muka doang seh gampang di lap, kalo rambut udah lengket2 bau makanan gitu, terpaksa deh dimandiin lagi, hahahaha…. Kalo lagi makan di luar juga gitu deh, pokoknya mesen buat dia yg gak banyak saosnya aja :-))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s